Abstract


Program sekolah sepanjang hari (full day school) menjadi program pendidikan alternatif bagi anak usia dini dengan orang tua pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pola kolaborasi pembelajaran antara guru dan orang tua di TK Al- Fatih Kids Kota Jambi pada program sepanjang hari (full day school) selama masa darurat covid-19. Penelitian ini menggunakan kuallitatif deksriptif dengan pendekatan studi kasus (case study) dengan subjek penelitian adalah 7 orang tua siswa, 2 guru kelas, serta 3 guru pendamping di full day school. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kolaborasi pembelajaran antara guru dan orang tua pada program full day school yaitu terdiri dari komunikasi aktif antara guru dan orang tua melalui Whatsapp Group ataupun via chat pribadi,  kerja sama antara guru dan orang tua berupa pendampingan belajar anak dari rumah, menyediakan bahan yang diperlukan anak, memfasilitasi tempat belajar dirumah, dan keterlibatan orang tua pada keberlangsungan aktivitas pembelajaran yang diadakan oleh sekolah dan rutin mengirimkan laporan belajar ketika anak di rumah.


Keywords


pola kolaborasi guru-orang tua; full day school; pandemi covid-19