Abstract


Kemampuan motorik kasar anak usia dini memiliki peran penting bagi perkembangan pribadi secara keseluruhan. Kemampuan motorik kasar ini dapat dikembangkan melalui beberapa cara, salah satunya menggunakan gerakan senam Si Buyung dan senam Irama Ceria. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh senam Si Buyung dan Senam Irama Ceria terhadap kemampuan motorik kasar pada anak TK kelompok B. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain one group-pretest-posttest design. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Penelitian dilakukan pada enam TK dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 153 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Wilcoxon Test. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa latihan senam Si Buyung dan senam Irama Ceria dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak TK. Hal ini berimplikasi bahwa guru TK kelompok B dapat menggunakan senam Si Buyung dan senam Irama Ceria untuk meningkatkan kemampuan motorik anak.


Keywords


senam si buyung; senam irama ceria; motorik kasar