
Author
Siti Chusnul Chotimah(1

Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Article Analytic |
Published : 2022-01-20
Copyright (c) 2022 Siti Chusnul Chotimah
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 619 times
PDF Downloaded: 281 times
Abstract
Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak harus dihindari agar perkembangan mereka tidak terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mitigasi resiko peggunaan gaget melalui pendampingan orang tua pada masa pandemic covid-19. Merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak rentang usia 4-6 tahun yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara. Data kualitatif yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mitigasi resiko penggunaan gadget pada anak pada masa pendemi covid-19 dapat diupayakan melalui pendampingan orang tua. Adapun strategi yang digunakan orang tua adalah pengelolaan waktu penggunaan gadget, penggunaan aplikasi google family link, mendampingi anak saat menggunakan gadget, mengaktifkan restricted mode, pemberian sanksi dan komunikasi interpersonal. Dengan menggunakan strategi tersebut terbukti mampu mengurangi resiko dan dampak buruk penggunaan gadget pada anak. Penelitian ini diharapkan mampu mengeksplorasi mitigasi resiko gadget melalui pendampingan orang tua pada masa pandemi Covid-19 sehingga penelitian ini mampu berkontribusi terhadap penelitian selanjutnya
Keywords
References
Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan orang tua pada anak usia dini dalam penggunaan teknologi digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education, 14(1), 65-78. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639
Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam pemanfaatan teknologi digital pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82-96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170
Astuti, I. Y., & Harun, H. (2020). Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1454-1463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808
Christina, R. E., Mingkid, E., & Londa, J. W. (2020). Peran komunikasi orang tua dalam mencegah kecanduan gadget pada anak usia dini di kelurahan karombasan utara. Acta Diurna Komunikasi, 2. https://doi.org/10.36709/jspaud.v2i1.5922
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330.
Faozi, K., Handayani, D., Supiyan, D., Hariansyah, O., & Winarti, W. (n.d.). Sosialisasi aplikasi google family link sebagai parenting control tool pada anak di RA/TK rizqi pamulang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 47-52.
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256
Karnawati, K., & Mardiharto, M. (2020). Sekolah Minggu Masa Pandemi Covid 19: Kendala, Solusi, Proyeksi. Didache: Journal of Christian Education, 1(1), 13. https://doi.org/10.46445/djce.v1i1.291
Kemendikbud. (2020). Pedoman pelaksanaan belajar dari rumah selama darurat bencana cOVID-19 di indonesia. Sekretariat Nasional SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana), 15, 1-16. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah
Lase, B., & Tafonao, T. (2021). Urgenitas pengawasan orang tua dalam mendampingi psikologi anak selama belajar daring di masa pandemi. 1(Juli), 15-27.
Maria, I., & Novianti, R. (2020). The effects of using gadgets during the covid-19 pandemic on children's behaviour. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 74-81. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i2.1966
Mubashiroh, M. (2013). Gadget, penggunaan dan dampak Pada anak-anak. Jurnal Ilmiah. http://jurnalilmiahtp2013.blogspot.com/2013/12/gadget-penggunaan-dan-dampak-pada-anak.html
Muyasaroh, Ladamay, O. M. M. A., Mahfud, C., Mustakim, & Sejati, Y. G. (2020). The utilization of gadget in maintaining prophetical values in millennial generation. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(4), 5602-5615. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I4/PR201655
Najwa, N. (2021). Pola asuh orangtua dalam mengantisipasi dampak penggunaan gadget di masa pandemi covid-19. Islamic Counseling : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(1), 79. https://doi.org/10.29240/jbk.v5i1.2466
Novitasari, N. (2019). Strategi pendampingan orang tua terhadap intensitas penggunaan gadget pada anak. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167-188. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.77
Nurhidayah, I., Gilang Ramadhan, J., Amira, I., & Lukman, M. (2019). Peran orangtua dalam pencegahan terhadap kejadian adiksi gadget pada anak: literatur review. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.
Nurjanah, Y. S., & Irma, C. N. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring AUD Pada Masa Pandemi Covid-19. 5(1), 91-98.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Olifia, S., & Nuraini, D. (2018). Komunikasi keluarga dalam mencegah dampak negatif penggunaan gadget. Komunikasi Keluarga Dalam Mencegah Dampak Negatif Penggunaan Gadget, 111-139.
Prasanti, D. (2016). Perubahan media komunikasi dalam pola komunikasi keluarga di era digital. Jurnal Commed, 1(1), 2527-8673.
Putri, A. S. I. (2021). Kemampuan Guru PAUD dalam Mengelola pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 23. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35508
Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2019). Urgensi profesionalisme guru pendidikan anak usia dini dalam penyelenggaraan perlindungan anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325
Roza, E., Kamayani, M., & Gunawan, P. (2018). Pelatihan memantau penggunaan gadget pada anak. Jurnal SOLMA, 7(2), 208. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1062
Saefulloh, A. (2018). Peran pendidik dalam penerapan internet sehat menurut islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 119. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i1.2709
Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2021). Digital parenting sebagai upaya mencegah kecanduan gadget pada anak usia dini saat pandemi covid-19. … Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562-1575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1781
Tasya, M. R., & Masitoh, S. (2020). Pendampingan orang tua kepada anak dalam mencegah dampak negatif dari gadget. … Dakwah Dan Komunikasi, 2(5), 229-235. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jrmdk/article/view/10556
Utama, F. P., Sari, J. P., & Bismantolo, P. (2021). Peningkatan kapasitas orang tua dalam mengawasi aktivitas anak menggunakan gawai berbasis android dengan google family link. Abdi Reksa, 2(1), 9-15. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/abdireksa/article/view/13333
Utama, F., & Hasti Hasmira, M. (2019). Bentuk pengawasan orang tua pada anak-anak pengguna smartphone. Culture & Society: Journal Of Anthropological Research, 1(1), 103-109. https://doi.org/10.24036/culture/vol1-iss1/20
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Warisyah, Y. (2015). "Pendampingan Dialogis" Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Proseding Seminar Nasional Pendidikan, 2016(November 2015), 130-138. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/semnasdik2015/article/download/212/213
Yannuansa, N., Kurniadi W, H., Mutrofin, A., Ramadhani, R., & Samudra, A. (2020). Pengurangan pengaruh negatif gadget pada remaja dan anak melalui workshop. ABIDUMASY Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 49-53. https://doi.org/10.33752/abidumasy.v1i1.656
Refbacks
- There are currently no refbacks.