Penerapan Model Pembelajaran Area untuk Mendukung Kemampuan Kognitif Anak dalam Pembelajaran Daring

Author


Rohita Rohita(1Mail), Nurul Anisa(2), Syaidhatul Nur Fitriah(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 413KB]  Language: id
Published : 2022-07-27
Copyright (c) 2022 Rohita Rohita, Nurul Anisa, Syaidhatul Nur Fitriah

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 247 times PDF Downloaded: 82 times

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan tentang penerapan model pembelajaran area untuk mendukung kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran daring. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk mengolah data yang diperoleh. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria utama lembaga yang menggunakan model pembelajaran area. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pandemic, pendidik menerapkan model pembelajaran area dalam mendukung kemampuan kognitif anak yang mencakup kemampuan pemecahan masalah, berpikir logis, dan berpikir simbolik dengan membuka area Matematika sebagai satu dari 3 area yang disediakan, menggunakan pendekatan teacher centered learning, menggunakan strategi direct instruction, serta menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran. Namun selama daring, lembaga tidak dapat menerapkan prosedur model pembelajaran area yang memfasilitasi kebebasan anak untuk memilih dan melakukan kegiatan yang diminatinya.


Keywords


Pembelajaran Area; kemampuan kognitif; pembelajaran daring

References


Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2021). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334-345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Basri, H. (2018). Kemampuan kognitif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran ilmu sosial bagi siswa sekolah dasar. Penelitian dan Pendidikan, 18(1), 1-9. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054

Bay, D. N., & Hartman, D. K. (2015). Teachers Asking Questions in Preschool. Teachers Asking Questions in Preschool, 5(7), 60-76. http://www.ijhssnet.com/journals/Vol_5_No_7_1_July_2015/7.pdf

Fajriah, H., Fitriani, D., & Nurainun, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Area untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Hasbi, M., & Rakhmawati, E. T. (2020). Bermain Matematika Dengan Anak Di Rumah Yang Menyenangkan. (E. Pane, Ed.). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/images/upload/images/2020/12_buku_BDR/Bermain_Matematika_yang_menyenangkan_dengan_anak_dirumah.pdf

Jawati, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Ludo Geometri di PAUD Habibul Ummi II. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 250-263. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.1537

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2021). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676-685. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683

Mpho, O. (2018). Teacher centered dominated approaches : Their implications for today ' s inclusive classrooms. International Journal of Psychology and Counselling, 10(2), 11-21. https://doi.org/10.5897/IJPC2016.0393

Munasih, A., & Nurjaman, I. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Tanya Jawab Pada Anak Usia 4 - 5 Tahun. Ceria; Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1-15.

Nasir, N., Bagea, I., Herlina, B., & Safitri, A. (2021). Memaksimalkan Fitur " Breaking Rooms " Zoom Meeting pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 611-624. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.662

Nuraeni. (2014). Stretegi Pembelajaran Anak Usia Dini. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 2(2), 143-153.
https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i2.1069

Nurbani, A. N., & Sugiyanto, N. C. (2021). Powerpoint Sebagai Media Pembelajaran Daring untuk Keterampilan Menyimak Siswa Usia Dini. Kanigara, I(1), 62-72. https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i1.3159

Nurdin, & Anhusadar, L. O. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686-697. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Nurhasanah. (2020). Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 Pada Kelompok B5. Yaa Bunayya, 2(2), 58-67. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/yaabunayya/article/view/1318

Kebudayaan, K. P. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Salay, R. (2019). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa yang Mendapatkan Teacher Centered Learning (TC) dengan Student Centered Learning (SCL). INA-Rxiv Papers. https://doi.org/10.31227/osf.io/ybeux

Srianis, K., Suarni, N. K., & Ujianti, P. R. (2014). Penerapan Metode Bermain Puzzle Geometri untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak dalam Mengenal Bentuk, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. Alfabet.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar.

Winarti, S., Taib, B., Alhadad, B., & Achmad, F. (2021). Analisis Dampak Covid-19 dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Kelas B4 Di PAUD Telkom Ternate. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 3(1), 150-159. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.3140

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Yusuf, F., Susanti, A., Rumanda, Y., & Maryati, S. (2018). Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini. (E. Yulaelawati & K. Restuningsih, Ed.). Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diambil dari https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/upload/download-center/Buku Pedoman Pengelolaan Kelas_1554107095.pdf

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37-45.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.