Peningkatan Perilaku Sosial Anak melalui Permainan Tradisional Sumatera Barat

Cici Ratna Sari(1), Sofia Hartati(2), Elindra Yetti(3Mail),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Cici Ratna Sari, Sofia Hartati Hartati, Elindra Yetti Yetti

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.225

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-07-10
Published : 2019-07-16

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar melalui permainan tradisional Sumatera Barat dalam meningkatkan perilaku sosial. Penelitian ini dilakukan di TK Aster Indah Korong Balai Satu, Provinsi Sumatera Barat pada bulan April 2019. Subjek penelitian adalah kelompok A sebanyak 10 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan. Prosedur penelitian terdiri dari: perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Dilakukan untuk 12 pertemuan dibagi menjadi dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari evaluasi siswa pada setiap siklusnya adalah sebagi berikut: siklus I 65,02% dari siswa yang sudah mencapai skor 75, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 84,25% dari siswa yang sudah mencapai skor 75. Simpulan penelitian ini bahwa permainan tradisional Sumatera Barat efektif digunakan sebagai pembelajaran untuk meningkatkan perilaku sosial anak di TK Aster Indah Korong Balai Satu Provinsi Sumatera Barat.


Keywords


perilaku sosial; permainan tradisional sumatera barat; penelitian tindakan

References


Chasanah. (2015). Pengembangan permainan tradisional gotri untuk pembelajaran fisik motorik kasar anak. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, Volume 2, 76–149.

Ergin, B., & Ergin, E. (2017). The predictive power of preschool children ’ s social behaviors on their play skills, 5(9), 140–145. https://doi.org/10.11114/jets.v5i9.2601

Findlay, L. C., Girardi, A., & Coplan, R. J. (2006). Links between empathy , social behavior , and social understanding in early childhood. Early Childhood Research Quarterly, 21, 347–359. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2006.07.009

Hapidin, Y. (2016). Pengembangan model permainan tradisional dalam membangun karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 10, 201–212. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.102

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (5th ed.). jakarta: Erlangga.

Karachle, N., Dania, A., & Venetsanou, F. (2012). Effects of a recreational gymnastics program on the motor proficiency of young children. Science of Gymnastics Journal, 9(1), 17–25.

Khasanah, I., Prasetyo, A., & Rakhmawati, E. (2011). Permainan traditional sebagai media stimulasi aspek perkembangan anak usia dini. Jurnal Penelitian Paudia, Volume 1 No. 1 2011, 1(1), 91–105.

Kovačević, T., & Opić, S. (2014). Contribution of traditional games to the quality of students ’ relations and frequency of students ’ socialization in primary education. Croatian Journal of Education, 16(1), 95–112.

Lestariningrum, A., & Crie, M. (2017). Analisi Pengembangan Kecerdasan Logis Matematis Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 11, 215–225. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.112.02

Mafra, H. (2015). Development of learning and social skills in children with learning disabilities : an educational intervention program. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 209(July), 221–228. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.220

Mensah, F. K., Ph, D., Bayer, J. K., Ph, D., Clinical, M. P., Wake, M., … D, M. (2013). Early puberty and childhood social and behavioral adjustment. Journal of Adolescent Health, 53(1), 118–124. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2012.12.018

Minartin. (2013). Meningkatkan perilaku sosial anak melalui metode kerja kelompok pada kelompok A di tk aisyiyah bustanul athfal toboli. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol . 1 No . 3 ISSN 2354-614X, 1(3), 157–171.

Observasi TK. Aster Indah. (2019). Observasi awal pada tk. aster indah (lampiran). Padang Pariaman.

Ode, L., Basri, A., Momo, A. H., Marhadi, A., Rahman, A., Ode, L., & Jers, T. (2018). The unsustainability of kalego traditional game among muna community of watopute district. Asian Social Science, 14(2), 12–17. https://doi.org/10.5539/ass.v14n2p12

Omeroglu, E. (2015). Determination and interpretation of the norm values of preschool social skills rating scale teacher form. Education Sciences Theory & Practice, 15(4), 981–996. https://doi.org/10.12738/estp.2015.4.2514

Pekdoğan, S. (2016). Investigation of the effect of story based social skills training program on the social skill development of 5-6 year-old children. Education and Science, 41(183), 305–318. https://doi.org/10.15390/EB.2016.4618

Rachmana, Y. S. (2013). Perilaku sosial pada anak usia dini yang mendapat pembelajaran bilingual. Character, 1 Nomor 03, 1–13.

Ren, Y., & Wyver, S. (2016). Social competence , cultural orientations and gender differences : a study of mandarin – english bilingual preschoolers, 9760(April). https://doi.org/10.1080/09669760.2016.1138282

Richard Claproth, P. D. (2012). Dahsyatnya bahaya aktivasi otak tengah. jakarta: Grasindo.

Solberg, I. (2016). Land art in preschools. an art practice. International Journal of Education & the Arts, Volume 17(ISSN: 1529-8094). Retrieved from http://www.ijea.org/

Susanto, A. (2015). Bimbingan dan konseling di taman kanak-kanak. jakarta: PrenadaMedia Group.

Takahashi, Y., Okada, K., Hoshino, T., & Anme, T. (2015). Developmental trajectories of social skills during early childhood and links to parenting practices in a japanese sample. Plos One, 1–14. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0135357

Tri, A. F. L. (2016). Perilaku sosial anak usia dini di lingkungan lokalisasi guyangan. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 10, 121–134. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.101.07 Perilaku

Veiga, G., Neto, C., & Rieffe, C. (2016). Preschoolers ’ free play - connections with emotional and social functioning, 8(1), 48–62.


Article Metrics

 Abstract Views : 134 times
 PDF Downloaded : 40 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.