Analisis Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini melalui Permainan Montessori

Author


Elfi Rahmadhani(1Mail), Andika Hariyanto Surbakti(2),
Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Takengon, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Takengon, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 692KB]  Language: id
Published : 2022-07-17
Copyright (c) 2022 elfi - rahmadhani

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 329 times PDF Downloaded: 108 times

Abstract


Penelitian kualitatif deskriptif ini memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir logis AUD melalui permainan Montessori ditinjau dari gender, yang melibatkan 16 siswa TK dari 8 sekolah yang ada di Kabupaten Aceh Tengah. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara transkrip data, reduksi data, validasi atau triangulasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan berpikir logis dan simbolik siswa berada pada level Berkembang Sesuai Harapan. Pada indikator mengenal perbedaan berdasarkan ukuran “lebih dari”, “kurang dari” dan “paling/ter”, siswa laki-laki berada pada level Berkembang Sangat Baik dan siswa perempuan pada level Berkembang Sesuai Harapan. Pada indikator mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran (3 variasi), siswa laki-laki berada pada level Berkembang Sesuai Harapan dan siswa perempuan pada level Mulai Berkembang. Pada indikator mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya, serta mengenal pola ABCD-ABCD, baik siswa laki-laki maupun siswa perempuan berada pada level Berkembang Sesuai Harapan dan Mulai Berkembang

Keywords


berpikir logis; montessori; gender

References


Asrori, M. (2003), Perkembangan Peserta Didik. Wineka Media.

Budiman. (2014). Tahap Perkembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini. Bandung: Erlangga Medika

Damayanti, E. (2019). Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Pembelajaran Metode Montessori. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.333

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 1(1), 1-12.

Depdiknas, P. K.-B. (2007). Standar Isi Pendidikan Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Janah, R. (2016). Hubungan Antara Metode Permainan Edukatif Berupa Puzzle Geometri Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia (3-4 Tahun) di PAUD As Syifa Desa Winduaji 2016. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Karnita, A. (2021). Identifikasi Capaian Indikator Bidang Perkembangan Kognitif Anak Usia (5-6) Tahun Selama Belajar Dari Rumah di TK PGRI Tanjung Batu. Universitas Sriwijaya. https://repository.unsri.ac.id/56243

Kartini, K. (2021). Analisis Pembelajaran Online Anak Usia Dini Masa Pandemi COVID -19 Kota dan Perdalaman. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 809-818. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.880

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/571

Mardhiyatun, R. (2018). Pengembangan Berfikir Logis Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Islam Makarima Kartasura. IAIN Surakarta.

Meiliana, F. (2015). Penerapan Metode Montessori Untuk Perkembangan Spiritualitas Anak Usia Dini (Di TK IT Amanah Sidapurna-Dukuhturi-Tegal). 1-84. Universitas Islam Negeri Walisongo. http://eprints.walisongo.ac.id/5408/1/114411031.pdf

Menteri Pendidikan dan kebudayaan. (2020). Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7l9/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Murhamah. (2018). Penggunaan Media Balok Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Ibnu Sina Barabung Aceh Besar. UIN Ar-Raniry.

Permendikbud. (2014). Lampiran Kompetensi Dasar Kurikulum Paud 2013. 91-172. https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/dj_3489_16_lampiran02.pdf

Purnamasari, A., & Nurhayati, N. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 124-132. https://doi.org/10.24014/kjiece.v1i2.6657

Roostin, E. (2021). Analisis Kemampuan Konsep Bilangan Anak Usia 3-4 Tahun dengan Media Montessori Number Rods. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 801-808. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1093

Seviyanti, I. H., Hasyim, A., & Wetty, N. N. S. (2013). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Kegiatan Bermain di Taman Kanak-Kanak Kartika II-30 Punggur Lampung Tengah. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 1(6).

Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro'ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300

Sriningsih, N. N., Ardana, I. K., & Tirtayani, L. A. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Kelompok B PAUD Kumara Asri, Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 95-104. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15177

Sukreni, N. N. A., Sulastri, M., & Magta, M. (2014). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Balok Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).

Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385

Sulasmi. (2013). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Bermain Geometri Pada Anak Kelompok A Di TK Widya Bhakti Surabaya. PAUD Teratai, 2(1), 1-10.

Suprahbawati, N., & Komalasari, D. (2014). Peningkatan Kemampuan Konsep Bilangan dengan Menggunakan Metode Montessori Untuk Anak Usia 3-4 Tahun di PPT Ananda Tandes Surabaya. PAUD Teratai, 3(3), 1-6.

Wahyuni, S. S., Ali, M., & Halida. (2016). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Pohon Hitung Usia 4-5 Tahun di TK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(7).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.