
Author
Nila Fitria(1), Zahrina Amelia(2

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia, Indonesia(3)

Article Analytic |
Published : 2022-04-01
Copyright (c) 2022 nila fitria, Zahrina Amelia, Nurfadilah nurfadilah
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 931 times
PDF Downloaded: 511 times
Abstract
Kemampuan literasi menurut persepsi orang tua menjadi tuntutan orang tua supaya anaknya bisa menulis dan membaca sejak kecil. Hal tersebut membutuhkan alternatif media dan kompetensi guru guna mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Media yang diperlukan yaitu media yang dapat memberikan secara real, salah satunya Path to Literacy yang sudah diadaptasi menggunakan bahasa Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan jangka panjang yaitu bertujuan untuk pembaharuan teknik mengajar membaca dan menulis sesuai tahapan yang jelas. Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan literasi baca tulis anak usia dini dengan menggunakan media path of literacy. Penelitian ini akan melihat pengaruh media flashcard path to literacy terhadap kemampuan literasi baca tulis dengan subjek penelitian anak usia 4-5 tahun berjumlah 10 anak dengan metode penelitian kuantitatif eksperimen. Tahapan penelitian dimulai dari merumuskan hipotesis, merumuskan instrument, melakukan pre-test, uji coba, post test dan pembahasan.Berdasarkan hasil perhitungan uji homogenitas diketahui bahwa nilai signifikansinya < 0,05 data disimpulkan tidak mempunyai nilai varian yang sama/berbeda (tidak homogen). Hal tersebut dikarenakan kemampuan literasi baca tulis tidak dapat digeneralisasikan dikarenakan stimulasi yang berbeda dari lingkungan.
Keywords
References
Abidin, Z. (2016 ). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech. Jurnal Muhamadiyah, 1(1), 9-20.
Amitya Kumara, A. J. (2014). Kesulitan Berbahasa pada Anak. Yogyakarta: PT Kanisius.
Atmazaki, D. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemendikbud.
Chandra, R. D. (2017 ). Pengembangan Media Visual Kartu Angkaefektif Untuk Mengenalkan Huruf Vokal A, I, U, E, O Pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun Paud Labschool Jember. Indria : Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah dan Sekolah Awal, 2(1),45-71. https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp62-71
Chandra, R. V. (2021). Krisis Kemampuan Membaca Lancar Anak Indonesia Masa Pandemi COVID-19. Jurnalbasicedu, 903-910. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.848
Dhieni, N. (2013). Metode Pengembangan Bahasa (1st ed.). Tangerang : Universitas Terbuka Jakarta.
Evi Desmariani, M. R. (2021). Pentingnya Keterlibatan Orang Tua Di Lembaga Paud Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin , 20-27. https://doi.org/10.36341/jpm.v4i2.1663
Goldstein, H. (2020). Professional development modules. USA: Brookes Publishing.
Hapsari, I. I. (2016). Psikologi Perkembangan Anak . Jakarta: PT Indeks.
Indriana, D. (2011). Ragam Alat bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu MediaPengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Kern, R. (2000). Literacy and Language Teaching. Oxford : Oxford University.
Margono, S. (2005). Metodologi Penelitian Tindakan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Marlisa, L. (2016). Tuntutan Calistung Pada Anak Usia Dini. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 25-37. https://doi.org/10.14421/jga.2016.13-03
Matin, R. R. (2019). Penerapan Media Pembelajaran POP-UP BOOK Anak Usia Dini Pada Kelompok B. obsesi, 2(2), 27. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i2.p49-56
Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2018). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcardpada Pelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210-288. https://doi.org/10.33541/jdp.v11i3.892
Mutmainnah, M. (2019). Lingkungan Dan Perkembangan Anak Usia Dini Dilihat Dari Perspektif Psikologi. Gender Equality Internasional Journal of Child and Gender Studies, 35-41. https://doi.org/10.22373/equality.v5i2.5586
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 19-35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Pascalian Hadi Pradana, F. G. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. JOEAI:Journal of Education and Instruction, 25-31. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587
Pinto, G. B. (2017). Emergent literacy and reading acquisition: a longitudinal study from kindergarten to primary school. European Journal of Psychology of Education, 32(4), 571-587. https://doi.org/10.1007/s10212-016-0314-9
Primarni, A. (2021). Penguatan Literasi Alam Kampung Ilmu Purwakarta. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 56. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i1.265
Purnama, R. (. (2019). Meningkatkan Penguasaan Keaksaraan Anak Usia Dini Melalui Media Flashcard di TK Para Bintang Kota Jambi Tahun Ajaran 2017-2018. 53(9), 1689-1699. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680
Rahim, F. (2008). Pengajaran membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara .
Sadiman, A. s. (2016). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Rajagradindo Persada.
Setyanto , A. E. (2015). Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 37 - 48. https://doi.org/10.24002/jik.v3i1.239
Shayne B. Piasta, J. A. (2022). Small-Group, Emergent Literacy Intervention Under Two Implementation Models: Intent-to-Treat and Dosage Effects for Preschoolers At-Risk for Reading Difficulties. Sage Journals . https://doi.org/10.1177/00222194221079355
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukma, E. M. (2018). Literacy media models in improving reading skill of early class students in elementary school. Journal of Counseling and Educational Technology, 1(2),33. https://doi.org/10.32698/041
Syathariah. (2019). Mari Men"jadi" Guru. Sukabumi: CV Jejak.
Syukri. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Kartu Angka Bergambar Di Tk. Jurnal AL-Abyadh,, 27-28.
Trina D Spencer. (2021, 1 4). Trinastoolbox. Retrieved 2 21, 2021, from http://www.trinastoolbox.com/product_PAth.html
Zahrina Amelia, A. R. (2022). Penggunaan Media PEMA (Papan Edukasi Main Anak) dalam Meningkatkan Pemerolehan Kosakata Anak usia 3-4 Tahun. Jurnal Al-Azhar Seri Humaniora, 44-51. https://doi.org/10.36722/sh.v7i1.941