The Role of School Management on Mental Health of Early Childhood Students During the Covid-19 Pandemic

Author


Ulfiah Ulfiah(1), Esti Hudayati(2Mail), Damri Fuad(3),
Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia(1)
Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia(2)
Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 235KB]  Language: en
Published : 2022-04-10
Copyright (c) 2022 Ulfiah Ulfiah, Esti Hudayati, Damri Fuad

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 174 times PDF Downloaded: 74 times

Abstract


Kesehatan mental siswa anak usia dini telah menjadi perhatian yang berkembang dalam beberapa tahun terakhir bahkan sebelum pandemi COVID-19. Tekanan dan pembatasan yang terkait dengan pandemi telah menempatkan para siswa Taman Kanak-kanak pada risiko yang lebih besar , yang dapat secara signifikan mengganggu perkembangan masa usia kanak-kanak. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peran manajemen sekolah dalam kesehatan mental anak usia dini pada pandemi COVID-19. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan melakukan survei kepada kondisi keluarga, perkembangan fisik dan psikologis dan dampak pembelajaran jarak jauh dan pertanyaan terkait COVID-19 di daerah Antapani Bandung, Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecemasan dan depresi dalam kategori sedang, dan kategori cukup tinggi pada anak-anak yang tidak memiliki kegiatan dan hanya berdiam diri di Rumah selama pandemi covid 19. Hasil tersebut menyarankan agar manajemen sekolah dan orangtua lebih kreatif dalam memberikan kegiatan dan memperbarui strategi dan aktivitas sehingga dapat mengatasi kebosanan yang dirasakan oleh anak-anak danĀ  bermanfaat dalam interaksi sosial anak-anak dengan teman seusianya.


Keywords


manajemen sekolah; anak usia dini; kesehatan mental

References


Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395-402.
https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15313

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 4(1).
https://doi.org/10.35473/jnctt.v4i1.965

Danarwati, Y. S. (2013). Manajemen Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Mimbar Bumi Bengawan, 6(13).

Dewi, K. S. (2012). Buku Ajar Kesehatan Mental. CV. Lestari Media Kreatif.

Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1). https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90

Fitriani, L. (2015). Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak. Lentera, 17(1).

Lukman, H. S. (2017). Analisis Data Kuantitatif : Menggunakan Software Spss (A. Aswatama (ed.); 1st ed.). Cv. Nurani.

Manora, H. (2019). Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 1(1), 119-125.
https://doi.org/10.37092/ej.v1i1.88

Minarti, Sri. 2016.Manajemen Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Muhammad, S., & Rahman, M. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah Dasar Islam Insan Kamil Bacan Kabupaten Halmahera Selatan. Edukasi, 15(1). https://doi.org/10.33387/j.edu.v15i1.279

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pratama, H., Azman, M. N. A., Kassymova, G. K., & Duisenbayeva, S. S. (2020). The Trend In Using Online Meeting Applications For Learning During The Period Of Pandemic Covid-19: A Literature Review. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(2), 58-68. https://doi.org/10.46843/jiecr.v1i2.15

Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Sinar Manajemen, 6(1), 58-67. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.3551

Rahmawati, E., Saefullah, H., & Sumarta, S. (2021). The Pre-service EFL Teachers' Voices on Designing and Implementing Lesson Plan for Online Learning. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 728-738. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1775

Rizkiah, A., Risanty, R. D., & Mujiastuti, R. (2020). Sistem Pendeteksi Dini Kesehatan Mental Emosional Anak Usia 4-17 Tahun Menggunakan Metode Forward Chaining. JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 10(2), 83-93.
https://doi.org/10.24853/justit.10.2.83-93

Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. In Bandung: Refika Aditama. Refika Aditama.

Safitri, U., Aunurrahman, & Miranda, D. (2019). Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Anak Usia Dini Di TK LKIA II Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9).

Shereen, M. A., Khan, S., Kazmi, A., Bashir, N., & Siddique, R. (2020). COVID-19 Infection: Emergence, Transmission, And Characteristics Of Human Coronaviruses. Journal of Advanced Research, 24, 91-98. https://doi.org/10.1016/j.jare.2020.03.005

Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94-104.

Sormin, D. (2017). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp Muhammadiyah 29 Padangsidimpuan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 2(1). https://doi.org/10.31604/muaddib.v2i1.159

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Susilowati, R. (2018). Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 6(1), 145-158. https://doi.org/10.21043/thufula.v6i1.4806

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705


Refbacks

  • There are currently no refbacks.