Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun

Astien Liyana(1Mail), Mozes Kurniawan(2),
(1) Program Studi PGPAUD Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia
(2) Program Studi PGPAUD Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Astien Liyana, Mozes Kurniawan

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-03-22
Published : 2019-04-01

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media speaking pyramid sebagai media pembelajaran kosa kata bahasa Inggris pada anak usia dini 5-6 tahun di TK Kanisius Jimbaran. Penelitian ini termasuk jenis Research and Development. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media speaking pyramid yang berisi materi media pembelajaran kosa kata bahasa Inggris bagi anak. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa TK Kanisius Jimbaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara tidak terstruktur dan angket. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada uji validitas media speaking pyramid sebagai media pembelajaran kosa kata bahasa Inggris pada anak usia 5-6 tahun termasuk dalam kategori “sesuai” dengan sedikit perbaikan yang dilakukan dalam tahap revisi dan uji validitas media untuk materi termasuk dalam kategori “sangat sesuai” dengan sedikit perbaikan yang dilakukan dalam tahap revisi. Dengan demikian, media speaking pyramid sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Inggris dapat digunakan untuk tahap selanjudnya yaitu tahap uji coba produk.


Keywords


media development; instructional media, english vocabularies

References


Arifitama, B. (2017). Pengembangan Alat Peraga Pengenalan Tata Surya Bima Sakti Menggunakan Augmented Reality di PAUD. Sisfo, 05(04). https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2015.09.006

Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Media Pembelajaran, (1), 1–13. https://doi.org/media pembelajaran

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Edisi, 1(4), 104–117.

Karlina, D. N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Tk B Usia 5-6 Tahun Melalui Digital Storytelling Di Tk Apple Kids Salatiga Semester I Tahun Ajaran 2017/ 2018. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.21009//jpud.121.01

Khairani, A. I. (2016). Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Digilib.unimed.ac.id. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/448

Khotijah. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Anak Pada Anak Usia Dini. Elementary, 2, 35–44.

Krisnawan, G. N. A. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Untuk Anak Berbasis Android. Konferensi Nasional Sistem Dan Informatika (KNS&I), (86), 955–960.

Novianti, R. (2015). Pengembangan permainan roda putar untuk meningkatkan kemampuan berhitung angka anak usia 5-6 tahun. Jurnal Educhild, 4(1), 56–63.

Nugrahani, R. (2011). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1), 35–44. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/524

Sadiman. (2014). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Tadib. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/view/16

Sopya, I. V. (2018). Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Pada Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 1(1), 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v1i1.4236

Suparti, Nf., & Susanti, M. (2018). Pengembangan Model Media Audio Pembelajaran Bermuatan Permainan Tradisional Untuk Pendidikan Anak Usia DinI. Jurnal Kwangsan, 5(2), 101. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n2.p101--114

Widiarina, W. (2016). Animasi Interaktif Pengenalan Bagian Rumah Dalam Bahasa Inggris. Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 421 – INF.425. Retrieved from http://konferensi.nusamandiri.ac.id/prosiding/index.php/sniptek/article/view/381

Widya, W., Yuliana, T. I., & Sofiani, Y. (2019). Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris dengan Media Realia dan Flash Card. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 39. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2359

Zaman, B., Pd, M., Eliyawati, H. C., Pd, M., & Eliyawati, H. C. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022-Cucu_Eliyawati/Media_Pembelajaran_Anak_Usia_Dini-Ppg_Upi.Pdf


Article Metrics

 Abstract Views : 110 times
 PDF Full Text Downloaded : 141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.