Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung

Elisa Malapata(1Mail), Lanny Wijayanigsih(2),
(1) Prodi PGPAUD Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia
(2) Prodi PGPAUD Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Elisa Malapata, Lanny Wijayanigsih

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-03-31
Published : 2019-04-12

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun melalui media lumbung hitung pada anak kelompok A2 di TK Sinar Nyata Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 13 anak Kelompok A2 TK Sinar Nyata Salatiga. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun melalui media “Lumbung Hitung”. Proses pembelajaran dengan menggunakan media Lumbung Hitung  dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui media Lumbung Hitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok A2 di TK Sinar Nyata.


Keywords


kemampuan berhitung; media lumbung hitung

References


Aprilianti, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membilang Angka 1 Sampai 20 Melalui Permainan Bendera Pintar Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 02(4), 22–33.

Cahyadi, F., & Hernita, M. I. (2018). Peningkatan Keaktifan Dan Kemampuan Berhitung Melalui Media Puzzle Pada Anak. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v5i1.1177

Erlina, E. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengurutkan Bilangan 1-10 Melalui Media Pohon Hitung Anak Kelompok B Di TK Baptis Setia Bakti Kota Kediri. PIJAR NUSANTARA, 3(2), 73. https://doi.org/10.29407/pn.v3i2.11867

Irawati, R. M. (2012). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Memancing Angka Di Taman Kanak- Kanak Sangrina Bunda Pasar Tiku. JURNAL ILMIAH PESONA PAUD, 1(3). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1658

Lubis, N. F. (2017). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Congklak Di Tk Aisyiyah 19 Medan. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 5(2), 107–117. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v5i2.4476

Mudita, komang eva, Suarni, ketut ni, & Tirtayani, luh ayu. (2017). Penerapan Media Puzzle Gambar Untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Kelompok B Di Paud Pradnya Paramita Singaraja. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 4(3).

Novianti, R. (2015). Pengembangan permainan roda putar untuk meningkatkan kemampuan berhitung angka anak usia 5-6 tahun. Jurnal Educhild, 4(1), 56–63.

Perpustakaan UGM, i-lib. (2000). Permainan “berhitung ceria” untuk meningkatkan kemampuan berhitung. Jurnal I-Lib UGM. Retrieved from http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=834

Reswita, R., & Wahyuni, S. (2018). Efektivitas Media Pasir dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aisyiyah Bengkalis. Lectura : Jurnal Pendidikan, 9(1), 43–51. https://doi.org/10.31849/lectura.v9i1.927

rifana jita ridyawati. (2015). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Melalui Media VCD Film Kartun. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 5 Tahun Ke-4 2015. Retrieved from journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/download/327/299yu

ROZI, N. (2007). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Permainan Berhitung Menggunakan Papan Telur Di Tk Aisyiyah 7 Duri. Journal of Experimental Psychology: General, 136(1), 23–42.

Sari, D., Putra, A., & Kristiantari, M. (2016). Penerapan Permainan Bola Gelinding (Boling) untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan pada Anak Kelompok A. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1–10.

Siregar, S. N., Solfitri, T., & Roza, Y. (2018). Pengenalan Konsep Operasi Hitung Bilangan Melalui Permainan Congklak Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 119–128. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.107

Sri Handayani. (2014). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Domino Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1–12. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=100825&val=1492

Wahyuni, S., Ali, M., & . H. (2016). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Pohon Hitung Usia 4-5 Tahun Di TK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(7). Retrieved from http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15828


Article Metrics

 Abstract Views : 293 times
 PDF Full Text Downloaded : 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.