
Author
Arief Setiawan(1), Rony Sandra Yofa Zebua(2

Pendidikan Islam, Universitas Islam Bandung, Indonesia(1)
Pendidikan Islam, Universitas Islam Bandung, Indonesia(2)
Sains Manajemen, Institut Teknologi Bandung, Indonesia(3)

Published : 2021-11-06
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 933 times
PDF Downloaded: 761 times
Abstract
Pendidikan karakter membutuhkan metode dan pendekatan yang sinkron dengan potensi atau kepribadian anak didik. Perangkat kepribadian genetik STIFIn dapat membantu guru memahami potensi anak didik sehingga dapat dimanfaatkan untuk membantu membangun karakter siswa. Penelitian ini bertujuan mengkaji peranan STIFIn dalam pendidikan karakter dan mengidentifikasi bagaimana strategi dalam mengimplementasikannya. Penelitian dilakukan di di PAUD Lare Alit Bandung, dengan menggunakan teknik wawancara mendalam untuk mendapatkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa langkah strategi yang diperlukan dalam mengimplementasikan STIFIn. Tahapannya berupa persiapan guru terhadap pendekatan STIFIn dan mengidentifikasi kepribadian genetik peserta didik. Tahap kedua yaitu menentukan pendekatan dan metode yang tepat berdasarkan kepribadian genetik peserta didiknya, mengimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan evaluasi bekerjasama dengan orangtua di rumah. Penelitian ini menunjukkan implementasi STIFIn dapat membantu guru dalam mengidentifikasi potensi anak didik dan mengoptimalkannya.
Keywords
References
Agung, B., & Rustandi, D. (2017). Ini Gue Banget: Temukan Kekuatan Rahasiamu, Jadilah Apapun yang Kamu Mau. PT. Elex Media Komputindo.
Al-Qasimi, J. (2010). Buku Putih Ihya' Ulumuddin Imam Al-Ghazali. Darul Falah.
Alindra, A. L. (2018). Kajian Aksiologi Metode STIFIn dalam Pemetaan Mesin Kecerdasan Manusia. Jurnal Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(2), 64-73. https://doi.org/10.30599/jti.v10i2.206
Amri, M., & Rahman, U. (2020). Description Of Structural Officers Stifin Test Results Of UIN Alauddin Makassar. Lentera Pendidikan, 23(1), 1-8. https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n1i1
Asbari, M., Nurhayati, W., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh Parenting Style dan Personality Genetic Terhadap Pengembangan Karakter Anak di PAUD Islamic School. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 4(2), 148-163.
Assarroudi, A., Heshmati Nabavi, F., Armat, M. R., Ebadi, A., & Vaismoradi, M. (2018). Directed qualitative content analysis: the description and elaboration of its underpinning methods and data analysis process. Journal of Research in Nursing, 23(1), 42-55. https://doi.org/10.1177/1744987117741667
Baharun, H., & Adhimiy, S. (2019). STIFIn Method as Intelligence Machine in Enhancing Children's Intelligence Potential in Pesantren. TARBIYA, 6(2), 233-250. https://doi.org/10.15408/tjems.v6i2.9247
Bandura, A. (1999). Social Cognitive Theory: An Agentic Perspective. Asian Journal of Social Psychology, 2, 21-41. https://doi.org/10.1111/1467-839X.00024
Boyce, C., & Neale, P. (2006). CONDUCTING IN-DEPTH INTERVIEWS: A Guide for Designing and Conducting In-Depth Interviews for Evaluation Input. Pathfinder International. https://doi.org/10.1080/14616730210154225
Chen, I. J. (2011). The Behavioral Intention Of Preschool English Teachers In Participating In Early Childhood Education Training And Teaching Employment Services. International Journal of Arts & Sciences, 4(25), 169-181. https://www.proquest.com/docview/1314751872
Daradjat, Z. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.
Dewar, D. L., Lubans, D. R., Plotnikoff, R. C., & Morgan, P. J. (2012). Development and Evaluation of Social Cognitive Measures Related to Adolescent Dietary Behaviors. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 9(36), 1-10. https://doi.org/10.1186/1479-5868-9-36
Frye, M., Lee, A. R., LeGette, H., Mitchell, M., Turner, G., & Vincent, P. F. (2002). Character Education: Informational Handbook & Guide for Support and Implementation of the Student Citizen Act of 2001 (Character and Civic Education). NC Character Education, Dept of Public Instruction.
