Perbedaan Kemampuan Bersosialisasi Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget dengan yang Tidak

Author


Sean Marta Efastri(1), Lucky Lhaura(2), Chitra Charisma Islami(3Mail),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lancang Kuning, Indonesia(1)
Teknik Informatika, Universitas Lancang Kuni, Indonesia(2)
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 217KB]

Published : 2022-06-04

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 568 times PDF Downloaded: 365 times

Abstract


Fenomena di lapangan ditemukan permasalahan pada kemampuan bersosialisasi yang tampak masih ada anak yang tidak mau di tinggalkan oleh orang tuanya ketika akan memasuki kelas untuk belajar, dan orang tua memberikan Gadget untuk dibawa anak ke sekolah, sebagian besar anak menunjukkan sikap tidak mau bermain dengan teman yang baru dikenalnya dan cenderung lebih menyendiri pada jam istirahat dengan menggunakan Gadget. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif komparatif. Perbedaan kemampuan bersosialisasi anak usia 5-6 tahun yang mengalami kecanduan dengan yang tidak terhadap gadget di PAUD Se-Kecamatan Bukit Raya di tunjukan dari hasil uji t  menunjukan t-hitung (7.416) > ttabel (2.00) dan nilai signifikansi (0,000) < α (0,05) artinya Ha diterima Ho ditolak. Adapuan besarnya perbedaan antara anak yang kecanduan dengan yang tidak terhadap gadget yakni mencapai 6.83%.


Keywords


kemampuan bersosialisasi; kecanduan gadget; anak usia dini

References


Erna, T. A. (2009). Kemampuan Bersosialisasi pada Anak Usia Pra Sekolah ditinjau dari Jenis Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 3(6).

Hafiz, A. A. (2017). Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Skripsi: Universitas Lampung.

Harfiyanto, D. (2015). Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget di SMA Negeri 1 Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hurlock, E. (2002). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.

Irwan. (2013). Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Bersosialisasi Pada Remaja. Jurnal An-Nafs, 8(2).

Islami, C. C., & Gustiana, E. (2020). Layanan Bimbingan dan Konseling AUD Berbasis Tugas Perkembangan untuk Meningkatkan Perilaku Prososial. Jambura Early Childhood Education Journal, 2(2), 70-78. https://doi.org/10.37411/jecej.v2i2.161

Maola, P. S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Gedget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal, 3(1).

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget dalam Kehidupan. Jurnal KOPASTA, 5(2).
https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521

Palar, J. E. (2018). Hubungan Peran Keluarga dalam Menghindari Dampak Negatif Penggunakan Gedget pada Anak dengan Perilaku Anak dalam Penggunakan Gedget di Desa Kiawa 2 Barat Kecamatan Kawangkoan Utara. Ejournal Keperawatan (e-Kp), 6(2).

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Setiyarini, A. D., & Andarini, A. S. (2019). Penyuluhan Pengaruh Buruk Penggunaan Gadget pada Anak. Journal of Community Engagement and Employment, 01(01), 1-5.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.

Suhati, & Islami, C. C. (2018). Pengaruh Peran Orangtua Melalui Kegiatan Parenting Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Pelita Paud, 3(1), 58-65.

Syahyudin, D. (2019). Pengaruh Gedget Terhadap Pola Interaksi Sosial dan Komunikasi Siswa. GUNAHUMAH Jurnal Kehumasan, 2(1). https://doi.org/10.17509/ghm.v2i1.23048

Warisyah, Y. (2015). Pentingnya "Pendampingan Dialogis" Orang Tua dalam Penggunaan Gadget Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan "Inovasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Berkemajuan."

Widianti, E., Hendiana, S. A. N., & Adistie, F. (2022). Gambaran Kematangan Sosial Anak Usia Prasekolah di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Fullday Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Permas, 12(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.