Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini

Author


Lenny Nuraeni(1Mail), Andrisyah Andrisyah(2), Rita Nurunnisa(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, IKIP Siliwangi, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, IKIP Siliwangi, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, IKIP Siliwangi, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 432KB]

Published : 2019-09-13

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 15559 times PDF Downloaded: 5114 times

Abstract


Penelitian ini akan membahas tentang efektivitas program sekolah ramah anak dalam meningkatkan karakter anak usia dini. Tujuan Penelitian ini adalah analisis program sekolah ramah anak, peningkatan karakter anak setelah diterapkannya program sekolah ramah anak, analisis efektivitas sekolah ramah anak dalam meningkatkan karakter anak. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan penelitian ini adalah dapat memberikan kontribusi bagi beberapa pihak yang terkait. Penelitian ini menggunakan dua metode statistik untuk menganalisa data yaitu statistik deskriptif untuk mengukur nilai rata-rata simpangan baku serta statistik inferensial yaitu dalam bentuk analisis regresi dan analisis korelasi. Analisis regresi digunakan untuk mengungkapkan hubungan fungsional antara variabel-variabel penelitian, sedangkan analisis korelasi digunakan untuk mengukur derajat keeratan atau hubungan variabel penelitian. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, studi dokumentasi dan studi literatur. Hasil Uji Empiris menyatakan bahwa pengaruh yang dihasilkan oleh Program Sekolah Ramah Anak terhadap karakter anak usia dini bersifat positif. Hasil ini ditunjukan koefisien regresi yang positif. Hal ini memberikan arti bahwa perubahan atau kenaikan yang terjadi pada variabel Program Sekolah Ramah Anak dapat meningkatkan karakter Anak Usia Dini. Hubungan antara kedua variabel bersifat dependent dan signifikan. Artinya peningkatan karakter anak usia dini secara nyata dipengaruhi oleh adanya program Sekolah Ramah Anak.


Keywords


sekolah ramah anak; karakter anak usia dini

References


Achmadi, A. (2005). Ideologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Citra, A., Hapidin, D., & Akbar, Z. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. 3(1), 1829. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136

Depdiknas, R. I. (2003). Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Ebta, S. (2015). Kamus Besar Bahasa Indonesia. In KBBI Offline.

Efianingrum, A. (2009). Mengurai Akar Kekerasan (Bullying) di Sekolah. Jurnal Dinamika, 110.

Indonesia, P. R. (2002). Undang-Undang No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Jakarta: Sinar Grafika.

Isaac, S., & Michael, W. B. (1981). Handbook in research and evaluation: For education and the behavioral sciences. EdITS San Diego, CA.

Islamiah, F., Fridani, L., & Supena, A. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Konsep Pendidikan Hafidz Qur an pada Anak Usia Dini. 3(1), 3038. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.132

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT ( Beyond Centers and Circle Time ). 3(1), 110116. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106

Jazariyah, Jannah, R. R., & Sabiati, A. (2016). Parenting Insight to Shape An Anti-Aggressive Behaviour. Islamic Early Childhood Education, 1(1), 109120.

Juanda Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, U. N. M. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. 3(1), 3954. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126

Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178

Munastiwi, E. (2015). Implementasi pendekatan Santifik pada pndidikan Anak usia dini. Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 4350. https://doi.org/10.14421/jaa.2015.12.43-50

Mushonifah, L. (2016). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Bermain Plastisin Di RA Khoirul Ummah Leni. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(1), 110. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nauli, V. A., Karnadi, K., & Meilani, S. M. (2019). Peran Ibu Pedagang Pasar 24 Jam Terhadap Perkembangan Moral Anak (Penelitian Studi Kasus di Kota Bekasi). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.179

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Siswoyo, D. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Taja, N., Inten, D. N., & Hakim, A. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Qur ` An bagi Guru. 3(1), 6881. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.135

Tatminingsih, S., & Terbuka, U. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Alternative Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. 3(1), 183190. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130

Uray, I. (2015). Blingsatan Suatu Strategi dalam Peningkatan Kemampuan Guru Menulis PTK. Yogyakarta: PT. Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.