Analisis Buku Ajar Matematika Kelas II SDN Kuta Rentang Aceh Besar dengan Menggunakan Teori Jean Piaget

Author


Sedya Santosa(1Mail), Tria Marvida(2), Deni Indrawan(3),
Ilmu Trabiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 330KB]  Language: id
Published : 2022-09-14
Copyright (c) 2022 Tria Marvida, Deni Indrawan

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 54 times PDF Downloaded: 12 times

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis bagaimana penerapan teori Jean Piaget dalam buku Matematika Kelas II SDN Kuta Rentang Aceh Besar. Jenis penelitan yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Analisis isi digunakan untuk menganalisis buku ajar matematika dengan menggunakan teori Jean Piaget. Berdasarkan hasil analisis data anak yang duduk di bangku kelas II SDN Kuta Rentang berusia 8 tahun. Pada buku panduan belajar Matematika yang digunakan di kelas II SDN Kuta Rentang tampak konsep-konsep materi yang berkaitan dengan operasi reversible dipelajari pada sub materi Bilangan Cacah, Perkalian dan Pembagian, sedangkan untuk operasi logis konservasi dipelajari pada sub materi Pengukuran dan Bangun Datar. Dapat dikatakan bahwa dalam pembelajaran matematika kelas II SDN Kuta Rentang mengikuti perkembangan kognitif anak berdasarkan teori Jean Piaget.


Keywords


teori kognitif jean piaget; matematika; sekolah dasar

References


Ardika, I. W. D. (2017). Pendekatan Savi Untuk Belajar Bahasa. Soshum: Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(1), 60. https://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/view/230

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Estini, D. G. W. (2015). Aktualisasi Pemikiran Jean Piaget dalam Implementasi Kurikulum 2013. Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA V Tahun 2015, 2013, 113–117. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/10263

Florentinus Susanto. (2021). Meta Analisi Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 53–61. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/view/1723

Friantini, R. N., Winata, R., Annurwanda, P., Suprihatiningsih, S., Annur, M. F., Ritawati, B., & Iren. (2020). Penguatan Konsep Matematika Dasar Pada Anak Usia SEKOLAH DASAR. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(2), 276–285. https://doi.org/10.46306/jabb.v1i2.55

Hidayati, K. (2012). Pembelajaran Matematika Usia Sd/Mi Menurut Teori Belajar Piaget. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 10(2), 291. https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i2.417

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197/178

Isnaeni, R. F., & Maenonah, M. (2020). Epistimologi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pandangan Jean Piaget. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 71–85. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8892

Istiqomah, N., & Maemonah. (2016). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. dialektika jurusan PGSD, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974

Jarmita, N. (2014). Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas Awal Sekolah Dasar. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 4, 1–16. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/176/157

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Kesuma, U., & Istiqomah, K. (2019). Perkembangan Fisik dan Karakteristiknya serta Perkembangan Otak Anak Usia Pendidikan Dasar. Madaniyah, 9(2), 217–236. https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/125

Lefudin. (2014). Belajar & Pembelajaran (Deepublish, Ed.).

Mu’min, S. A. (2013). Teori Pengembangan Kognitif Jian Piaget. Jurnal AL-Ta’dib, 6(1), 89–99. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/292

Mu’minah, H. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Journal of Islamic Education Research, 1(02), 28–38. https://doi.org/10.35719/jier.v1i02.19

Mustopa, A., Jasim, J., Basri, H., & Barlian, U. C. (2021). Analisis Standar Penilaian Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 24–29. https://doi.org/10.33751/jmp.v9i1.3364

Nurhadi. (2020). Transformasi Teori Kognitivisme. Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), 16–34. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/540

Nuryati, & Darsinah. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda, 3(2), 153–162. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/1186

Ramlah. (2015). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Hukum Kekekalan Materi. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(2), 218–230.

Ratnawati, E. (2016). Karakteristik Teori-Teori Belajar Dalam Proses Pendidikan (Perkembangan Psikologis Dan Aplikasi). Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2), 1–23. https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/658

Salama, R. dkk. (2020). Pengembangan Kognitif AnaK Usia Dini (Teori Dan Praktik). Edu Publisher.

Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555

Sutarto, S. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 1. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan, Ed. 2. Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.