Helmawati. (2017). Pendidikan Karakter Sehari-hari. Remaja Rosdakarya.
Hiday, M. (2017). I Iknow You: Kenali Bahasa Cinta Orang Tercinta, Raih Keluarga Sukses Mulia. STIFIn Institute.
Jawas, Y. bin A. Q. (2019). Adab & Akhlak Penuntut Ilmu. Pustaka At-Taqwa.
Josephson, M. S., & Hanson, W. (2004). The Power of Character (2nd ed.). Unlimited Publishing LLC.
Kemdikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional
Lickona, T. (1991). Educating For Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.
Lickona, T., Schaps, E., & Lewis, C. (2007). CEP's Eleven Principles of Effective Character Education. Character Education Partnership. https://eric.ed.gov/?id=ED505086
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Anlaysis: A Method Sourcebook (3rd ed., Vol. 112). Sage Publications.
Mustoip, S., Japar, M., & Zulela, M. S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Jakad Media Publishing. https://doi.org/10.31227/osf.io/qft7g
Mutiah, D. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana Prenadamedia.
Oktaviany, V., & Halim, I. (2020). Penerapan Konsep Manajemen Berbasis Genetik pada Peningkatan Kinerja Sekolah Inklusi. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(2), 154-163. https://doi.org/10.37640/jip.v11i2.102
Ormrod, J. E., Anderman, E. M., & Anderman, L. (2017). Educational Psychology: Developing Learners (9th ed.). Pearson Education Limited.
Poniman, F. (2009). STIFIn Personality. Yayasan STIFIn.
Poniman, F., & Ariezta, M. (2019). Pancarona: Buku Pegangan Peserta WSL2. Yayasan STIFIn.
Poniman, F., & Hadiyat, Y. (2015). Manajemen HR STIFIn: Terobosan Untuk Mendongkrak Produktivitas. Gramedia Pustaka Utama.
Poniman, F., & Mangussara, R. A. (2013). Konsep Palugada: Apa Lu Mau Gua Ada. STIFIn Institute.
Powell, R. A., Honey, P. L., & Symbaluk, D. G. (2009). Introduction to Learning and Behavior. Wadsworth.
Santrock, J. W. (2011). Educational Phychology (5th ed.). McGraw-Hill.
Schunk, D. H., & DiBenedetto, M. K. (2020). Motivation and social cognitive theory. Contemporary Educational Psychology, 60(101832), 1-10. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101832
Sundari, A., Mahrudin, A., & Kholik, A. (2019). STIFIn Relationship with Profesionalism Teacher. Tadbir Muwahhid, 3(1), 1-13. https://doi.org/10.30997/jtm.v3i1.1793
Tafsir, A. (2018). Pendidikan Karakter Ajaran Tuhan. Remaja Rosadakarya.
Ubaidillah, K. (2018). Pembelajaran Sentra BAC (Bahan Alam Cair) untuk Mengembangkan Kreativitas Anak; Studi Kasus RA Ar-Rasyid. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 161-176. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-04
Zebua, R. S. Y. (2020). The Strategy to Build Educative Interaction in Islamic Education on Online Learning Setting. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 12(2), 185-202. https://doi.org/10.18326/mdr.v12i2.185-202
Zebua, R. S. Y. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Daring (Sebuah Model Konseptual). Tesis Tidak Diterbitkan. Bandung: Magister Pendidikan Islam Universitas Islam Bandung. https://doi.org/10.31237/osf.io/6gwhq
Zebua, R. S. Y., & Suhardini, A. D. (2021). Model Pembelajaran Pendidikan Karakter: Panduan Operasional untuk Pembelajaran Online dan dilengkapi Contoh Implementasi pada Mapel PAI & BP. Nas Media Pustaka. https://doi.org/10.6084/m9.figshare.14721405.v1
Zebua, R. S. Y., & Sunarti. (2020). The Strategy of Islamic Character Education with Role Model and Habituation Method on Online Learning. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 45-58. https://doi.org/10.31219/osf.io/r3gw7
Zuchdi, D., Kuntoro, S. A., Kunprasetya, Z., Marzuki, Isroah, Sukanti, Widayati, A., Takarina, S. B., Prambiastuti, S., Sunarto, W., Sulistiya, B., Mujiarto, J., Gahara, K. S. W., Nugroho, S., Sarjono, Prihatini, E., Sumiyati, Sunarta, Siasah, M., … Zamroni. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep Dasar Dan Implementasi di Perguruan Tinggi. UNY Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.