Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini melalui Media Interaktif Puzzle Angka

Author


Wahyun Nabilatun Nabighoh(1Mail), Mustaji Mustaji(2), Hendratno Hendratno(3),
Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(1)
Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(2)
Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 222KB]  Language: id
Published : 2022-02-27
Copyright (c) 2022 Wahyun Nabilatun Nabighoh

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 386 times PDF Downloaded: 134 times

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum berkembangnya kecerdasan logika matematika anak. Berdasarkan latar belakang masalah yang dipaparkan, maa dapat dirumuskan masalah penelitian ini, bagaimana peningkatan kkecerdasan logika matematika anak usia dini melalui media interaktif puzzle angka?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui cara meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini dengan menggunakan media interaktif puzzle angka. Metode yang digunakan yaitu sampel dari hasil penelitian terdahulu yang dilakukan oleh peneliti sebelumnya dan berhubungan dengan media interaktif, puzzle angka, dan kecerdasan logika matematika anak usia dini. Sampel pada penelitian ini juga terfokus pada anak usia dini. Kajian penelitian yang relevan dan terdahulu yang terkumpul dari artikel ilmiah yang telah dipublikasikan  baik artikel ilmiah internasional, internasional bereputasi, dan nasional. Selain itu kajian ini dilengkapi sumber data dari buku dan peneltian lainnya yang relevan. Dalam proses menganalisis data penelitian menggunakan metode berpikir induktif. Kebaruan dalam penelitian ini yakni menggunakan media interaktif dengan model puzzle angka.


Keywords


media interaktif; puzzle angka; logika matematika

References


Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2020). Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319

Arifin, B., -, Z., & Sifaunajah, A. (2018). Aplikasi Game Puzzle Pengenalan Perangkat Komputer Berbasis Android. SAINTEKBU, 10(2). https://doi.org/10.32764/saintekbu.v10i2.207

Cahyati, N., & Syafdaningsih, R. (2018a). Pengembangan Media Interaktif Dalam Pengenalan Kata Bermakna Pada Anak. In Cakrawala Dini (Vol. 9, Issue 2). https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11339

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Hartini, P. (2012). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Melalui Media Permainan Memancing Angka Di Taman Kanak-Kanak Fathimah Bukareh Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1).

Kristianti, N., Niwayan Purnawati, S., & Suyoto. (2018). Virtual education with puzzle games for early childhood: A study of Indonesia. International Journal of Engineering Pedagogy, 8(2), 14-22. https://doi.org/10.3991/ijep.v8i2.7943

Lestariningrum, A., Crie Handini, -myrnawati, Nusantara PGRIKediri, P.-Paudu., & Jakarta, Pp. (2017). Analisis Pengembangan Kecerdasan Logis Matematis Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Permainan Tradisional. https://doi.org/10.21009/JPUD.112

Majid, H. T., & Huda, S. N. (2020). Gamifikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah dan Bahasa Arab: Studi Kasus PAUD Terpadu Mutiara Yogyakarta. https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/15583

Meryem, C. (2017). Examination of children decision making using clues during the logical reasoning process. Educational Research and Reviews, 12(16), 783-788. https://doi.org/10.5897/ERR2017.3297

Mufarizuddin, M. (2017a). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 62. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.32

Mufarizuddin, M. (2017b). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 62. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.32

Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1164-1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619

Mustajab, M., Baharun, H., & Iltiqoiyah, L. (2020). Manajemen Pembelajaran melalui Pendekatan BCCT dalam Meningkatkan Multiple intelligences Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1368-1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.781

Kuntjojo, & Wijaya, I. P. (2018). Model Asesmen Informal Kecerdasan Jamak Anak Usia 4 - 5 Tahun. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 88 - 103. https://doi.org/10.21009//JPUD.121.08

Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039

Sholihah, K. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Puzzle Angka. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(5), 2714-4107. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i5.p13-22

Suhendri, H., & Id, H. C. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. In Jurnal Formatif, 1(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61

Sujarweni, W. Wiratna. (2019). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Suripatty, P. J. P., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika melalui Permainan Bingo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 100. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.282

Susilawati, B., & Satriawan, D. (2018). Membangun Media Interaktif Belajar Anak Usia Dini Dalam Mengenal Huruf dan Angka. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i1.3059

Syukron Al Mubarok, A. A., & Amini, A. (2019). Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221

Yildiz, M., Öntürk, Y., & Efek, E. (2020). The Investigation of Multiple Intelligence Modalities of University Students Receiving Sports Education. Asian Journal of Education and Training, 6(2), 246-255. https://doi.org/10.20448/journal.522.2020.62.246.255

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Zamroni. (2020). Smart Parenting In Improving Students’ Spiritual Intelligence In Pesantren-Based Madrasahs, Ta'dib, 23(1) https://doi.org/10.31958/jt.v23i1.1947


Refbacks

  • There are currently no refbacks.