- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila Anak Usia Dini melalui Permainan Bermuatan Nilai Ajaran Samin
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.2479Keywords:
profil pelajar pancasila, anak usia dini, permainan anak, nilai ajaran saminAbstract
Permasalahan kenakalan remaja di Indonesia masih menunjukan angka yang tinggi. Permasalahan ini dapat diatasi dengan penanaman nilai-nilai positif sejak dini. Sesuai yang diamanhkan oleh pemerintah, hal yang perlu ditanamkan kepada peserta didik yaitu penguatan nilai-nilai Pancasila atau lebih dikenal dengan istilah Profil Pelajar Pancasila (P3). Penanaman atau pengembangan karakter tersebut tentunya tidak terlepas dari budaya lokal yang telah ada sebelumnya. Berangkat dari masalah tersebut maka peneliti mengaplikasikan strategi permainan bermuatan budaya lokal (Samin) untuk mengembangkan profil pelajar pancasila pada Anak Usia Dini. Penelitian ini melibatkan subyek penelitian sebanyak 18 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas, melalui 2 siklus. Hasil penelitian pada siklus I kategori P3 masuk pada klasifikasi Mulai Berkembang dengan nilai rata-rata 58. Siklus II menunjukan peningkatan nilai yang berada pada nilai rata-rata 75. Nilai rata-rata ini menunjukan capaian penelitian berada pada klasifikasi Berkembang Sesuai Harapan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pertimbangan pada sekolah lain terutama intervensi untuk mengembangkan P3 maupun penelitian selanjutnya dalam pengembangan P3 sesuai kebutuhan siswa dan memperhatikan nilai ajaran budaya lokal.
Â
Downloads
References
Akmal Latief, S., & Zulherawan, M. (2020). Upaya Teoritis Penanggulangan Kenakalan Anak (Juvenile Deliquency). Sisi Lain Realita, 5(1). https://doi.org/10.25299/sisilainrealita.2020.vol5(01).6383
Andriyani, J. (2020). Peran Lingkungan Keluarga dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1). https://doi.org/10.22373/taujih.v3i1.7235
Anggriana, T. M. (2021). Kepribadian etnis Samin dan implikasinya terhadap teknik konseling model kipas (kajian Fenomenologi Transendental) [Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/id/eprint/192474
Darmayenti, Besral, & Yustina, L. S. (2021). Developing efl religious characters and local wisdom based efl textbook for islamic higher education. Studies in English Language and Education, 8(1). https://doi.org/10.24815/siele.v8i1.18263
Doelman, E. H. J., Luijk, M. P. C. M., Haen Marshall, I., Jongerling, J., Enzmann, D., & Steketee, M. J. (2021). The association between child maltreatment and juvenile delinquency in the context of Situational Action Theory: Crime propensity and criminogenic exposure as mediators in a sample of European youth? European Journal of Criminology. https://doi.org/10.1177/14773708211013300
Durmuşoğlu, M. C., Koca, Ö., & Burgazli, M. S. O. (2021). Creative Curriculum In Early Childhood Education. Milli Egitim. https://doi.org/10.37669/milliegitim.682732
Espigares-Gámez, M. J., Fernández-Oliveras, A., & Oliveras, M. L. (2020). Games as STEAM learning enhancers. Application of traditional Jamaican games in Early Childhood and Primary Intercultural Education. Acta Scientiae. https://doi.org/10.17648/ACTA.SCIENTIAE.6019
Faiz, A., Yandri, H., Kadafi, A., Mulyani, R. R., Nofrita, N., & Juliawati, D. (2019). Pendekatan Tazkiyatun An-Nafs untuk membantu mengurangi emosi negatif klien. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 65–78. http://doi.org/10.25273/counsellia.v9i1.4300
Hasnidar, H., & Erdian, S. (2019). Character Building for Early Child Based on Local Wisdom Through Taboo. Multi-Disciplinary International Conference. http://jurnal.una.ac.id/index.php/seminter2019/article/view/593
Hidayati, N. N. (2020). Indonesian Traditional Games: a Way to Implant Character Education on Children and Preserve Indonesian Local Wisdom. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.24269/ijpi.v5i1.2475
Jendriadi, J., Melati, R. R., Sukandar, W., Ismira, I., Puspita, V., Zaturrahmi, Z., Anwar, R., & Desmariani, E. (2023). Penggunaan Media Ular Tangga pada Anak Usia 5-6 Tahun untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 491–499. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.1226
Kadafi, A. (2019). Pedoman Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Islami di Sekolah. UNIPMA Press.
