Peningkatan Kecerdasan Interpersonal melalui Kegiatan Menggambar pada Anak Usia Dini

Yolanda Pahrul(1Mail), Sofia Hartati(2), Sri Martini Meilani(3),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas negeri Jakarta, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas negeri Jakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 yolanda pahrul

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.186

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-04-13
Published : 2019-07-29

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar melalui kegiatan menggambar dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal. Penelitian ini dilakukan di TK Islam Nusantara, Kota Serang pada bulan Maret 2018. Subjek penelitian adalah kelompok B sebanyak 14 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan. Prosedur penelitian terdiri dari: perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Dilakukan untuk 16 pertemuan dibagi menjadi dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Pra tindakan dilakukan untuk menentukan persentase kecerdasan interpersonal sebesar 50,89%, meningkat menjadi 64,55% setelah siklus pertama, dan meningkat menjadi 85% setelah siklus kedua. Peningkatan 85% pada siklus kedua membuktikan bahwa kegiatan menggambar dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini. Kecerdasan interpersonal dapat dikembangkan melalui kegiatan menggambar, di mana melalui menggambar anak-anak dapat berinteraksi selain mengekspresikan emosi. Menggambar adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak

Keywords


kecerdasan interpersonal; kegiatan menggambar; penelitian tindakan

References


Azid, N. H., & Yaacob, A. (2016). Enriching Orphans’ Potentials through Interpersonal and Intrapersonal Intelligence Enrichment Activities. International Journal of Instruction, 9(1), 17–32. https://doi.org/10.12973/iji.2016.913a

Behjat, F. (2012). Interpersonal and intrapersonal intelligences: Do they really work in foreign-language learning? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 32(2010), 351–355. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.01.052

Crosser, S. (n.d.). artikel hubungan menggambar dengan interaksi sosial. Exlcelligence learning corporation.

Davido, R. (2012). Mengenal Anak Melalui Gambar. jakarta: salemba humanika.

Farokhi, M., & Hashemi, M. (2011). Social and The Ana lysis of Children ’ s Drawings : Social , Emotional , Physical , and Psychological aspects. 00, 2219–2224. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.10.433

Habeeb, K. T., & Fatema, M. (2016). Effect of intrapersonal and interpersonal awareness dimensions of emotional intelligence on stress management of adolescents. 2(10), 589–592.

Hopperstad, M. H. (2008). Relationships between children ’ s drawing and accompanying peer interaction in teacher-initiated drawing sessions. 16(2), 133–150. https://doi.org/10.1080/09669760802044844

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106

Jamaris, M. (2017). Pengukuran Kecerdasan Jamak. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mcintyre, L. L., Eckert, T. L., Fiese, B. H., Digennaro, F. D., & Wildenger, L. K. (2007). Transition to Kindergarten : Family Experiences and Involvement. 35(1). https://doi.org/10.1007/s10643-007-0175-6

Muis, A. (2013). Bunga Rampai Pendidikan Anak Usia Dini. jakarta: FIP Press.

Papandreou, M. (2014). Journal of Research in Childhood Communicating and Thinking Through Drawing Activity in Early Childhood. (December), 37–41. https://doi.org/10.1080/02568543.2013.851131

Robinson, C. D., & Diamond, K. E. (2014). A Quantitative Study of Head Start Children ’ s Strengths , Families ’ Perspectives , and Teachers ’ Ratings in the Transition to Kindergarten. 77–84. https://doi.org/10.1007/s10643-013-0587-4

Sonawat, R. and P. G. (2008). Multiple Intelligences for Preschool Children. mumbai: multi-tech publishing co.

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. jakarta: PT. Indeks.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogi.

Tai, F. (2014). Exploring Multiple Intelligences. 10(11), 11–21.


Article Metrics

 Abstract Views : 42 times
 PDF Downloaded : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.