Etnoparenting: Pengasuhan Orang Tua Perkawinan Multi Etnis

Author


Fitri Andriani(1), Yeni Rachmawati(2Mail),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 299KB]  Language: id
Published : 2022-06-19
Copyright (c) 2022 Fitri Andriani, Yeni Rachmawati

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 279 times PDF Downloaded: 117 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh tentang pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua perkawinan multi etnis yang dianalisis dengan menggunakan core value model etnoparenting Indonesia. Partisipan dalam penelitian ini adalah seorang ibu dari perkawinan multi etnis Sunda-Palembang, dan seorang ibu dari perkawinan multi etnis Lematang-Semendo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara kemudian data dianalisis menggunakan grounded theory. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola pengasuhan yang diterapkan pada keluarga multi etnis ini secara spesifik mengutamakan nilai keagamaan sebagai pondasi yang mengatasi perbedaan suku, toleransi terhadap perbedaan, keterlibatan keluarga besar dalam pengasuhan, serta memberikan ruang pada lingkungan sosial budaya setempat  dalam  membentuk identitas budaya pada anak.


Keywords


perkawinan multi etnis; etnoparenting; nilai agama dan toleransi dalam pengasuhan

References


Amna, R. (2021). Pola Asuh Anak dalam Pernikahan Beda Agama. Jurnal Ijtimaiyah, 5(1).

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50-58.

Baiduri, R., & Yuniar, A. (2017). Pola pengasuhan keluarga etnis Jawa hasil pernikahan dini di Deli Serdang. Jurnal Antropologi Sumatera, 15(1).

Baumrind, D. (1978). Parental disciplinary patterns and social competence in children. Youth & Society, 9(3), 239-267. https://doi.org/10.1177/0044118X7800900302

Bornstein, M. H. (2012). Cultural Approaches to Parenting. Parenting: Science and Practice, 12(2), 212-221. https://doi.org/10.1080/15295192.2012.683359

Candra, A. N., Sofia2, A., & Anggraini, G. F. (2013). Gaya Pengasuhan Orang Tua pada Anak usia Dini Ariya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Cauce, A. M. (2008). Parenting, culture, and context: Reflections on excavating culture. Applied Developmental Science, 12(4), 227-229. https://doi.org/10.1080/10888690802388177

Conala, E. N., Asriati, N., & Hidayah, R. Al. (2016). Pola Asuh Anak pada Anak Perkawinan Campur Etnis Dayak dan Melayu di Kelurahan Kantor. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(5), 1-10.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2002). The qualitative inquiry reader. Sage Publications.
https://doi.org/10.4135/9781412986267

Dewantara, A. W. (2015). Pancasila Dan Multikulturalisme Indonesia. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 15(2), 109-126. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i1.8402

Erdiansyah, M., Putri, F., & Puspitasari, D. (2016). Kebahagiaan Anak Yang Mengalami Child Rearing Disagreement Hasil Pernikahan Transkultural. Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.

Fauziddin, M., Suryanti, & Wiryanto. (2022). Community-Based Education and Regional Culture , Has It Been Put into Practice ? AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 1069-1078. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.2067

Fitria, N. (2016). Pola asuh orang tua dalam mendidik anak usia prasekolah ditinjau dari aspek budaya Lampung. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 99-115.

Gershoff, E. T. (2002). Corporal punishment by parents and associated child behaviors and experiences: A meta-analytic and theoritical review. Psychological Bulletin, 128(4), 539-579.
https://doi.org/10.1037/0033-2909.128.4.539

Green, D. O., Creswell, J. W., Shope, R. J., & Clark, V. L. P. (2007). Grounded theory and racial/ethnic diversity. Sage Publication. https://doi.org/10.4135/9781848607941.n22

Hardy, S. A., Laura M, P. Walker., & Carlo, G. (2008). Parenting dimensions and adolescents' internalisation of moral values. Journal of Moral Education, 37(2), 205-223. https://doi.org/10.1080/03057240802009512

Hariyani, R. S. (2017). Faktor-Faktor yang Dapat Mempertahankan Nilai-Nilai dalam Proses Pola Asuh. Buddayah: Jurnal Pendidikan Antropologi, 1(2), 72-96. https://doi.org/10.24114/bdh.v1i2.8403

Harkness, S., & Super, C. M. (2002). Culture and Parenting. In M. H. Bornstein (Ed.), Handbook of Parenting: Biology and Ecology of Parenting (Vol. 2, pp. 253-280). Lawrence Erlbaum Associates, Publishers. https://doi.org/10.4324/9780429401459
https://doi.org/10.4324/9780429401459

Heru, H. (2021). Perilaku Keagamaan Pada Masyarakat Suku Semendo (Studi Kasus Desa Sukaraja Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat). UIN Raden Intan Lampung.

Hung, C.-S., Chen, T.-L., & Lee, Y.-C. (2021). From Cultural Heritage Preservation to Art Craft Education: A Study on Taiwan Traditional Lacquerware Art Preservation and Training. Education Sciences, 11(801), 1-14. https://doi.org/10.3390/educsci11120801

Jannah, H. (2012). Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek Angkek. Pesona PAUD, 1(1), 257-258.

