Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Moda Daring Kombinasi untuk Guru PAUD

Author


Widia Winata(1Mail), Ahmad Suryadi(2), Mas Roro Diah Wahyu Lestari(3), Ismatul Khasanah(4), Indra Munawar(5),
Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia(1)
Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Semarang, Indonesia(4)
Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text  

Published : 2022-07-08

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 468 times PDF Downloaded: 455 times

Abstract


Pandemi covid-19 mengakibatkan guru tidak dapat mengikuti pelatihan karena akses pertemuan tatap muka ditutup. Kondisi ini mengharuskan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi membuat Program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Berjenjang Tingkat Dasar untuk Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Moda Daring Kombinasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran bagaimana proses pembuatan Learning Management System (LMS) moda daring kombinasi untuk diklat tersebut. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi, perpanjangan keikutsertaan dan diskusi pakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembuatan LMS mengikuti langkah; penyusunan pedoman diklat, pemetaan strategi pembelajaran diklat, digitalisasi modul diklat, uji keterbacaan konten diklat, tindak lanjut uji keterbacaan konten diklat, finalisasi keterbacaan konten diklat, dan peluncuran LMS dalam Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Anak Usia Dini


Keywords


diklat; moda daring kombinasi; paud

References


Arifin, M. B. U. B., Nurdyansyah, Rindaningsih, I., & Fauji, I. (2019). Teaching media of fiqh magazine model to improve prayer understanding in primary school students. Universal Journal of Educational Research, 7(8), 1820 -1825. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070821

Arlina, Hatimah, I., & Gunawan, M. H. (2019). The Implementation of Blended Learning in Early Childhood Education Teacher's Training. Proceedings of the 1st Non Formal Education International Conference (NFEIC 2018). https://doi.org/10.2991/nfeic-18.2019.4

Arlina, Hatimah, I., Abdulhak, I., Ardiwinat, J. S., & Dadang Yunus, L. (2020). The effectvity of blended learning in education and training for teachers of young children program. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(6). https://www.psychosocial.com/article/PR260943/21709

Ayogurubelajar. (2021). Gurubelajar (p. 1). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-paud-diklat-berjenjang-dasar

Bano, V. O. (2018). Pengembangan Modul Pelatihan Pengelolaan Penilaian Autentik Guru IPA SMP. Kelola, 5(2), 139-151. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p139-151

Byrka, M. F. (2017). Blended Learning Strategy In Teacher Training Programs. Information Technologies and Learning Tools. https://doi.org/10.33407/itlt.v62i6.1802

Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects, 49(1-2). https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3

Gunawan, I. (2020). Tak Sesuai Ketentuan Disdik, 43 Persen Guru PAUD Masih SMA (p. 1). Jawa Pos. radarbojonegoro.jawapos.com

Guru PAUD Dikmas, K. (2021). Peluncuran Program Guru Belajar dan Berbagi Seri PAUD dan Pendidikan Inklusif (p. 1). https://www.youtube.com/watch?v=fbIDc6RQSjM&t=7165s

Herminayu, & Sulasmono. (2020). Pengembangan Modul Pelatihan Model Pembelajaran BCCT Bagi Guru dan Kepala Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1112-1123. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.512

Hrastinski, S. (2019). What Do We Mean by Blended Learning? TechTrends. https://doi.org/10.1007/s11528-019-00375-5

Irni. (2021). Hasil Uji Keterbacaan LMS Diklat Dasar Moda Daring Kombinasi (p. 1). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Jaya, D. J. (2021). Pengembangan Modul Pendidikan dan Pelatihan Materi Perencanaan Perkerasan Jalan pada Perusahaan Jasa Konstruksi. Edcomtech, 6(1), 162-172. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p162

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.

Mashoedah, M. (2015). Kajian Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pelatihan Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education). https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.10875

Nisa, K. (2021). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229-240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534

PAUD, G. (2021). Penilaian pada PAUD - Menyusun Instrumen Penilaian di PAUD (p. 1). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://www.youtube.com/watch?v=9ITTfR4HhB8

Pupu, S. R. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium.

Somantri, G. R. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122

Westerlaken, M., Christiaans-Dingelhoff, I., Filius, R. M., De Vries, B., De Bruijne, M., & Van Dam, M. (2019). Blended learning for postgraduates; An interactive experience. BMC Medical Education. https://doi.org/10.1186/s12909-019-1717-5

Wibawa, W. (2021). Alur LMS Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Moda Daring Kombinasi (p. 1). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Wibawa, W., Lisdiana, A., & Winata, W. (2021). Pedoman Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Bagi Guru PAUD Moda Daring Kombinasi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Winata, W. (2021). LMS Moda Daring Kombinasi untuk Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Guru PAUD (p. 1). https://www.youtube.com/watch?v=l3S-ubk42fw&t=112s

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121

Zamzami, E. M. (2021). Aplikasi Edutainment Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh TK Merujuk Standar Nasional PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 985-995. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.750

Zulkarnain, Ali Iskandar, D. (2021). Problematika Lembaga PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14-25. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.491


Refbacks

  • There are currently no refbacks.