- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Membuat Media Video Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1842Keywords:
kompetensi, guru paud, video pembelajaranAbstract
Salah satu dampak dari penyebaran Covid-19 bagi kebijakan pendidikan di Indonesia adalah diberlakukannya pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring. Sehiungga guru PAUD dituntut untuk memiliki kempetensi membuat media pembelajaran daring yang menyenangkan bagi siswa agar tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai, salah satunya adalah pembuatan video pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana kompetensi guru PAUD di Ternate Utara dalam membuat media video pembelajaran. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dari bulan Maret sampai Juni 2021. Subjek penelitian ini adalah 8 guru dan 4 kepala sekolah PAUD di Ternate Utara. Kompetensi guru dalam membuat media video pembelajaran masih rendah, guru yang bisa membuat media video pembelajaran hanya 6 orang (28,58%) dari 21 guru, tetapi kualitas video pembelajaran yang dihasilkan masih belum sempurna karena guru merekamnya melalui HP dan tanpa editing. Guru juga belum bisa mengunggah video pembelajaran yang telah jadi ke portal belajar atau situs web seperti Youtube.
Downloads
References
A'yun, Q., Prihartanti, N., & Chusniatun. (2015). Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeschooling). Jurnal Indigenous, 13(2), 33-40. https://doi.org/10.23917/indigenous.v13i2.2601
Amarulloh, G. K. (2021). 4 Standar Kompetensi Guru Berdasarkan Undang Undang Lengkap https://www.gurupendidikan.co.id/kompetensi-guru/
Arief, B. (2020). Manfaat Membuat Video Pembelajaran. https://perpustakaansman112.sch.id/2020/07/14/manfaat-membuat-video-pembelajaran/
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Chodijah, N. R. (2016). Analisis Swot Video Pembelajaran "Menjadi Guru Paud Inovatif" Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Di Tk Nabila Yayasan Medina Semarang. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25600
Dhida, T. T. (2021). The Effect of Animation Video Learning Media on Social Emotional Development of Early Children: A Literature Review. Early Childhood Educational and Development Journal, 3(1), 47-58.
Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1).
https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.458
Gusliati, P., Eliza, D., & Hartati, S. (2019). Analisis Video Pembelajaran Share Book Reading Menggunakan Cerita Rakyat Sabai Nan Aluih pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 320. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.176
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110.
Munir. (2013). Multimdia : Konsep dan Aplikasinya Dalam Pendidikan. Alpfabeta.
Pratiwi, H. (2020). Screen Time dalam Perilaku Pengasuhan Gererasi Alpha pada Masa Tanggap Darurat Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.544
Pudyastuti, A. T., & Budiningsih, C. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1667-1675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873
Ramadayanti, A. (2020). Membuat Video Pembelajaran Yang Menarik di Masa Pandemi Covid-19-BSI News. https://news.bsi.ac.id/membuat-video-pembelajaran-yang-menarik-di-masa-pandemi-covid-19/
Rohita, R. (2020). The Ability of Ece Teachers to Use ICT in The Industrial Revolution 4.0. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 502. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.339
Serenata. (2020). Tutorial Dasar Membuat Video Pembelajaran. Quipper. https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/tutorial-video-pembelajaran/
Shofiyah, N., Nisak Aulina, C., & Efendi, N. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Pembuatan Video Pembelajaran Sains Berbasis Smartphone. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 23-33. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.29
Supriyanto Elfa Wahyu; Safriyani, Rizka, C. W. (2021). Strategi Pembelajaran Daring Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. In Musamus Journal of Primary Education (Vol. 3, Issue Musamus Journal of Primary Education Vol 3 No 2 (April, 2021), pp. 145-156). https://ejournal.unmus.ac.id/index.php/primary/article/view/3227/1874
Suyanto, S. (2006). Pengenalan Sains Untuk Anak Tk Dengan Pendekatan "Open Inquiry." http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/PENGENALAN SAINS UNTUK ANAK TK(1).pdf