
Author
Nina Permata Sari(1

Bimbingan dan Konseling, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia(2)
Bimbingan dan Konseling, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia(3)
Pendidikan IPS, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia(4)

Article Analytic |
Published : 2022-06-19
Copyright (c) 2022 Nina Permata Sari, Novitawati Novitawati, Muhammad Andri Setiawan, Mutiani Mutiani
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 423 times
PDF Downloaded: 271 times
Abstract
Salah satu permainan yang dapat diintegasikan untuk meningkatkan kecerdasan dan kreativitas anak adalah yoga. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan menganalisis peran yoga dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik bagi anak usia dini. Penelitian ini diuraikan dengan metode studi literatur. Pemanfaatan search engine untuk kepustakaan digital membantu peneliti mendeskripsikan masalah penelitian. Adapun jumlah literatur yang dimanfaatkan berjumlah 33 literatur; terdiri dari jurnal dan buku. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa praktik yoga bagi anak usia dini mampu mengembangkan keterampilan motorik, kelenturan badan, meningkatkan konsentrasi, keseimbangan tubuh, dan kekuatan tubuh. Bagi anak yang memiliki kecerdasan kinestetik ini merupakan kesempatan mereka lebih eksplorasi diri dan anggota badannya (my self and my body). Anak dengan senang mendapatkan penugasan karena menguasai olah tubuh, sehingga dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik, membangun rasa percaya diri, meningkatkan kemampuan sosial, meningkatkan sportivitas, dan meningkatkan kesehatan tubuh. Adapun metode pembelajaran yoga yang sesuai untuk anak usia adalah dengan metode demonstrasi dan bermain sehingga anak merasa nyaman, fokus, dan rileks.
Keywords
References
Agustiniari, L. P., Suarni, N. K., & Ujianti, P. R. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak. E-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).
Al Mosawi, A. K. (2016). Bodily-Kinesthetic Intelligence and its Relation with the Classroom Environment of Kindergarten Children at the Age of 4-6 Years. Sciences Journal Of Physical Education, 9(4), 267-277.
Chiu, S.-I., Lee, J.-Z., & Huang, D.-H. (2004). Video Game Addiction in Children and Teenagers in Taiwan. CyberPsychology & Behavior, 7(5), 571-581. https://doi.org/10.1089/cpb.2004.7.571
Dewi, L. K., Oktaviani, N. P. S., & Arsadi, P. E. (2020). Filsafat Ketuhanan Dalam Yoga Darsana. Vidya Dar’An: Jurnal Mahasiswa Filsafat Hindu, 1(2), 1-12.
https://doi.org/10.25078/sjf.v12i1.1823
Elliot, A. J. (2006). The Hierarchical Model of Approach-Avoidance Motivation. Motivation and Emotion, 30(2), 111-116. https://doi.org/10.1007/s11031-006-9028-7
Fadillah, M. (2017). Bermain dan Permainan. Prenadamedia.
Farhurohman, O. (2017). Hakikat Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Suai Dini, 2(01), 27-36.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate. Research in Education 8th Edition. McGraw-Hill Higher Education.
Gladstone, M., Lancaster, G., Umar, E., Nyirenda, M., Kayira, E., van den Broek, N., & Smyth, R. L. (2010). Perspectives of normal child development in rural Malawi - a qualitative analysis to create a more culturally appropriate developmental assessment tool. Child: Care, Health and Development, 36(3), 346-353. https://doi.org/10.1111/j.1365-2214.2009.01008.x
Harliana, H. (2019). Penerapan Yoga Dalam Menstimulasi Kemampuan Disiplin Anak Usia Dini. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 6(2), 130-135.
Hartinger, S. M., Lanata, C. F., Hattendorf, J., Wolf, J., Gil, A. I., Obando, M. O., Noblega, M., Verastegui, H., & Mäusezahl, D. (2017). Impact of a child stimulation intervention on early child development in rural Peru: a cluster randomised trial using a reciprocal control design. Journal of Epidemiology and Community Health, 71(3), 217-224. https://doi.org/10.1136/jech-2015-206536
Huliyah, M. (2017). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Suai Dini, 1(01), 60-71.
Kaplan, L. J. (2013). The Experience of Yoga on Children with Anxiety. In Master of Social Work Clinical Research Papers. St Catherine University (pp. 1-55).
Katz, J., Arias, I., & Beach, S. R. H. (2000). Psychological Abuse, Self-Esteem, and Women's Dating Relationship Outcomes: A Comparison of the Self-Verification and Self-Enhancement Perspectives. Psychology of Women Quarterly, 24(4), 349-357. https://doi.org/10.1111/j.1471-6402.2000.tb00217.x
Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860-1869. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1015
Lundy, A., & Trawick-Smith, J. (2021). Effects of Active Outdoor Play on Preschool Children's on-Task Classroom Behavior. Early Childhood Education Journal, 49(3), 463-471. https://doi.org/10.1007/s10643-020-01086-w
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566.
Nanthakumar, C. (2018). The benefits of yoga in children. Journal of Integrative Medicine, 16(1), 14-19. https://doi.org/10.1016/j.joim.2017.12.008
Novianti, R. (2012). Teknik Observasi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 1(1), 22-29.
O'Brien, P., & Burnett, P. C. (2000). The Theory of Multiple Intelligences: Implications for Counseling Children. Australian Journal of Guidance and Counselling, 10(1), 145-156. https://doi.org/10.1017/S1037291100004209
Perbowosari, H. (2018). Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Yoga Asanas. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 1(2), 166-177.
Petrovska, S., Sivevska, D., & Cackov, O. (2013). Role of the Game in the Development of Preschool Child. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 92, 880-884. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.770
Purniasih, I. A. K. W., & Suyanta, I. W. (2019). Penerapan Belajar Yoga Sebagai Peningkatan Kecerdasan Emosi Guru Dan Murid. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 18-29. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1065
Samuelsson, I. P., & Carlsson, M. A. (2008). The Playing Learning Child: Towards a pedagogy of early childhood. Scandinavian Journal of Educational Research, 52(6), 623-641. https://doi.org/10.1080/00313830802497265
Sangadah, N., & Kusumastuti, K. (2019). Implementation of Yoga Gymes to Improve Student Concentration in Kindergarten of Muslimat Nahdlatul Ulama 32 Nurul Hikmah Jatimulyp Village Kebumen. Preceeding of The URECOL, 539-545.
Sim, S. L. (2015). The Playful Curriculum: Making sense of Purposeful in the Twenty-First- Century Preschool Classroom. Motivation, Leadership and Curriculum Design, 225-241.
https://doi.org/10.1007/978-981-287-230-2_18
Smidt, S. (2013). The Developing Child in the 21st Century. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203483640
Suryanti, P. E., & Indrayasa, K. B. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Usia Dini Melalui Latihan Yoga Asanas. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 5(1), 31-42.
Vega Vitianingsih, A. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1), 25-32. https://doi.org/10.25139/inform.v1i1.220
White, L. S. (2009). Yoga for children. Pediatric Nursing, 35(5).
Wiguna, I. B. A. A. (2021). Pelatihan Praktik Yoga Asana untuk Meningkatkan Perkembangan Fisik dan Motorik Anak Usia Dini. Caraka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 109-118.
Young, A. J., Silliman-French, L., & Crawford, L. (2017). Yoga For Young Children With Down Syndrome. Palaestra, 31(3).
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor.
Refbacks
- There are currently no refbacks.