Metode Relaksasi untuk Mengurangi Tingkat Stress pada Ibu dalam Mendampingi Anak di Era Pandemi

Author


Eva Gustiana(1Mail), Chitra Charisma Islami(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 303KB]

Published : 2021-12-30

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 681 times PDF Downloaded: 1491 times

Abstract


Perubahan  situasi  dan  kondisi covid saat ini yang mempengaruhi kondisi orang tua sehingga tidak sedikit yang mengalami stress. Dengan fenomena yang ada dilapangan  maka  dari  itu,  penelitian ini bertujuan untuk mengurangi tingkat stress pada ibu dalam mendampingi anak SFH (School From Home) di Era Pandemi ini. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan metode quasi experimental design, yaitu suatu penelitian yang memiliki bentuk menyerupai dengan eksperimen. Menggunakan teknik total sampling dengan jumlah responden 10 ibu dari siswa yang menemani SFH dengan mengisi isian kuesioner (Graziano & Morgenstern, 1989). Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group before-after, (pretest-postest design) dimana akan dilihat perbedaan hasil test peserta sebelum dan sesudah pelaksanaan variabel independent. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa metode relaksasi dapat menurunkan tingkat stress pada ibu ketika mendampingi anak SFH. Untuk peneliti selanjutnya bisa mengembangkan tenik relaksasi dalam menangani stress orangtua siswa bukan hanya di tingkat PAUD namun di tingkat sekolah dasar dan lanjutan.


Keywords


metode relaksasi; tingkat stress; sfh

References


Abbasi, S. H. et al. (2018) 'Ethnic Differences in the Risk Factors and Severity of Coronary Artery Disease: a Patient-Based Study in Iran', Journal of Racial and Ethnic Health Disparities. Journal of Racial and Ethnic Health Disparities, 5(3), pp. 623-631. https://doi.org/10.1007/s40615-017-0408-3

Arifa, F. N. (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat covid-19. Info Singkat: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 7(1), 13-18.

Azwar, Saifuddin, M, A. (2005). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Chairini, N. (2013). Faktor-faktor yang berhubungan dengan stres pengasuhan pada ibu dengan anak usia prasekolah di posyandu kemiri muka. Skripsi, 1-93. http://repository.uinjkt.ac.id

Champlin, J. P. (2006). Kamus Psikologi. Raja Grafindo Persada.

Council, N. S. (2004). Manajemen Stres. Manajemen Stres, 7.

Covid-, D. M. P. (2021). School From Home ( SFH ) : Perjuangan Para Orang Tua Siswa Usia Dini. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2), 7-16.

Davis, M, E. (1995). Panduan Relaksasi dan Reduksi Stres (Terjemahan),. In Psikologi Islam (Issue 1). Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Friedenberg, L. (1995). Psychological Testinf: Design, Analysis, and Use. Allyn & Bacon A Simon & Schuster Company.

GA, W. (1981). Experiental Learning and Change: Theory, Design and Practice. John Wiley & Sons.

Graziano, A. M., & Morgenstern, H. (1989). Research methods: a process of inquiry. Allyn & Bacon.

Henry, J. and Crawford, J. (2005) The Short-Form Version of the Depression Anxiety Stress Scales (DASS-21): Construct Validity and Normative Data in a Large Non-Clinical Sample. British Journal of Clinical Psychology, 44, 227-239.
https://doi.org/10.1348/014466505X29657

Huang, Y., & Zhao, N. (2020). Generalized anxiety disorder, depressive symptoms and sleep quality during COVID-19 outbreak in China: a web-based cross-sectional survey. Psychiatry Research, 288, 288. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112954

Kirkpatrick, Donald, L. (2006). Evaluating Training Program 2nd Edition. Berrete-Koehler Publisher.

McPheat. (2010). Emotional intelligence: MDT Training (1st Ed. Lo).

Miltenberger, R. (2012). Behavior Modification (Principles and Procedures). Wadsworth Cengange Learning.

Nasir, A. & A. M. (2011). Dasar-dasar Keperwatan jiwa. Salemba Medika.

Priharjo. (2003). Perawatan Nyeri. EGC.

Priharjo. (2018). Prosedur Teknik Relaksasi Nafas Dalam. Diakses Tanggal 20 November 2018. http://prosedurteknikrelaksasinafasdalam.go.id

Purwanto, E. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

R., L. (2016). Pengaruh Stres pada Kesehatan Jaringan Periodontal. Jurnal Skala Husada, 13(1), 81-89.

Sarafino, E.P., & Smith, T. W. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions (7th ed.). John Wiley & Sons. Inc.

Sari, A. D. K., & Subandi. (2015). Pelatihan Teknik Relaksasi untuk Menurunkan Kecemasan pada Primary Caregiver Penderita Kanker Payudara. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology, 1(3), 173-192.

Sugiyono. (2015). Statistik Nonparametris Untuk Penelitian. Book, 1-370.

T.V, S. (2017). Pengaruh Program Zumba Terhadap Penurunan Stres Mahasiswa. UPI.

Wight, A. R. (1970). Participative Education And the Inevitable Revolution. The Journal of Creative Behavior, 4(4), 234-282. https://doi.org/10.1002/j.2162-6057.1970.tb00864.x

Yunus, A.(2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.