Abstract


Perilaku bullying merupakan salah satu permasalahan sosial yang sering terjadi. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk dapat memberikan sebuah gambaran secara faktual tentang prilaku-prilaku bullying yang dilakukan pada anak prasekolah. Menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak-anak di Raudhatul Athfal Al-Islam usia 5-6 tahun. Kemudian pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling, diperoleh partisipan sebanyak 10 anak,  5 partisipan mewakili korban bully dan 5 lainnya mewakili pelaku bullying. Kemudian teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi dan dikperkuat dengan wawancara. Berdasarkan data yang diperoleh dilakukan lah uji keabsahan dengan menggunakan triangulasi waktu untuk memperoleh data yang akurat dalam penelitian ini. Selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga jenis perilaku bullying yaitu perilaku bullying fisik, verbal, dan psikologis. Dari penelitian yang telah diteliti bahwa pelaku merupakan anak yang sama dan korban juga anak yang sama dan lemah.


Keywords


anak usia dini; perilaku bullying; taman kanak-kanak