Abstract


Covid-19 berdampak pada berbagai aspek kehidupan di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Dampak pandemi covid-19 terhadap pendidikan dirasakan pada semua tingkat pendidikan, termasuk pendidikan anak usia dini. Masa pandemi membuat anak mengalami penurunan dalam hal sikap, agama dan tingkah laku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan nilai agama dan moral anak usia dini selama masa pandemic covid-19. Metode penelitian menggunakan penelitian kepustakaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari berbagai macam literatur yang berhubungan dengan objek penelitian (buku, jurnal, artikel, website). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai agama dan moral anak usia dini selama masa pandemi dapat terlaksana dengan kolaborasi guru dan orang tua secara daring menggunakan classroom, whatsapp, youtube, goegle meet, dan zoom meeting. Beberapa metode yang digunakan diantaranya metode bercerita dan metode pembiasaan yang menjadikan penerapan nilai agama dan moral dapat berkembang dengan baik, serta keluarga berperan penting membentuk kepribadian dan penanaman nilai moral dan agama anak usia dini. Adanya kolaborasi dan metode yang baik untuk anak akan membuat perkembangan nilai agama dan moral anak berkembang sesuai dengan tahapan umur dan karakteristiknya.


Keywords


agama dan moral; anak usia dini; Covid-19