
Author
Ripa Natari(1), Dadan Suryana(2

Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)

Article Analytic |
Published : 2022-03-11
Copyright (c) 2022 Ripa Natari, Dadan Suryana
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 987 times
PDF Downloaded: 716 times
Abstract
Covid-19 berdampak pada berbagai aspek kehidupan di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Dampak pandemi covid-19 terhadap pendidikan dirasakan pada semua tingkat pendidikan, termasuk pendidikan anak usia dini. Masa pandemi membuat anak mengalami penurunan dalam hal sikap, agama dan tingkah laku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan nilai agama dan moral anak usia dini selama masa pandemic covid-19. Metode penelitian menggunakan penelitian kepustakaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari berbagai macam literatur yang berhubungan dengan objek penelitian (buku, jurnal, artikel, website). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai agama dan moral anak usia dini selama masa pandemi dapat terlaksana dengan kolaborasi guru dan orang tua secara daring menggunakan classroom, whatsapp, youtube, goegle meet, dan zoom meeting. Beberapa metode yang digunakan diantaranya metode bercerita dan metode pembiasaan yang menjadikan penerapan nilai agama dan moral dapat berkembang dengan baik, serta keluarga berperan penting membentuk kepribadian dan penanaman nilai moral dan agama anak usia dini. Adanya kolaborasi dan metode yang baik untuk anak akan membuat perkembangan nilai agama dan moral anak berkembang sesuai dengan tahapan umur dan karakteristiknya.
Keywords
References
Alawiyah, F. S., & Masruroh, L. (2020). Pengembangan Nilai Agama dan Moral Pada Masa Pandemi di TK Al-Hidayah Lumajang. Genius, 1(1), 43-60. https://doi.org/10.35719/gns.v1i1.15
Alvin, K. Z. (2020). Penerapan Aspek Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Pada Pembelajaran Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun Di Tk Muslimat Wonocolo Dalam Masa Pandemi Corona.
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19-31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Anggraini, W., & Syafril, S. (2018). Pengembangan Nilai-Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i2.3018
Aprida, S. N., & Suyadi, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Al-Qur'an Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2462-2471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1959
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Azwar, S. (2001). Metode Penelitian, Pustaka Pelajar. Yayasan Obor Indonesia.
Dewi, M. S. (2017). Proses pembiasaan dan peran orang terdekat anak sebagai upaya penanaman nilai agama dan moral pada anak usia dini. SELING : Jurnal Program Studi PGRA, 3(1), 84-98. https://doi.org/10.29062/seling.v3i1.201
Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483
Fitri, M., & Na'imah, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-15. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6500
Kemenkes. (2021). Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (Covid-19). Infeksi Emerging.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikukum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. In Kemendikbud Pendidikan Anak Usia Dini (pp. 1-68).
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2020). Surat Edaran Mendikbud RI Nomor 4 Tahun 2020.
Khairiyah, D. (2020). Penerapan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Moral dan Agama Anak Usia Dini. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 175-187. https://doi.org/10.24952/di.v7i2.2236
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739
Maratus Solekah, Lestariningrum, A., & Dwiyanti, L. (2021). Implementasi Pembelajaran Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia 4-5 Tahun selama Belajar dari Rumah. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 67-79. https://doi.org/10.33367/piaud.v1i1.1621
Mufarochah, S. (2020). Pentingnya Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini Dimasa Pandemi. AT-THUFULY: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 80-89.
Mukarromah, T. T., Hafidah, R., Nurjana, N. E., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550
Mumtazah, D., & Sutama, S. (2021). Program Home Visit: Penguatan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di Era New Normal. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(1), 37-46. https://doi.org/10.14421/jga.2021.61-04
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Nurjanah, S. (2018). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral (Sttpa Tercapai). Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 43-59. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.177
Nurmadiah, N. (2016). Peranan Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak-Anak. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 1(2), 8-25. https://doi.org/10.28944/afkar.v1i2.6
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Putra, M. W. P., & Kasmiarno, K. S. (2020). Pengaruh Covid-19 Terhadap Kehidupan Masyarakat Indonesia: Sektor Pendidikan, Ekonomi Dan Spiritual Keagamaan. POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan, 1(2), 144-159. https://doi.org/10.53491/porosonim.v1i2.41
Qadafi, M. (2019). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Aspek Moral Agama Anak Usia Dini (Studi Di Ra Tiara Chandra Yogyakarta). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3725
Safitri, N., Kuswanto, C. W., & Alamsyah, Y. A. (2019). Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 29-44. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.13312
Setiawan, A. (2021). Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keluarga. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1). https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1795
Setiawati, F. A. (2006). Pendidikan Moral Dan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini: Bukan Sekedar Rutinitas. Paradigma: Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 02, 41-48.
Suryana. D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak - Dadan Suryana - Google Buku. Kencana; Prenadamedia Group.
Suryana, D. (2017). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 67. https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4291
Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. In Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini (Vol. 1). UNP Press Padang.
Trimuliana, I., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2019). Perilaku Religius Anak Usia 5-6 Tahun pada PAUD Model Karakter. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 570. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.251
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
Zulkifli, Suryanti, D. S., & Nurhayati. (2017). Pembelajaran Terpadu Pendidikan Islam Anak Usia Dini, (Pekanbaru: Kreasi Edukasi,. Kreasi Edukasi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.