Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka

Ahmad Aly Syukron Al Mubarok(1Mail), Amini Amini(2),
(1) Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto, Indonesia
(2) Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Ahmad Aly Syukron

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-07-09
Published : 2019-10-04

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan  mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dalam mengurutkan angka 1-20 pada kelompok B melalui metode bermain puzzle angka. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Adanya peningkatan kemampuan kognitif dalam mengurutkan angka 1 sampai 20 setelah digunakan metode bermain puzzle angka. Hal ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar anak pada tahap prasiklus capaian perkembangan kognitif anak dalam mengurutkan angka 1 sampai 20 yang belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian ketuntasan belajar anak pada tahap siklus I sebesar 46,15% dengan kriteria Belum Berkembang (BB) untuk rata-rata 63,46 dengan kriteria cukup, siklus II ketuntasan belajar sebesar 84,6% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) untuk rata-rata 80,38 dengan kriteria Baik. Maka dapat disimpulkan bahwa Dampak penggunaan metode bermain puzzle angka memudahkan anak mngenal angka dan menambah semangat belajar

Keywords


kemampuan kognitif; mengurutkan angka; metode bermain puzzle angka

References


Ahmad, S. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. https://doi.org/10.1362/026725701323366836

Dewi, R. K., Kamid, K., & Saharudin, S. (2019). Pemerolehan Pengetahuan Matematika pada Anak Usia Dini. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.5624

Fauziddin, M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak melalui Kegiatan Membilang dengan Metode Bermain Media Kartu Angka . AUDI, 1(2), 60–70.

Fitriani, W., Santi, E., & Rahmayanti, D. (2017). Terapi Bermain Puzzle Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) yang Menjalani Kemoterapi di Ruang Hematologi Onkologi Anak. Dunia Keperawatan, 5(2), 65. https://doi.org/10.20527/dk.v5i2.4107

Gandana, G., Pranata, O. H., & Danti, T. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 melalui Media Balok Cuisenaire pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK At-Toyyibah. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 92.

Hestidias, D. H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Kognitif dengan Bermain Kotak Kartu Berhitung (Studi Kasus pada Kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Lawang. PAUD Teratai, 2(2).

Hijriati. (2016). Tahapan perkembangan kognitif pada masa early childhood. Jurnal Pendidikan Anak.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini: Teori dan Pengembangannya. Sumatera Utara: Perdana Publishing.

Komang, E. M., Suami, K. N., & Tirtayani, L. A. (2016). Penerapan Media Puzzle Gambar untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Kelompok B di PAUD Pradnya Paramita Singaraja. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(3).

Komang, S., Ni, S. K., & Putu, U. R. (2014). Penerapan Metode Bermain Puzzle Geometri. Pendidikan Anak Usia Dini.

Maghfuroh, L. (2018). Metode Bermain Puzzle Berpengaruh pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. Jurnal Endurance, 3(1), 55–60. https://doi.org/10.22216/jen.v3i1.2488

Misyati, E. (2013). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Bermain Kartu Angka Bergambar Anak Kelompok A1 TK Masjid Syuhada Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mukhlisah, A. (2015). Perkembangan Kognitif Jean Pieget dan Peningkatan Belajar Anak Diskalkulia. Jurnal Kependidikan Islam.

Muloke, I. C., Ismanto, A. Y., & Bataha, Y. (2017). Pengaruh Alat Permainan Edukatif (Puzzle) terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Jurmal Keperawatan, 5(1).

Mulyani, N. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr. https://doi.org/10.24090/jimrf.v3i1.1013

Nayazik, A., Suwignyo, J., & Meidika, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Mengurutkan Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p160-171

Nurani, Y., & Mayangsri, T. (2017). Pengembangan Model Kegiatan Sentra Bermain dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 386–400. https://doi.org/10.21009/JPUD.112.15

Nurul, R. (2012). Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Alat Peraga Edukatif Puzzle (Studi Kasus di SPS Al-Bidayah Kec. Rongga) Rima Nurul Azmi SPS Al-Bidayah. EMPOWERMENT : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 86–91. https://doi.org/10.22460/empowerment.v1i2p86-91.619

Putri, N., Pudjawan, K., & Ujianti, P. R. (2016). Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Lotto Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha.

Reafani, S. L., Fatmawati, & Irdamurni. (2018). Media Puzzle Kartu Angka Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan bagi Anak Diskalkulia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, I(1), 13–18. https://doi.org/10.24036/jpkk.v1i1.

S Yusuf, N. S. (2001). Perkembangan peserta didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanaky Hujair, A. (2013). Paradigma Baru Pendidikan Islam-Sebuah Upaya Menuju Pendidikan Yang Memberdayakan. Jurnal Penelitian FIAI UII Yogjakarta.

Suhazli, A., Atthariq, A., & Anwar, A. (2017). Game Puzzle “Numbers in English”Berbasis Android Dengan Metode Fisher Yates Shuffle Sebagai Pengacak Potongan Gambar. Jurnal Infomedia. https://doi.org/10.30811/.v2i1.476

Sujiono, Y. N. (2013). Hakikat Pengembangan Kognitif. Metode Pengembangan Kognitif.

Suyanto, S. (2012). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2898

Ulifah, U., & Khotimah, N. (2014). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Kartu Angka Bergambar Pada Kelompok Bermain Putra Bangsa Kedunglengkong Dlanggu Kabupaten Mojokerto. PAUD Teratai, 3(3).

Ulya, H. (2015). Hubungan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(2). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.410

Yulianti, A., Dahriyanto, L. F., & Sugiariyanti, D. (2018). Efektivitas Pembelajaran Remedial dengan Media Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-5 pada Anak Tunagrahita. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 10(1), 72–78.

Yuniati, E. (2018). Puzzle mempengaruhi perkembangan motorik halus anak usia prasekolah Di TK At Taqwa Mekarsari Cimahi. Jurnal Kesehatan Poltekkes Ternate. https://doi.org/10.32763/juke.v11i1.85


Article Metrics

 Abstract Views : 95 times
 PDF Downloaded : 0 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.