Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah melalui Media Gambar

Author


Adolf Bastian Bastian(1Mail), Suharni Suharni(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Usia Dini, Universitas Lancang Kuning, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Usia Dini, Universitas Lancang Kuning, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 370KB]  Language: id
Published : 2021-09-09
Copyright (c) 2021 Adolf Bastian Bastian

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1031 times PDF Downloaded: 485 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak melalui media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas B PAUD Duta Raudha Center Riau, dengan jumlah subjek penelitian 19 anak. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak dapat ditingkatkan dengan menggunakan media gambar. Hasil pada siklus I diketahui terdapat peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah dibandingkan dengan sebelum tindakan. Pada siklus II diperoleh persentase lebih besar dan berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik, dimana telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. dengan demikian dapat dikatakan bahwa kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak kelas B PAUD Duta Raudha Center Riau dapat ditingkatkan melalui media gambar

Keywords


huruf hijaiyah; kemampuan mengenal huruf; media gambar

References


Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Gusmita, D. E. (2018). Penggunaan Media Gambar Berwarna Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna di PAUD WITRI 1 Kota Bengkulu. Instititut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Hasan Syahrizal, Sukarno, & Abdul Muntholib. (2021). Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Kartu Bergambar. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(01), 59-70. https://doi.org/10.46963/mash.v4i01.224

Inratyani, I. (2017). Meningkatkan Minat Baca Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun. … Seminar Nasional PG PAUD Untirta 2019, 97-104. http://semnaspgpaud.untirta.ac.id/index.php/semnas2017/article/view/13

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683

Makulua, K. (2015). Strategi Guru Dalam Meningkatkankreativitas Anak Usia Taman Kanak-Kanak. KENOSIS Jurnal Kajian Teologi, 1(1), 89-107. https://doi.org/10.37196/kenosis.v1i1.23

Nazarah, H. (2017). Meningkatkan Pengenalan Kosakata Bahasa Arab melalui Pemanfaatan Media Gambar pada Anak Kelompok B Di RA Al-Jannah Jakarta. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 113. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4651

Nuraeni, N. (2014). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(2), 143. https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i2.1069

Purwani, A., Fridani, L., & Fahrurrozi, F. (2019). Pengembangan Media Grafis untuk Meningkatkan Siaga Bencana Banjir. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 55. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.142

Rahiem, M. D. H., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 36. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519

Rini, R., Suyuti, S., & Imran, I. (2014). Menerapkan Media Gambar Berwarna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas III Sekolah Dasar Kecil Toraranga. Jurnal Kreatif Online, 3(4). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3065/2138

Sa'diyah, S., & Zuhdi, U. (2014). Pemanfaatan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Tema Diri Sendiri Siswa Kelas II SD Islam Plus Al-Azhar Mojokerto. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 3(2), 1-10.
https://doi.org/10.33578/jpfkip.v3i1.2108

Sari, N., Wahyuningsih, S., & Palupi, W. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Papan Flanel. Kumara Cendekia, 9(2), 76-84.

Sari, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Prosiding Seminar Nasional PG PAUD Untirta 2019, 205-210.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Disi Revisi VI, Vol.2(9), Hlm.172.

Suhati, C., R, M., & Lestari, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Media Gambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(9), 1-14.

Suhati, C., R, M., & Lestari, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Media Gambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(9).

Sumarni, S. (2019). Implementasi Braille Berbasis Media Card Huruf Hijaiyyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Tunanetra Siswa Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Makassar. Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 17-34.

Unicef. (2017). Anak-Anak di Indonesia: Analisis Kemiskinan, Mobilitas, dan Kekurangan Multidimensi. Unicef.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.