Abstract


Kompetensi berbicara anak usia dini pada masa new normal menuntut perhatian khusus para pendidik. Fondamen kecakapan berbicara anak usia dini merupakan wujud fenomena yang menarik untuk dikaji hingga terjawab persalahan-permasalahan yang urgent sebagai wujud tanggungjawab orang tua, guru, dan pemerintah. Studi ini memperlihatkan kemampuan berbicara TK Islam YLPI Marpoyan selama masa new normal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif guna menjelaskan persoalan-persoalan yang urgent terkait kompetensi berbicara pada anak usia dini pada masa new normal. Sumber data dokumen dan narasumber, dan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analasis penelititian dilakukan secara induktif, dilakukan reduksi data hingga ferivikasi, dan pembahasan hingga ditemukan hasil penelitian yang bermakna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; kompetensi berbicara anak usia dini masih dalam kategori rendah. Kurangnya komunikasi guru dan anak didik ketika pembelajaran online dan akibatnya anak diam ketika pembelajaran offline, kurang ceria, dan kurang optimis. Sehingga diperlukan usaha lebih dari pendidik untuk meningkatkan kompetensi berbicara anak usia dini dengan memperhatikan kebutuhan anak.


Keywords


analisis; kompetensi berbicara; new normal