Tipe Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Kepribadian Anak Usia Dini

Author


Dadan Suryana(1), Riri Sakti(2Mail),
Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 407KB]

Published : 2022-06-05

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1223 times PDF Downloaded: 699 times

Abstract


Berdasarkan observasi penulis pada peserta didik di TK Ar-Rasyid Kota Payakumbuh, tipe pola asuh orang tua mempengaruhi kepribadian anak. Terdapat tiga tipe pola asuh orang tua terhadap anak, yaitu demokratis, otoriter dan permisif. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tipe pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap kepribadian anak usia dini di TK Ar-Rasyid Kota Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah semua orang tua anak usia dini di TK Ar-Rasyid Kota Payakumbuh tahun ajaran 2021/2022. Sampel berjumlah 21 orang yang dipilih melalui teknik sampel bertujuan. Instrumen penelitian berupa angket yang disebarkan melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua selalu menggunakan pola asuh demokratis 61.43%, kadang-kadang menggunakan pola asuh otoriter 29.05%, dan tidak pernah menerapkan pola asuh permisif 39.05%. Implikasi tipe pola asuh orang tua yang dominan yaitu tipe demokratis membuat kepribadian anak berkembang menjadi mudah menyesuaikan diri.


Keywords


tipe pola asuh orang tua; kepribadian; anak usia dini

References


Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33-48.

Anisah. (2011). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(1), 70-84.

Aryani, R., & Fuziah, P. Y. (2021). Analisis Pola Asuh Orangtua dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca pada Anak Disleksia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1127-1137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.645

Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421

Chairilsyah, D. (2012). Pembentukan Kepribadian Positif. Educhild, 1(1), 1-7.

Ekasari, D., & Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 76-84. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.10

Harlistyarintica, Y., & Fauziah, P. Y. (2021). Pola Asuh Autoritatif dan Kebiasaan Makan Anak Prasekolah. 5(1), 869-878. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.617

Hasanah, N., & Sugito, S. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 913. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456

Imroatun, I., Widat, F., Fauziddin, M., Farida, S., & Maryam, S. (2021, February). Youtube as a Media For Strengthining Character Education in Early Childhood. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1779, No. 1, p. 012064). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012064

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Joni. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (3-5 Tahun) di PAUD Al-Hasanah Tahun 2014. Jurnal paud tambusai. 1(6), 42-48.

Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2021). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909-922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627

Kusumawardani, C. T., & Fauziah, P. (2021). Pola Asuh Orangtua Tentara Nasional Indonesia pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1024-1034. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.620

Nurmalina. (2016). Hubungan Penerapan Bahasa Indonesia dengan Pengembangan Kepribadian Peserta didik PAUD Kualu Ceria. Jurnal paud tambusai. Volume 2, Nomor 1: 73-78.

Primayana, K. H., & Dewi, P. Y. A. (2020). Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Intensitas Penggunaan Gawai pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 710. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.697

Sari, D. K., & Suprapti, A. (2018). No Title. 3(1), 1-6.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.

Sit, M., & Nasution, R. A. (2021). Model Alternatif Parenting Islami pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1111-1125. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1149

Sofiani, I. K., & Sumarni, T. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766-777. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300

Sukamto, R. N., & Fauziah, P. (2021). Identifikasi Pola Asuh Orangtua di Kota Pontianak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1), 923-930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.638

Sunarty, Kustiah. (2015). Pola Asuh Orangtua dan Kemandirian Anak. Makassar: Edukasi Mitra Grafika. https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3214

Suryana, D., & Mahyudin, N. (2020). Modul 1 Hakikat Anak Usia Dini.

Vega, A. De. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 433-439. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.227


Refbacks

  • There are currently no refbacks.