Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila Anak Usia Dini melalui Permainan Bermuatan Nilai Ajaran Samin

Author


Asroful Kadafi(1Mail), Tyas Martika Anggriana(2), Ibnu Mahmudi(3),
Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Madiun, Indonesia(1)
Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Madiun, Indonesia(2)
Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Madiun, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 357KB]

Published : 2023-06-03

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 492 times PDF Downloaded: 337 times

Abstract


Permasalahan kenakalan remaja di Indonesia masih menunjukan angka yang tinggi. Permasalahan ini dapat diatasi dengan penanaman nilai-nilai positif sejak dini. Sesuai yang diamanhkan oleh pemerintah, hal yang perlu ditanamkan kepada peserta didik yaitu penguatan nilai-nilai Pancasila atau lebih dikenal dengan istilah Profil Pelajar Pancasila (P3). Penanaman atau pengembangan karakter tersebut tentunya tidak terlepas dari budaya lokal yang telah ada sebelumnya. Berangkat dari masalah tersebut maka peneliti mengaplikasikan strategi permainan bermuatan budaya lokal (Samin) untuk mengembangkan profil pelajar pancasila pada Anak Usia Dini. Penelitian ini melibatkan subyek penelitian sebanyak 18 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas, melalui 2 siklus. Hasil penelitian pada siklus I kategori P3 masuk pada klasifikasi Mulai Berkembang dengan nilai rata-rata 58. Siklus II menunjukan peningkatan nilai yang berada pada nilai rata-rata 75. Nilai rata-rata ini menunjukan capaian penelitian berada pada klasifikasi Berkembang Sesuai Harapan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pertimbangan pada sekolah lain terutama intervensi untuk mengembangkan P3 maupun penelitian selanjutnya dalam pengembangan P3 sesuai kebutuhan siswa dan memperhatikan nilai ajaran budaya lokal.

 


Keywords


profil pelajar pancasila; anak usia dini; permainan anak; nilai ajaran samin

References


Akmal Latief, S., & Zulherawan, M. (2020). Upaya Teoritis Penanggulangan Kenakalan Anak (Juvenile Deliquency). Sisi Lain Realita, 5(1). https://doi.org/10.25299/sisilainrealita.2020.vol5(01).6383

Andriyani, J. (2020). Peran Lingkungan Keluarga dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1). https://doi.org/10.22373/taujih.v3i1.7235

Anggriana, T. M. (2021). Kepribadian etnis Samin dan implikasinya terhadap teknik konseling model kipas (kajian Fenomenologi Transendental) [Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/id/eprint/192474

Darmayenti, Besral, & Yustina, L. S. (2021). Developing efl religious characters and local wisdom based efl textbook for islamic higher education. Studies in English Language and Education, 8(1). https://doi.org/10.24815/siele.v8i1.18263

Doelman, E. H. J., Luijk, M. P. C. M., Haen Marshall, I., Jongerling, J., Enzmann, D., & Steketee, M. J. (2021). The association between child maltreatment and juvenile delinquency in the context of Situational Action Theory: Crime propensity and criminogenic exposure as mediators in a sample of European youth? European Journal of Criminology. https://doi.org/10.1177/14773708211013300

Durmuşoğlu, M. C., Koca, Ö., & Burgazli, M. S. O. (2021). Creative Curriculum In Early Childhood Education. Milli Egitim. https://doi.org/10.37669/milliegitim.682732

Espigares-Gámez, M. J., Fernández-Oliveras, A., & Oliveras, M. L. (2020). Games as STEAM learning enhancers. Application of traditional Jamaican games in Early Childhood and Primary Intercultural Education. Acta Scientiae. https://doi.org/10.17648/ACTA.SCIENTIAE.6019

Faiz, A., Yandri, H., Kadafi, A., Mulyani, R. R., Nofrita, N., & Juliawati, D. (2019). Pendekatan Tazkiyatun An-Nafs untuk membantu mengurangi emosi negatif klien. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 65–78. http://doi.org/10.25273/counsellia.v9i1.4300

Hasnidar, H., & Erdian, S. (2019). Character Building for Early Child Based on Local Wisdom Through Taboo. Multi-Disciplinary International Conference. http://jurnal.una.ac.id/index.php/seminter2019/article/view/593

Hidayati, N. N. (2020). Indonesian Traditional Games: a Way to Implant Character Education on Children and Preserve Indonesian Local Wisdom. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.24269/ijpi.v5i1.2475

Jendriadi, J., Melati, R. R., Sukandar, W., Ismira, I., Puspita, V., Zaturrahmi, Z., Anwar, R., & Desmariani, E. (2023). Penggunaan Media Ular Tangga pada Anak Usia 5-6 Tahun untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 491–499. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.1226

Kadafi, A. (2019). Pedoman Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Islami di Sekolah. UNIPMA Press.

