Kegiatan Neurokinestetik Sebagai Bentuk Persiapan Motoric dan Literacy Anak Usia 4-5 Tahun

Author


Ismatul Khasanah(1Mail), Singgih Adhi Prasetyo(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 631KB]  Language: id
Published : 2022-03-25
Copyright (c) 2022 Ismatul Khasanah, Singgih Adhi Prasetyo

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 167 times PDF Downloaded: 161 times

Abstract


Perkembangan motorik sering dijadikan tolak ukur untuk membuktikan bahwa anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Neurokinestetik merupakan bagian dari ilmu saraf terapan yang merupakan bentuk stimulasi yang dapat merangsang sel-sel otak anak untuk berkembang dengan baik dan membentuk kecerdasan kinestetik sehingga dapat mendukung perkembangan kecerdasan ganda. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pembelajaran neurokinestetik sebagai dasar pengembangan motorik dan literasi pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.  Sumber data penelitian ini adalah guru RA yang terdiri dari 5 orang, orang tua murid, dan Perangkat pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dalam bentuk deskriptif kualitatif secara mendalam, berkelanjutan dan terus menerus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kinestetik adalah kemampuan kematangan saraf yang mematangkan gerakan refleks menjadi gerakan yang terkontrol dan terkoordinasi.  Hal ini dapat berdampak pada integrasi yang baik antara proses berpikir dan keseimbangan tubuh.  Selain itu, mereka memiliki keseimbangan tubuh yang baik, fleksibilitas yang baik dan tentu saja hal itu dapat berdampak pada kesiapan literasi yang lebih baik di masa depan.


Keywords


keseimbangan tubuh; neurokinestetik; motorik; kesiapan literasi

References


Ali, M. (2022). Innovative Leadership Management in Early Children Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3007-3012. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198

Fitri, R., & Imansari, M. L. (2020). Permainan Karpet Engkle: Aktivitas Motorik untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1186-1198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.754

Hermawati, N. S., & Sugito, S. (2021). Peran Orang Tua dalam Menyediakan Home Literacy Environment (HLE) pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1367-1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1706

Leo Virganta, A., Maya Novitri, D., & Studi PAUD FIP, P. P. (2021). Pendampingan Guru Dalam Penggunaan Alat Permainan Edukatif Berbasis Enam Aspek Perkembangan Anak Di TK Salsa. 7(2), 2502-7166. https://doi.org/10.24114/jbrue.v7i2.30516

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2020). Perkembangan Kognitif Bidang Auditori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 805. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.640

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Nugroho, W., Alamsyah, C., Sukamti, R., Kurniawan, F., Kunci, K., Bike, R., Tubuh, K., & Dini, A. U. (2021). Pengembangan Rocking Bike Untuk Mengoptimalkan Keseimbangan Tubuh Pada Anak Usia Dini. JORPRES (Jurnal Olahraga Prestasi), 17(2), 130-141.

Prahesti, S. I., Taulany, H., & Dewi, N. K. (2019). Gerak dan Lagu Neurokinestetik (GELATIK) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.289

Ratnasari, E. M. (2020). Outdoor Learning Terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 182. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8003

Sulistyo, I. T., Pudyaningtyas, A. R., & Sholeha, V. (2021). Profil Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9(3), 156-161.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166

Umami, A., Kurniah, N., & Delrefi. (2016). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak melalui Permainan Estafet. Jurnal Ilmah Potensia, 1(1), 15-20.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Yulianti, E., Jaya, I., & Eliza, D. (2019). Pengaruh Role Playing terhadap Pengenalan Literasi Numerasi di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat. 2019(2), 41-50.
https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.33


Refbacks

  • There are currently no refbacks.