Internalisasi Nilai Kemandirian Anak melalui Parenting

Author


Haris Maiza Putra(1Mail), Armelia Prakasa(2), Pat Kurniati(3),
Hukum Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(2)
Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 236KB]  Language: id
Published : 2022-03-22
Copyright (c) 2022 Haris Maiza Putra, Armelia Prakasa, Pat Kurniati

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 374 times PDF Downloaded: 175 times

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran orang tua yang terlibat aktif secara lansung dalam kegiatan pengasuhan anak. Orang tua harus menanamkan nilai kemandirian melalui parenting yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan internalisasi nilai kemandirian anak melalui parenting. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif secara deskriptif. Sumber data adalah data yang diperoleh dari hasil penelitian kepustakaan yaitu data jurnal delapan tahun terakhir. Penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang baik memiliki dampak positif pada kemandirian anak. Parenting yang saat ini digunakan orang tua dalam mendidik anaknya adalah positif, demokratis, permisif, otoritatif, negatif, dan mengabaikan. Enam jenis parenting mempengaruhi kemandirian anak Anda. Setiap orang tua memiliki model parenting yang berbeda-beda. Positive Parenting dan Democratic Parenting adalah model terbaik dalam internalisasi nilai kemandirian kepada anak. Rencana pendidikan keluarga yang baik akan membantu anak Anda belajar secara optimal dan membangun kemandiriannya. Penerapan parenting yang tidak tepat akan mengakibatkan terhambatnya kemadirian anak. Parenting yang tidak tepat adalah yang terlalu memanjakan anak atau bahkan orang tua yang memaksakan keinginan anaknya


Keywords


Parenting; Orangtua; Kemandirian Anak

References


Ardini, P. P., Lamadi, A., & Utoyo, S. (2019). The Efects of Parenting Styles on Independence of Children in Kindergarten, Gorontalo. Jurnal Indria (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 4(2), 129-138. https://doi.org/10.24269/jin.v4n2.2019.pp129-138

Baumrind, D. (1967). Child-care practices anteceding three patterns of preschool behavior. Genetic Psychology Monographs, 75.

Endriyani, S., & Yunike, Y. (2017). Having Children with Mental Retardation. International Journal of Public Health Science (IJPHS), 6(4), 331. https://doi.org/10.11591/ijphs.v6i4.10779

Gerungan, W. A. (2010). Psychologi Sosial: Suatu Ringkasan. Eresco.

Gordon. (2000). Parent Effective Traing: The Proven Program for Raising Responsible Children. Random House Inc.

Hamdanah. (2017). Bunga Rampai Ilmu Pendidikan Islam. Pustaka Buana.

Hamida, C. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Anak dan Tingkat Keparahan Karies Gigi Pada Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Pada Siswa Sekolah Dasar Di Wilayah Kerja Puskesmas Srondol Kecamatan Banyumanik Kota Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8, 6.

James, M. (2002). It's Never Too Late to Be Happy. Addison-Wesley Publishing Company, Inc.

Juliana, T., & Barida, M. (2020). The influence of parenting parents on the personal hygiene independence of students with disabilities. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 5(3). https://doi.org/10.23916/0020200526030

Konok, V., Bunford, N., & Miklósi, Á. (2020). Associations between child mobile use and digital parenting style in Hungarian families. Journal of Children and Media, 14(1), 91-109. https://doi.org/10.1080/17482798.2019.1684332

Kuppens, S., & Ceulemans, E. (2019). Parenting Styles: A Closer Look at a Well-Known Concept. Journal of Child and Family Studies, 28(1), 168-181. https://doi.org/10.1007/s10826-018-1242-x

Kurniati, P., Putra, H. M., Komara, L. S., Wibianika, H., & Setiansyah, R. (2021). Budaya Kewarganegaraan, Praktek Kewarganegaraan dan Pendidikan Untuk Kewarganegaraan Demokratis. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 8(2), 9.

Linda, D. F., & Natsir, M. (2020). Parent Guidance Pattern in Growing Children's Independence. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(1). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i1.107762

Lydia, M., Nina, N. K., Wayan, D., Rambat Nur, S., Lutfi Firdaus, M. (2018). The Influence of Parents Parenting Style Towards The Independence Of Preschool Children. Indian Journal of Science and Technology, 11(30), 1-6. https://doi.org/10.17485/ijst/2018/v11i30/128245

Naisabur, N., & Putra, H. M. (2021). Tabarru Contracts in The Form of Self Guarantee and Providing Something. International Journal of Nusantara Islam, 9(2), 11. https://doi.org/10.15575/ijni.v9i2.14301

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R. D. (2008). Human Development: Psikologi Perkembangan. Edisi Kesmbilan. Kencana.

Park, H., & Lau, A. S. (2016). Socioeconomic Status and Parenting Priorities: Child Independence and Obedience Around the World: Socioeconomic Status and Child Socialization. Journal of Marriage and Family, 78(1), 43-59. https://doi.org/10.1111/jomf.12247

Pravitasari, A. E., Sukidin, S., & Suharso, P. (2019). Pola Pengasuhan dan Internalisasi Nilai Kemandirian Anak Pada Wanita Karir di Desa Tembokrejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 13(1), 78. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10424
https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10424

Primayana, K. H., & Dewi, P. Y. A. (2020). Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Intensitas Penggunaan Gawai pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 710. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.697

Putra, H. M., Abdurohman, D., & Ahyani, H. (2022). Eksistensi Filsafat Ekonomi Syari'ah sebagai Landasan Filosofis Perbankan Syari'ah di Indonesia. Ecobankers : Journal of Economy Banking, 3(1), 13. http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/EcoBankers/article/view/666

Rahayu, K. (2021). Internalisasi Nilai Kemandirian Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur'aini Ngampilan Yogyakarta. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 5-16. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2176

Rakhmawati, Effendi, R., & Darmiyati. (2019). The Effect of Parenting Patterns and Birth Order towards the Independent Social Behavior of Kindergarten Children in Gugus Anggrek, East Banjarmasin District. Journal of K6, Education, and Management, 2(2), 139-148. https://doi.org/10.11594/jk6em.02.02.09

Santrock, J. W. (2009). Psikologi Pendidikan Educational Psychology. Edisi Ketiga Buku 1. Terjemahan Diana Angelica. Salemba Humanika.

Sinansari, W., & Hasibuan, R. (2021). Pengaruh Smart Parenting Demokratis Terhadap Kemandirian Inisiatif Anak Usia 5-6 Tahun di Pakel Tulungagung. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 83-92. https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.33603

Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro'ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orang tua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300

Sunarty, K., & Dirawan, G. D. (2015). Development Parenting Model to Increase the Independence of Children. International Education Studies, 8(10), p107.
https://doi.org/10.5539/ies.v8n10p107

Thalib, S. B. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Kencana Prenada Media Group.

Theresya, J., Latifah, M., & Hernawati, N. (2018). The Effect of Parenting Style, Self-Efficacy, and Self Regulated Learning on Adolescents' Academic Achievement. Journal of Child Development Studies, 3(1), 28. https://doi.org/10.29244/jcds.3.1.28-43

Ulniani, Hendrawijaya, A., & Imsiyah, N. (2015). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Anak Usia Dini di Kelompok Bermain (KB) Tunas Mulya Desa Dasri Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Edukasi, 2(3).

Wiyani, N. A., & Ratri, R. K. (2014). Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orang tua dan Guru dalam Membentuk Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia Dini (Vol. 1). Ar-ruzz Media.

Yuliani, F., & Suminar, T. (2021). Influences of Parenting Style on Independence and Confidence Characteristics of Pre-School Children. 5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.