Metode Collective Painting untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa PIAUD

Author


Rista Sundari(1Mail),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 694KB]  Language: id
Published : 2022-07-08
Copyright (c) 2022 Rista Sundari

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 190 times PDF Downloaded: 34 times

Abstract


Kesulitan menentukan ide berkarya (kreativitas dalam menggambar) harus disiasati oleh pendidik. Tujuan dari artikel ini adalah untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam menggambar dekoratif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif yang akan dipaparkan secara deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan anak usia dini semester dua mata kuliah dasar-dasar menggambar. Penelitian ini difokuskan pada kegiatan menggambar dekoratif dengan metode collective painting. Proses berkarya dengan metode collective painting menuntut mahasiswa untuk kerja sama, melatih kekompakan, saling menuangkan ide yang memacu kreativitas, waktu pengerjaan lebih capat, karya yang dihasilkan memiiliki ukuran yang lebih besar dan munumental. Penelitian yang dilaksanakan penulis menjadikan mahasiswa mengalami peningkatan semangat untuk berkarya dengan hasil yang optimal.


Keywords


collective painting; dekoratif; kreativitas, piaud

References


Asmawati, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 145-164. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.10

Astriani, M. M., & Alfahnum, M. A. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 366. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i4.8151

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

E, M., & Sudaryu, W. (1992). Pendidikan Kesenian Seni Rupa. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1).
https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.458

Hariyani, T. I., Fajrie, N., & Roysa, M. (2021). Kreativitas Seni Melalui Metode Collective Painting. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2). https://doi.org/10.24176/jpi.v1i2.6237

Kartika, D. S. (2004). Seni rupa modern. Rekayasa Sains.

Misiyanti, N. W., Parmiti, D. P., & Wirya, I. N. (2018). Penerapan metode demonstrasi berbantuan media konkret melalui kegiatan kolase untuk meninkatkan perkembangan motorik halus. E-Journal PG-PAUD, 2(1), 1-11.
https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15716

Muharar, S., & Verayanti R, S. (2012). Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana. Erlangga.

Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1164-1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619

Nirwana, E. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Android untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1811-1818. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1684

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Prawira, N. G. (2017). eni Rupa dan Kriya Buku Ajar bagi Mahasiswa PGTK, PGSD, Guru PAUD dan SD. PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Putri, N. W. S., Suryati, N. K., Kartini, K. S., & Evi Dwi Krisna. (2020). Peningkatan Softskill Ict Guru Melalui Pelatihan Penggunaan Microsoft Office Dan Sosial Media. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 6–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i4.2081

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulastri, Y. L., Rahma, A., & Hakim, L. L. (2017). IbM Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Ramah Anak Bagi Guru Paud di Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 84. https://doi.org/10.30999/jpkm.v7i2.177

Sundari, R. (2020). Analisis Estetik Seni Lukis Kolase Landscape Karya Budi Irawan. Irama: Jurnal Seni Desain Dan Pembelajarannya, 2(1), 13-22.

Sundari, R., & Zahro, F. (2021). Peningkatan Kreativitas Melalui Pelatihan Finger Painting Bagi Guru PAUD. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 73-90. https://doi.org/10.21580/joecce.v1i1.6610

Sundari, R., Karyono, T., & Soeteja, Z. (2020). Pengembangan Buku Pengayaan Bermuatan Lokal Bagi Mahasiswa PGSD. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 31-43. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.3334

Susanto, M. (2011). Diksi Rupa. Dicti Art Lab.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.