Peningkatan Kemampuan Konsep Matematika Awal Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Papan Semat

Azizah Laily(1Mail), Fasli Jalal(2), Karnadi Karnadi(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 azizah laily

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.214

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-07-04
Published : 2019-07-14

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan konsep matematika awal pada aspek bilangan dan geometri  anak usia 4-5 tahun melalui media papan semat. Penelitian tindakan ini menggunakan prosedur kerja yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggard. Teknik analisis data adalah analisis data kualitatif  dan analisis data kuantitatif.Guru kelas sebagai kolaborator bersama peneliti melakukan kegiatan  dari proses perencanaan, tindakan, observasi hingga  proses evaluasi. Hasil penelitian  tidak  dapat mengeneralisasi pada setiap permasalahan.  Hasil Penelitian ini dapat menyumbangkan pemikiran untuk membantu menjawab permasalahan di PAUD Permata Ibu Ceria Jakarta Timur. Dari penelitian yang dilakukan ada peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan matematika awal pada anak usia 4-5 tahun . yaitu ada peningkatan dari pra siklus  yang hanya mencapai 26,67 meningkat menjadi 48,53 persen dan meningkat lagi pada siklus II  mencapai 72,53 % hingga dapat dinyatakan bahwa penggunaan papan semat dapat memberikan solusi untuk meningkatkan kemampuan konsep matemtika awal anak usia 4-5 di PAUD Permata Ibu Ceria

Keywords


anak usia dini; kemampuan matematika awal; permainan papan semat

References


Bailey, D. B. (2002). Are critical periods critical for early childhood education? The role of timing in early childhood pedagogy. Early Childhood Research Quarterly, 17(3), 281–294. https://doi.org/10.1016/S0885-2006(02)00165-5

Butterworth, B. (2011). Foundational Numerical Capacities and the Origins of Dyscalculia. Space, Time and Number in the Brain (Vol. 1). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-385948-8.00016-5

Chou, M. J. (2017). Board games play matters: A rethinking on children’s aesthetic experience and interpersonal understanding. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(6), 2405–2421. https://doi.org/10.12973/EURASIA.2017.01232A

Evans, J. (2013). Translating Board Games: Multimodality and Play, (20), 15–32.

Gersten, R., Jordan, N. C., & Flojo, J. R. (2014). Early Identification and Mathematics Difficulties, 38(4), 293–304.

Jordan, N. C., Glutting, J., & Watkins, M. W. (2010). Validating a Number Sense Screening Tool for Use in Kindergarten and First Grade : Prediction of Mathematics Proficiency in Third Grade, 39(2), 181–195.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–162.

Laski, E. V, & Siegler, R. S. (2014). Learning From Number Board Games : You Learn What You Encode, 50(3), 853–864. https://doi.org/10.1037/a0034321

Mostowfi, S., Mamaghani, N. K., & Khorramar, M. (2016). Designing playful learning by using educational board game for children in the age range of 7-12: (A case study: Recycling and waste separation education board game). International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5453–5476.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Arora, A. (2016). The TIMSS 2011 International Results in Mathematics. The TIMSS 2011 International Results in Mathematics, 17–183. https://doi.org/10.1002/yd.20038

Nursalam, N. (2016). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika: Studi Pada Siswa Sd/Mi Di Kota Makassar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 1–15. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a1

Ramani, G. B., & Siegler, R. S. (2008). Promoting Broad and Stable Improvements in Low-Income Children ’ s Numerical Knowledge Through Playing Number Board Games, 79(2), 375–394.

Rahmawati, Vijaya, E. S., Puslitjakdikbud, P. U., Development, P., Mathematics, C., & Pedagogy, M. (2015). International Science Achievement. 2016, 2015.

Treher, E. N. (2011). Learning with Board Games Tools for Learning and Retention Learning with Board Games. The Learning Key Inc., 1–12.

Tripp, D. (2005). Action research: a methodological introduction. Educação e Pesquisa, 31, 443–466. https://doi.org/10.1049/ip-sen:20020540

Ulfiani rahman. (2015). Pengaruh Kecemasan dan Kesulitan belajar Matematika terhadap Hasil belajar Matematika Pada Siswa Kelas X MA Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. Journal Matematika, 3, 85–102.

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24–32. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/852/778

Zagal, J. P., Rick, J., & Hsi, I. (2006). Collaborative games: Lessons learned from board games. Simulation and Gaming, 37(1), 24–40. https://doi.org/10.1177/1046878105282279


Article Metrics

 Abstract Views : 195 times
 PDF Downloaded : 67 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.