Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Membuat Media Video Pembelajaran

Authors

  • Bahran Taib Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Khairun Ternate, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-1277-4201
  • Nurhamsa Mahmud Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Khairun Ternate, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1842

Keywords:

kompetensi, guru paud, video pembelajaran

Abstract

Salah satu dampak dari penyebaran Covid-19 bagi kebijakan pendidikan di Indonesia adalah diberlakukannya pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring. Sehiungga guru PAUD dituntut untuk memiliki kempetensi membuat media pembelajaran daring yang menyenangkan bagi siswa agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai, salah satunya adalah pembuatan video pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana kompetensi guru PAUD di Ternate Utara dalam membuat media video pembelajaran. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dari bulan Maret sampai Juni 2021. Subjek penelitian ini adalah 8 guru dan 4 kepala sekolah PAUD di Ternate Utara. Kompetensi guru dalam membuat media video pembelajaran masih rendah, guru  yang bisa membuat media video pembelajaran hanya 6 orang (28,58%) dari 21 guru, tetapi kualitas video pembelajaran  yang dihasilkan masih belum sempurna karena guru merekamnya melalui HP dan tanpa editing. Guru juga belum bisa mengunggah video pembelajaran yang telah jadi ke portal belajar atau situs web seperti Youtube.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Bahran Taib, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Khairun Ternate

Bahran Taib,S.Psi,.M.Si

Dosen Prodi PG-PAUD FKIP Universitas Khairun

Ternate-Malut

References

A'yun, Q., Prihartanti, N., & Chusniatun. (2015). Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeschooling). Jurnal Indigenous, 13(2), 33-40. https://doi.org/10.23917/indigenous.v13i2.2601

Amarulloh, G. K. (2021). 4 Standar Kompetensi Guru Berdasarkan Undang Undang Lengkap https://www.gurupendidikan.co.id/kompetensi-guru/

Arief, B. (2020). Manfaat Membuat Video Pembelajaran. https://perpustakaansman112.sch.id/2020/07/14/manfaat-membuat-video-pembelajaran/

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Chodijah, N. R. (2016). Analisis Swot Video Pembelajaran "Menjadi Guru Paud Inovatif" Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Di Tk Nabila Yayasan Medina Semarang. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25600

Dhida, T. T. (2021). The Effect of Animation Video Learning Media on Social Emotional Development of Early Children: A Literature Review. Early Childhood Educational and Development Journal, 3(1), 47-58.

Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1).
https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.458

Gusliati, P., Eliza, D., & Hartati, S. (2019). Analisis Video Pembelajaran Share Book Reading Menggunakan Cerita Rakyat Sabai Nan Aluih pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 320. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.176

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110.

Munir. (2013). Multimdia : Konsep dan Aplikasinya Dalam Pendidikan. Alpfabeta.

Pratiwi, H. (2020). Screen Time dalam Perilaku Pengasuhan Gererasi Alpha pada Masa Tanggap Darurat Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.544

Pudyastuti, A. T., & Budiningsih, C. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1667-1675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873

Ramadayanti, A. (2020). Membuat Video Pembelajaran Yang Menarik di Masa Pandemi Covid-19-BSI News. https://news.bsi.ac.id/membuat-video-pembelajaran-yang-menarik-di-masa-pandemi-covid-19/

Rohita, R. (2020). The Ability of Ece Teachers to Use ICT in The Industrial Revolution 4.0. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 502. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.339

Serenata. (2020). Tutorial Dasar Membuat Video Pembelajaran. Quipper. https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/tutorial-video-pembelajaran/

Shofiyah, N., Nisak Aulina, C., & Efendi, N. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Pembuatan Video Pembelajaran Sains Berbasis Smartphone. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 23-33. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.29

Supriyanto Elfa Wahyu; Safriyani, Rizka, C. W. (2021). Strategi Pembelajaran Daring Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. In Musamus Journal of Primary Education (Vol. 3, Issue Musamus Journal of Primary Education Vol 3 No 2 (April, 2021), pp. 145-156). https://ejournal.unmus.ac.id/index.php/primary/article/view/3227/1874

Suyanto, S. (2006). Pengenalan Sains Untuk Anak Tk Dengan Pendekatan "Open Inquiry." http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/PENGENALAN SAINS UNTUK ANAK TK(1).pdf

Downloads

Additional Files

Published

30-10-2021

How to Cite

Taib, B., & Mahmud, N. (2021). Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Membuat Media Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1799–1810. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1842

Issue

Section

Articles