Efektifitas Internalisasi Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19

Author


Noviana Diswantika(1Mail),
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Bandar Lampung, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 202KB]  Language: id
Published : 2022-03-20
Copyright (c) 2022 Noviana Diswantika

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 765 times PDF Downloaded: 354 times

Abstract


Sekolah merupakan salah satu gerbang utama dalam menkonstruksi keterampilan sosial anak. Sekolah berfungsi dalam melakukan internalisasi keterampilan sosial melalui proses sosialisasi. Tulisan ini dimaksudkan untuk menjelaskan bagaimana proses internalisasi keterampilan sosial anak usia dini pada masa pandemi covid-19. Pandemi Covid ini berdampak pada keterampilan sosial anak karena adanya pembatasan interaksi dengan orang lain selain yang tinggal dalam satu rumah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan adalah keterampilan sosial anak memiliki dampak dengan adanya pandemi covid-19. Anak kesulitan untuk berinteraksi dan komunikasi, seperti: malu, takut, dan bahkan menyendiri. Internalisasi yang dilakukan pihak sekolah adalah menerapkan metode storytelling dan bermain peran. Metode tersebut dapat membantu mengembangkan keterampilan sosial anak, seperti: mengenal dirinya, emosi, berempati dan simpati, tolong menolong, berkerjasama, dan bersaing sehat. Metode storytelling dan bermain peran dapat membantu mengembangan ketrampilan sosial anak pada masa pandemi covid-19 ini.


Keywords


Keterampilan Sosial; Storytelling; Pandemi Covid 19

References


Andani, S., Santi, E., & Lestari, D. R. (2017). Storytelling Terhadap Perkembangan Sosial Emosional (Keterampilan Sosial Dan Masalah Perilaku) Anak Usia 5-6 Tahun. Dunia Keperawatan, 5(2), 137. https://doi.org/10.20527/dk.v5i2.4118

Aprianti, E., & Nurunnisa, R. (2020). Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Usia Dini Melalui Program Pembiasaan Belajar di Rumah Berbantuan Media Sosial di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2), 111-118.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414-421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Bakhtiyar, . (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Moralitas Dan Kesantunan Pada Anak Usia Dini. Journal of Urban Sociology, 1(1), 70. https://doi.org/10.30742/jus.v1i1.565

Cahyaningrum, E. S., Purwanto, N. A., & Sudaryanti. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Ekyana, L., Fauziddin, M., & Arifiyanti, N. (2021). Parents' Perception: Early Childhood Social Behaviour During Physical Distancing in the Covid-19 Pandemic. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2), 258-280. https://doi.org/10.21009/JPUD.152.04

Fika, Y., Meilanie, S. M., & Fridani, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Bicara Anak melalui Bermain Peran Berbasis Budaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 50. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.229

Handari, S. (2018). Efektifitas Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Kota Samarinda (Studi Kasus Melalui Pendekatan Konseling Anak). HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 15(20).
https://doi.org/10.14421/hisbah.2018.152-04

Hasanah, A. (2019). Stimulasi Keterampilan Sosial Untuk Anak Usia Dini. Fascho : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 1(1), 1-14.
https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i2.3508

Husnah, U., & Hasanah, H. (2019). Pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di tk dharma wanita pakusari kabupaten jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 3(1), 27-34. https://doi.org/10.24014/kjiece.v1i2.6670

Istianti, T. (2018). Pengembangan Keterampilan Sosial Untuk Membentuk Prilaku Sosial Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 32-38. https://doi.org/10.17509/cd.v6i1.10515

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635-1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940

Prasiwi, A. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menyimak melalui Metode Bercerita pada Anak Usia Dini. Paedagogie, 13(2), 43-50. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v13i2.2363

Pratiwi, R. (2016). Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Ii Sdn S4 Bandung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 199-207.

Pujiati, D. (2013). PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta Pendidikan Anak Usia Dini pengembangan sumber. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2).

Rahmawati, A. (2014). Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2875

Ramdani, F. M., Hufad, A., & Supriadi, U. (2018). Program Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Sosietas, 7(2), 386-398. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i2.10355

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Safitri, K., Fauzi, T., & Andriani, D. (2021). Dampak Pembelajaran daring terhadap Interaksi Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 143-152.

Saodi, S., Musi, M. A., Manggau, A., & Noviani, N. (2021). Metode Storytelling dengan Musik Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 163-172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1196

Susanti, S., Sumardi, S., & Nugraha, A. (2020). Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelompok B Tk Aisyiyah 2. Jurnal Paud Agapedia, 3(1), 89-100. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i1.26671

Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana.

Ulfadhilah, K., & Munastiwi, E. (2021). Parenting Program to Develop Social and Emotional Ability of Children with Special Needs During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan, 8(1), 33-40. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/21345


Refbacks

  • There are currently no refbacks.