Khodijah, N. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Kultur Islam Melayu (Studi Terhadap Pola Asuh Orang Tua, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Dan Pengaruhnya Terhadap Religiusitas Remaja Pada Suku Melayu Palembang). Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 21-39. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v4i1.1949

Li, X., & Xie, J. (2017). Parenting styles of Chinese families and children's social-emotional and cognitive developmental outcomes. European Early Childhood Education Research Journal, 25(4), 637-650. https://doi.org/10.1080/1350293X.2017.1331077

Liem, J. H., Cavell, E. C., & Lustig, K. (2010). The influence of authoritative parenting during adolescence on depressive symptoms in young adulthood: Examining the mediating roles of self-development and peer support. Journal of Genetic Psychology, 171(1), 73-92. https://doi.org/10.1080/00221320903300379

Lutfatutatifah, Adriany, V., & FaizahRomadona, N. (2015). Pola Asuh Orang Tua Anak Usia Dini Di Kampung Adat Benda Kerep Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Serantau, 1(1), 1-226.

Merlina, N. (2010). Pola Pengasuhan Anak pada Komunitas Adat Giri Jaya (Suatu Tinjauan Sosial Budaya. Balai Pelestarian Sejarah Dan Nilai Tradisional Bandung, 2(2), 241-257.
https://doi.org/10.30959/patanjala.v2i2.217

Nafsia, A., Yufiarti, Y., & Supena, A. (2020). Pembentukan Karakter Anak Melalui Budaya Nalo Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 703-714. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.439

Nasruddin, N. (2019). Obyektivasi Sikap Toleransi Anak Dalam Pendidikan Islam Multikultural Keluarga Multi Agama. Pendidikan Multikultural, 3(1), 37. https://doi.org/10.33474/multikultural.v3i1.2551

Nauli, V. A., Karnadi, K., & Meilani, S. M. (2019). Peran Ibu Pedagang Pasar 24 Jam Terhadap Perkembangan Moral Anak (Penelitian Studi Kasus di Kota Bekasi). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.179

Pong, S. L., Johnston, J., & Chen, V. (2010). Authoritarian parenting and Asian adolescent school performance: Insights from the US and Taiwan. International Journal of Behavioral Development, 34(1), 62-72. https://doi.org/10.1177/0165025409345073

Prawening, C., & Aprida, A. M. (2021). Etno Parenting Dalam Tradisi Keluarga: Studi Kasus Keluarga Samsul Hidayat. Proceedings of The 5 Th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 32-39.

Rabiatul, A. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33-48.

Rachmawati, Y. (2020). Pengembangan Model Etnoparenting Indonesia pada Pengasuhan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1150-1162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.706

Rahman, M. H. (2020a). Orang Tua Multi Etnik Di Kota Tanjung Balai: Gaya Pengasuhan Dan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i2.6311

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1). https://doi.org/10.21043/kr.v6i1.1037

Rochmadi, N. (2012). Menjadikan nilai budaya gotong-royong sebagai common identity dalam kehidupan bertetangga negara-negara ASEAN. Universitas Negeri Malang.

Salakay, S. (2021). Pola Komunikasi Antar Budaya dalam Interaksi Sosial (Studi Kasus Antara Masyarakat Etnis Jawa dan Etnis Seram Di Desa Waimital Kecamatan Kairatu). Hipotesa, 15(1), 50-56.

Satrianingrum, A. P., & Setyawati, F. A. (2021). Perbedaan Pola Pengasuhan Orang Tua Pada Anak Usia Dini Ditinjau Dari Berbagai Suku Di Indonesia: Kajian Literatur. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 16(1), 25-34. https://doi.org/10.21009/JIV.1601.3

Setianing, R. D. (2018). Pola Asuh Anak Pada Keluarga Militer. Jurnal Mahasiswa Sosiologi, 1(1), 1-26. https://doi.org/10.21831/diklus.v1i1.23846

Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 135-146. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619

Sonya, E. R. (2018). Dampak Perkawinan Campur Etnik Batak - Sunda Terhadap Integrasi Sosial. TEMALI : Jurnal Pembangunan Sosial. https://doi.org/10.15575/jt.v1i1.2484

Sorkhabi, N. (2012). Parent socialization effects in different cultures: Significance of directive parenting. SAGE Journals, 110(3), 854-878. https://doi.org/10.2466/10.02.17.21.PR0.110.3.854-878

Steinberg, L., & Silk, J. S. (2002). Parenting Adolescents. In M. H. Bornstein (Ed.), Handbook of Parenting Volume 2 Biology and Ecology of Parenting (pp. 103-134). Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Watabe, A., & Hibbard, D. R. (2014). The influence of authoritarian and authoritative parenting on children's academic achievement motivation: A comparison between the United States and Japan. North American Journal of Psychology, 16(2), 359-382.

Xiang, X., Wu, Q., Zhang, Y., Zhu, B., Wang, X., Wan, A., Huang, T., & Hu, L. (2021). A pedagogical approach to incorporating the concept of sustainability into Design-To-Physical-Construction teaching in introductory architectural design courses: A case study on a Bamboo construction project. Sustainability, 13(14), 1-29. https://doi.org/10.3390/su13147692

Zeitlin, M. F., Megawangi, R., Kramer, E. F., Colleta, D, N., Babatunde, E. D., & Garman, D. (1995). Strengthening the Family: Introduction for International Development. United Nations Universiy Press.

Zhou, T., Law, R., & Lee, P. C. (2021). Exploring sustainable measurements of academic research: How do faculty members in teaching-oriented universities of china evaluate good research in tourism and hospitality? Sustainability, 13(20), 1-20. https://doi.org/10.3390/su132011129


Refbacks

  • There are currently no refbacks.