Kadafi, A., & Ramli, M. (2017). Integrated qs al mudatsir in the reality group conseling to grow the character of students academic responsibility. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 117–125. http://doi.org/10.25273/counsellia.v7i2.1867
Kadafi, A., Suharni, S., Mahmudi, I., & Pratama, B. D. (2020). Urgency Strengthening Religious Values in Guidance and Counseling Programs in the New Normal Era. Proceedings of the 1 St International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020), 285–290. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201214.250
Kemdikbud. (2021). Profil Pelajar Pancasila. Kemdikbud.Go.Id. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/profil-pelajar-pancasila/
Macrides, E., Miliou, O., & Angeli, C. (2021). Programming in early childhood education: A systematic review. International Journal of Child-Computer Interaction. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2021.100396
Mahdaleni, M., & Hadiyanto, H. (2022). Pengaruh Metode Bernyanyi Berbasis Sumbang Duo Baleh Terhadap Karakter Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5575–5583. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2932
Marchiano, M. (2021). Game Design as A Character Education Media For Children. Journal of Business and Technology. https://doi.org/10.24167/jbt.v1i1.3221
Mislikhah, S. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 11(2). https://doi.org/10.36835/falasifa.v11i2.368
Mwangangi, R. K. (2019). The Role of Family in Dealing with Juvenile Delinquency. Open Journal of Social Sciences. https://doi.org/10.4236/jss.2019.73004
Nur Utami, A. C., & Raharjo, S. T. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1). https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23131
Pramudyani, A. V. R. (2020). Traditional Game of Ular Naga for Early Childhood Development from Teacher’s Perspective. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1). https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.48
Pratama, B. D. (2019). Peran Konselor dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Dengan Media Permainan Bentengan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 3(2), 25–39. https://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/article/view/792
Ratih, R. (2019). Mencipta Sastra Anak Bertema Kearifan Lokal Berbasis Pendidikan Karakter. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(2). https://doi.org/10.33654/sti.v4i2.995
Retnaningtyas, W., & Zulkarnaen, Z. (2023). Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak Usia Dini di Lingkungan Sekolah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 374–383. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3826
Rulmuzu, F. (2021). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1727
Sary, Y. N. E. (2023). Fenomena Kekerasan Psikologis pada Anak Usia Dini dalam Keluarga. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 76–84. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3736
Steketee, M., Aussems, C., & Marshall, I. H. (2021). Exploring the Impact of Child Maltreatment and Interparental Violence on Violent Delinquency in an International Sample. Journal of Interpersonal Violence. https://doi.org/10.1177/0886260518823291
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/Doi 10.1016/J.Datak.2004.11.010
Sulistyaningtyas, R. E., & Fauziah, P. Y. (2019). The Implementation of Traditional Games for Early Childhood Education. https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.75
Sumara, D. S., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14393
Suratman, B. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal Pada Suku Melayu Sambas. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 4(2). https://doi.org/10.33506/jn.v4i2.436
Suryandari, S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 4(1). https://doi.org/10.36928/jipd.v4i1.313
Syifa, N., Rachman, A., & Asniwati, A. (2023). Kerjasama Orang tua dengan Sekolah dan Pola Asuh Orang tua Berpengaruh terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 384–397. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3745
Uge, S., Neolaka, A., & Yasin, M. (2019). Development of social studies learning model based on local wisdom in improving students’ knowledge and social attitude. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12323a
Unayah, N., & Sabarisman, M. (2016). Fenomena Kenakalan Remaja dan Kriminalitas. Sosio Informa, 1(2). https://doi.org/10.33007/inf.v1i2.142
Utaminingsih, S., & Setyabudi, I. (2012). Tipe Kepribadian dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA “X†Tangerang. Jurnal Psikologi, 10(1), 48–57. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/psiko/article/view/1476
Wiyono, B. B. (2007). Metodologi Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research (Burhanuddin (ed.)). Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Zakharova, Y. P., & Lyubimova, A. I. (2019). Family and children well-being and ill-being in the narratives of experts on prevention of child abandonment and juvenile delinquency. Monitoring Obshchestvennogo Mneniya: Ekonomicheskie i Sotsial’nye Peremeny. https://doi.org/10.14515/monitoring.2019.6.14