Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Magic Puffer Ball

Author


Balandina Debeturu(1Mail), Elisabeth Lanny Wijayaningsih(2),
Program Studi PGPAUD Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia(1)
Program Studi PGPAUD Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 503KB]

Published : 2019-04-02

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 5453 times PDF Full Text Downloaded: 3588 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak di TKMarsudirini Sang Timur Salatigakelompok B2. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian di TK Marsudirini Sang Timur Salatiga kelompok B2 berjumlah 20 anak, 9 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kreativitas anak melalui penggunan media “magic puffer ball”, yaitu kreativitas pada pra siklus sebesar 22% dari 20 anak, peningkatan kreativitas pada siklus I pertemuan pertama sebesar 38% dai 20 anak, siklus I pertemuan ke dua sebesar 44% dan peningkatan kreativitas disiklus II pertemuan pertama sebesar 61% dari 20 anak, siklus II pertemuan kedua sebesar 75%. Adapun indikator yang digunakan yaitu mampu memperkaya dan mengembangkan suatu gagasan atau produk dan menambahkan atau memperinci detil-detil dari suatu objek, gagasan atau situasi sehingga lebih menarik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media “magic puffer ball” dapat meningkatkan kreativitas anak


Keywords


Kreativitas; Media; Magic Puffer Ball

References


Ardiyanto, A. (2017). Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jendela Olahraga. https://doi.org/10.26877/jo.v2i2.1700

Djuniartiningsih. (2012). Meningkatkan Kreativitas Anak K Lompok B Di Tk Merpati Pos Surabaya Universitas Negeri Surabaya. Jurnal UNESA.

Fakhriyani, D. V. (2018). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200

Fauziah, N. (2018). Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. JIV, 8(1), 2330. https://doi.org/10.21009/jiv.0801.4

Fauziddin, M. (2016). Penerapan Belajar Melalui Bermain Balok Unit untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Curricula, 1(3), 111. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22216/JCC.2016.v2i3.1277

Husna Handayani, P. (2018). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera. https://doi.org/10.24114/jkss.v15i2.8774

Istiqomah, D. (2017). Kreativitas dan Pengembangannya dalam Perspektif Teori Ernst Kris. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini.

Kartini, K., & Sujarwo, S. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 199. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2689

MAHNUN, N. (2012). pengertian media pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam.

Miranda, D. B. C. B. P. K. (2018). Akter Untuk Meningkatkan Kreativitas Aud. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 18. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25975

Munfarijah, S. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Kerja Dan Kreativitas Dalam Kepemimpinan Paud. Jurnal Kependidikan, 3(2), 163182. https://doi.org/10.24090/jk.v3i2.905

Nirwana, N., Widyaningsih, O., & Sapaile, N. (2019). Pelatihan Kreativitas Clay Bagi Guru Paud Kecamatan Tambora, Jakarta Pusat. Sarwahita, 15(01), 1321. https://doi.org/10.21009/sarwahita.151.02

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain.

Sari, L. P. P., Antara, P. A., & Ujianti, P. R. (2017). Pengaruh Strategi Permainan Imajinatif terhadap Kreativitas Anak Kelompok B Gugus III Kecamatan Buleleng. Journal Pendidikan Anak Usia Dini.

Yosep, W. (2014). Pembelajaran Musik Kreatif Pada Anak Usia Dini (The Learning of Creative Music in Early-childhood Children). Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 5(1), 190200. https://doi.org/10.15294/HARMONIA.V5I1.829


Refbacks

  • There are currently no refbacks.