Eksplorasi Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Jenjang PAUD di Masa Kebiasaan Baru

Author


Mujlauwidzatul Husna(1Mail), Sugito Sugito(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 585KB]

Published : 2021-11-06

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 2504 times PDF Downloaded: 1975 times

Abstract


Pandemi Covid-19 membuat cara belajar di sekolah berubah. Setelah sempat kurang lebih selama satu tahun pembelajaran dilakukan jarak jauh, saat ini terbit kebijakan dari empat Menteri untuk membuka sekolah dan melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan hingga pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di Pendidikan Anak Usia Dini. Subjek penelitian dipilih menggunakan Teknik pusposive sampling yaitu empat sekolah di Kota Malang yang telah menerapkan pembelajaran tatap muka terbatas namun memiliki karakteristik lingkungan dan jumlah siswa yang berbeda. Teknik pengumpulan data akan dilakukan melalui studi dokumentasi dan wawancara dengan pihak sekolah. Teknik analisis menggunakan teknik analisis domain. Hasil menggambarkan bahwa persiapan yang matang dan pelaksanaan yang tertib serta Kerjasama Lembaga PAUD dan orang tua dalam melaksanakan Pembelajaran tatap Muka Terbatas menjadikan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar.


Keywords


pembelajaran tatap muka terbatas; kebiasaan baru; PAUD.

References


Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Fikrotuna, 7(1), 855-866. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3169

Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2021). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Alam, M. S., & Agarwal, J. (2020). Adopting a Blended Learning Model in Education: Opportunities and Challenges. International Journal of Early Childhood Special Education, 12(2), 1-7. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V12I2.201050

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Clark, H., Coll-Seck, A. M., Banerjee, A., Peterson, S., Dalglish, S. L., Ameratunga, S., Balabanova, D., Bhutta, Z. A., Borrazzo, J., Claeson, M., Doherty, T., El-Jardali, F., George, A. S., Gichaga, A., Gram, L., Hipgrave, D. B., Kwamie, A., Meng, Q., Mercer, R., … Costello, A. (2020). After COVID-19, a future for the world's children? The Lancet, 396(10247), 298-300. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)31481-1

Dayal, H. C., & Tiko, L. (2020). When are we going to have the real school? A case study of early childhood education and care teachers' experiences surrounding education during the COVID-19 pandemic. Australasian Journal of Early Childhood, 45(4), 336-347. https://doi.org/10.1177/1836939120966085

Eames, K. T. D., Tilston, N. L., White, P. J., Adams, E., & Edmunds, W. J. (2010). The impact of illness and the impact of school closure on social contact patterns. Health Technology Assessment, 14(34), 267-312. https://doi.org/10.3310/hta14340-04

Fitri, M., & Abdul Latif, M. (2021). Adaptive Learning for Early Childhood Education during the COVID-19 Pandemic in Aceh Jaya District: Online vs. Offline. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 27-38. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2021.71-03

Kemdikbud RI. (2020). Panduan Pembelajaran Jarak Jauh. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 021, 28. https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/panduan-pembelajaran-jarak-jauh/

Mendikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Human Relations, 3(1), 1-8.

Meriana, T., & Tambunan, W. (2021). Evaluasi Persiapan Sekolah Tatap Muka Di Tkk Kanaan Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 1-12. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i1.3260

Misirli, O., & Ergulec, F. (2021). Emergency remote teaching during the COVID-19 pandemic: Parents experiences and perspectives. Education and Information Technologies, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10520-4

Munro, A. P. S., & Faust, S. N. (2021). Addendum to: Children are not COVID-19 super spreaders: Time to go back to school. Archives of Disease in Childhood, 106(2), 19-20. https://doi.org/10.1136/archdischild-2020-319908

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Pacheco, J. A. (2020). The "new normal" in education. Prospects, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09521-x

Putra, U. S. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan Bandung: PT. Refika Aditama.

Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the covid-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90-109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2021). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Shen, K., Yang, Y., Wang, T., Zhao, D., Jiang, Y., Jin, R., Zheng, Y., Xu, B., Xie, Z., Lin, L., Shang, Y., Lu, X., Shu, S., Bai, Y., Deng, J., Lu, M., Ye, L., Wang, X., Wang, Y., & Gao, L. (2020). Diagnosis, treatment, and prevention of 2019 novel coronavirus infection in children: experts' consensus statement. World Journal of Pediatrics, 16(3), 223-231. https://doi.org/10.1007/s12519-020-00343-7

Sparrow, R., Dartanto, T., & Hartwig, R. (2020). Indonesia Under the New Normal: Challenges and the Way Ahead. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 56(3), 269-299. https://doi.org/10.1080/00074918.2020.1854079

Spaull, N. (2020). COVID-19 and schooling in South Africa: Who should go back to school first? Prospects, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09470-5

Sugiyono, S. (2019). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Supriyanto, A., & Rozaq, dkk. (2021). Uji Coba Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Masa Normal Baru PAUD " Tunas Bangsa " Semarang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(3), 753-763.

Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80-90. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272

Viner, R. M., Russell, S. J., Croker, H., Packer, J., Ward, J., Stansfield, C., Mytton, O., Bonell, C., & Booy, R. (2020). School closure and management practices during coronavirus outbreaks including COVID-19: a rapid systematic review. The Lancet Child and Adolescent Health, 4(5), 397-404. https://doi.org/10.1016/S2352-4642(20)30095-X

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Zhang, J., Litvinova, M., Liang, Y., Wang, Y., Wang, W., Zhao, S., Wu, Q., Merler, S., Viboud, C., Vespignani, A., Ajelli, M., & Yu, H. (2020). Changes in contact patterns shape the dynamics of the COVID-19 outbreak in China. Science, 368(6498), 1481-1486. https://doi.org/10.1126/science.abb8001


Refbacks