Kadafi, A., & Ramli, M. (2017). Integrated qs al mudatsir in the reality group conseling to grow the character of students academic responsibility. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 117–125. http://doi.org/10.25273/counsellia.v7i2.1867

Kadafi, A., Suharni, S., Mahmudi, I., & Pratama, B. D. (2020). Urgency Strengthening Religious Values in Guidance and Counseling Programs in the New Normal Era. Proceedings of the 1 St International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020), 285–290. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201214.250

Kemdikbud. (2021). Profil Pelajar Pancasila. Kemdikbud.Go.Id. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/profil-pelajar-pancasila/

Macrides, E., Miliou, O., & Angeli, C. (2021). Programming in early childhood education: A systematic review. International Journal of Child-Computer Interaction. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2021.100396

Mahdaleni, M., & Hadiyanto, H. (2022). Pengaruh Metode Bernyanyi Berbasis Sumbang Duo Baleh Terhadap Karakter Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5575–5583. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2932

Marchiano, M. (2021). Game Design as A Character Education Media For Children. Journal of Business and Technology. https://doi.org/10.24167/jbt.v1i1.3221

Mislikhah, S. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 11(2). https://doi.org/10.36835/falasifa.v11i2.368

Mwangangi, R. K. (2019). The Role of Family in Dealing with Juvenile Delinquency. Open Journal of Social Sciences. https://doi.org/10.4236/jss.2019.73004

Nur Utami, A. C., & Raharjo, S. T. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1). https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23131

Pramudyani, A. V. R. (2020). Traditional Game of Ular Naga for Early Childhood Development from Teacher’s Perspective. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1). https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.48

Pratama, B. D. (2019). Peran Konselor dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Dengan Media Permainan Bentengan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 3(2), 25–39. https://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/article/view/792

Ratih, R. (2019). Mencipta Sastra Anak Bertema Kearifan Lokal Berbasis Pendidikan Karakter. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(2). https://doi.org/10.33654/sti.v4i2.995

Retnaningtyas, W., & Zulkarnaen, Z. (2023). Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak Usia Dini di Lingkungan Sekolah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 374–383. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3826

Rulmuzu, F. (2021). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1727

Sary, Y. N. E. (2023). Fenomena Kekerasan Psikologis pada Anak Usia Dini dalam Keluarga. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 76–84. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3736

Steketee, M., Aussems, C., & Marshall, I. H. (2021). Exploring the Impact of Child Maltreatment and Interparental Violence on Violent Delinquency in an International Sample. Journal of Interpersonal Violence. https://doi.org/10.1177/0886260518823291

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/Doi 10.1016/J.Datak.2004.11.010

Sulistyaningtyas, R. E., & Fauziah, P. Y. (2019). The Implementation of Traditional Games for Early Childhood Education. https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.75

Sumara, D. S., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14393

Suratman, B. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal Pada Suku Melayu Sambas. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 4(2). https://doi.org/10.33506/jn.v4i2.436

Suryandari, S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 4(1). https://doi.org/10.36928/jipd.v4i1.313

Syifa, N., Rachman, A., & Asniwati, A. (2023). Kerjasama Orang tua dengan Sekolah dan Pola Asuh Orang tua Berpengaruh terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 384–397. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3745

Uge, S., Neolaka, A., & Yasin, M. (2019). Development of social studies learning model based on local wisdom in improving students’ knowledge and social attitude. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12323a

Unayah, N., & Sabarisman, M. (2016). Fenomena Kenakalan Remaja dan Kriminalitas. Sosio Informa, 1(2). https://doi.org/10.33007/inf.v1i2.142

Utaminingsih, S., & Setyabudi, I. (2012). Tipe Kepribadian dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA “X” Tangerang. Jurnal Psikologi, 10(1), 48–57. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/psiko/article/view/1476

Wiyono, B. B. (2007). Metodologi Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research (Burhanuddin (ed.)). Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Zakharova, Y. P., & Lyubimova, A. I. (2019). Family and children well-being and ill-being in the narratives of experts on prevention of child abandonment and juvenile delinquency. Monitoring Obshchestvennogo Mneniya: Ekonomicheskie i Sotsial’nye Peremeny. https://doi.org/10.14515/monitoring.2019.6.14


Refbacks

  • There are currently no refbacks.