Penerapan Model Evaluasi CIPPO dalam Mengevaluasi Penyelenggaraan Lembaga PAUD

Fela Yati(1Mail), Yaswinda Yaswinda(2),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 fela yati

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.238

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-07-17
Published : 2019-09-13

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi peraturan menteri No. 137 tahun 2014 tentang dan No. 146 tahun 2014 tentang kurikulum pendidikan anak usia dini di Kelurahan Air Tawar Barat Kota Padang. Subjek penelitian adalah lembaga PAUD di Kelurahan Air Tawar Barat Kota Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan evaluasi CIPPO dan tipe penelitian deskriptif. Informan penelitian yakni kepala sekolah sebagai informan utama, serta bagian tenaga administrasi sebagai informan triangulasi. Teknik pengumpulan data penelitian  adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi Permendikbud No. 146 Tahun 2014 telah terlaksana dan Permendikbud No.137 Tahun 2014 secara keseluruhan belum terpenuhi secara optimal, seperti terdapat pada pengadaan sarana prasarana sekolah yang tidak terpenuhi, tidak memadai, dan tidak aman di digunakan oleh anak usia ini. Evaluasi CIPPO digunakan sebagai pengoptimalan kelemahan dari penerapan permendikbud No. 137 tahun 2014 pada beberapa lembaga PAUD di Kelurahan Air Tawar Barat Kota Padang.


Keywords


kebijakan; pendidikan usia dini; model evaluasi CIPPO

References


Ambiyar, A., Yulastri, A., Putri, Y. E., & Wulansari, R. E. (2018). An evaluation of students industrial training courses implementation at higher education. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(3), 258–266. https://doi.org/10.21831/jpv.v8i3.20775

Anamara, M. G. V. (2014). Evaluasi Implementasi Standar PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini., Vol. 8 edi.

Arikunto, S. (2012). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ayuningtyas, F., Hartati, S., & Sumadi, T. (2019). The Impact of Academic Press and Student Teacher Relationship on Childrens Emotional Adjustment. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 91. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.148

Fadlillah, M & Lilif, M. K. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Hartati, S. (2017). Penyelenggaraan Program PAUD ( Studi Evaluatif Di POS PAUD Kota Jakarta Timur , Provinsi DKI Jakarta ). 12(2), 155–162. https://doi.org/10.21009/JIV.1202.8

Kemendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Lastuti, S., & Jaedun, A. (2014). Evaluasi pelaksanaan program S1 PGSD di unit program belajar jarak jauh UT DIY. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(1).

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta’dib, Vol. 6, No.

Muyana, S. (2017). Context Input Process Product (CIPP): Model Evaluasi Layanan Informasi. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, Vol. 1, No.

Pendidikan, M. (2016). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan No 146 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini. Diakses tanggal.

Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2014). PERMENDIKBUD No. 137. 13.

Roberts, A. (2003). No TitleΧίτλερ & Τσώρτσιλ. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia, (1), 1–26.

Suryana, Dadan & Fitri, A. R. (2018). Pembelajaran Kurikulum 2013 PAUD Berbasis Pendekatan Saintifik. In Academia.edu.

Suryana, D. (2013). Pengetahuan tentang strategi pembelajaran, sikap, dan motivasi guru. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 19(2).

Suryana, D. (2014a). Dasar-Dasar Pendidikan TK. In Universitas Terbuka. (Ed.), Dasar-Dasar Pendidikan TK. Padang.

Suryana, D. (2014b). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak. Jurnal Pesona Dasar, Vol. 2.

Sutomo. (2014). Manajemen Sekolah. Semarang: Unnes Press.

Tamaya, E. (2017). Prasarana PAUD Dikaji Berdasarkan. Skripsi, (137).

Yaswinda, Y. (2017). Development of a Procedural Model of Science Based on Multisensory-Ecology for Early Childhood Education. International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2017). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icece-16.2017.81

Yaswinda, Y., Yulsyofriend, Y., & Mayar, F. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 13–22.


Article Metrics

 Abstract Views : 67 times
 PDF Downloaded : 0 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.