Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital

Author


Ahmad Muslih Atmojo(1Mail), Rahma Lailatus Sakina(2), Wantini Wantini(3),
Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia(1)
Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang, Indonesia(2)
Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 251KB]

Published : 2021-11-24

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 3578 times PDF Downloaded: 3416 times

Abstract


Orang tua saat ini dihadapkan dengan berbagai problematika yang terjadi dalam mendidik anak di tengah perkembangan digital yang begitu pesat. Sontak, hal ini menimbulkan berbagai kekhawatiran terhadap tumbuh kembang anak. Artikel ini bertujuan untuk mengupas problematika yang terjadi dalam proses mendidik anak di era digital seperti sekarang ini. Seluruh persoalan mendidik anak seharusnya diatasi dengan pola dan pendekatan yang tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan research synteshis dalam menggali teori yang relevan terkait issue yang dibahas. Analisis secara kualitatif menjadi tombak penelitian untuk memantapkan akurasi data yang dikumpulkan. Di  era ini, banyak anak-anak yang memiliki perilaku ketergantungan terhadap perangkat digital yang cukup riskan terhadap sisi negatif. Oleh karena itu, pentingnya mengendalikan digital era yang dipegang oleh anak-anak untuk memfokuskan bidang pendidikan perlu dilakukan supaya motivasi dapat terbentuk dan tujuan pendidikan juga bisa tercapai dengan baik dengan sinergisitas antara stakeholder lembaga pendidikan (sekolah) dengan yang lainnya (tri logi pendidikan).


Keywords


permasalahan pola asuh; mendidik anak; era digital

References


Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education, 14(1), 65-78. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639

Amalia Safitri, Y., Baedowi, S., & Sari Setianingsih, E. (2020). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 508-514.

Andri, R. M. (2017). Peran dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains.

Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital. Fikrotuna, 7(1), 789-802. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184

Anisah. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(1), 70-84.

APJII. (2020). Survei Pengguna Internet APJII 2019-Q2 2020: Ada Kenaikan 25,5 Juta Pengguna Internet Baru di RI. In Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (Vol. 74, p. 1). https://apjii.or.id/content/read/104/503/BULETIN-APJII-EDISI-74---November-2020

Aromataris, E., & Pearson, A. (2014). The Systematic Review : An Overview. AJN, 114(3), 53-58. https://doi.org/10.1097/01.NAJ.0000444496.24228.2c

Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269

Baharun, H., & Finori, F. D. (2019). Smart Techno Parenting: Alternatif Pendidikan Anak Pada Era Teknologi Digital. Jurnal Tatsqif, 17(1), 52-69. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.625

Bakti, A. F., & Meidasari, V. E. (2014). Trendsetter Komunikasi di Era Digital: Tantangan dan Peluang Pendidikan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurnal Komunikasi Islam, 04(01), 21-44.

Barni, M. (2019). Tantangan Pendidik Di Era Millennial. Jurnal Transformatif, 3(1), 99-116.
https://doi.org/10.23971/tf.v3i1.1251

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan.

Dunham, S. M., Dermer, S. B., & Carlson, J. (2012). Poisonous parenting: Toxic relationships between parents and their adult children. In Poisonous Parenting: Toxic Relationships Between Parents and their Adult Children. https://doi.org/10.4324/9780203852422

El Fiah, R., & Hizri, M. (2020). Mendidik Anak dalam Keluarga Era Modern Perspektif Ibnu Ihsan Baihaqi. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5459

Frahasini, Astuti, T. M. P., & Atmaja, H. T. (2018). The Impact of The Use of Gadgets in School of School Age Towards Children's Social Behavior in Semata Village Article Info. Journal of Educational Social Studies, 7(2), 161-168. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/26842

Hardiyanto, A. R. (2020). Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Era Digital Di Man Kota Batu. Repository.Unisma.Ac.Id.

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368

Ikawati, H. D. (2021). Pemanfaatan Tik Sebagai Strategi Mengatasi Tantangan Pendidikan Di Era Digital (Critical Review Artikel "Research-Informed Strategies to Address Educational Challenges in a Digitally Networked World"). Journal Scientific of Mandalika (JSM), 2(3), 95-100.

Ivana, I., Murniati, M., & Ayu Trisno Putri, N. R. I. (2021). The Relationship Between Gadget Usage and Adolescent Sleep Quality. Journal of Public Health for Tropical and Coastal Region, 4(1), 23-27. https://doi.org/10.14710/jphtcr.v4i1.10776

Karki, K., Singh, D. R., Maharjan, D., Sushmita, K. C., Shrestha, S., & Thapa, D. K. (2021). Internet addiction and sleep quality among adolescents in a peri-urban setting in Nepal: A cross-sectional school-based survey. PLoS ONE, 16(2 February), 1-10. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0246940

Kerres, M., & Bedenlier, S. (2020). Systematic Reviews in Educational Research. In Systematic Reviews in Educational Research. https://doi.org/10.1007/978-3-658-27602-7

Khusni, M. F. (2018). Fase Perkembangan Anak Dan Pola Pembinaannya Dalam Perspektif Islam. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.361-382

Lipsey, M. W., & Wilson, D. B. (2001). Practical meta-analysis. In Applied Social Research Methods Series. SAGE Publications, Inc.

Marpuah, S., Zahari, W. A. M. W., Kirin, A., Mahmudah, U., & Normawati, S. (2021). The Implications of Modern Technology (Gadjet) For Students Learning Development in University. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(2), 588-593. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i2.912

Marryono Jamun, Y. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52.

Nahriyah, S. (2017). Tumbuh kembang anak di era digital. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 65-74. https://doi.org/10.14421/jga.2016.11-06

Nurulloh, E. S. (2019). Pendidikan Islam dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2). https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.366

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439

Rahmat, S. T. (2018). Pola Asuh yang Efektif dalam Mendidik Anak di Era Digital. Journal Education and Culture Missio, 10(2), 143. https://repasitory.stikipsantupaulus.ac.id/122/1/Artikel-jurnal-missio

Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Penggunaan Gawai, Interaksi Ibu-Anak, Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah. Jur. Ilm. Kel. & Kons., 13(1), 75-86.

Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28-37.

Rofiq, A., & Nihayah, I. (2018). Komunikasi Sebagai Modal Utama Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian Anak. OSF Preprints, 1-15.
https://doi.org/10.31219/osf.io/2cxyt

Sobon, K., Mangundap, J. M., & Walewangko, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Mapanget Kota Manado. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 97-106. https://doi.org/10.36379/autentik.v3i2.38

Soemartono, H. K. (2018). Survei APJII: Penetrasi Internet di Indonesia Capai 143 Juta Jiwa. In Buletin Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia: Vol. Edisi-22 2 (p. 3).

Sundus, M. (2017). The Impact of using Gadgets on Children. Journal of Depression and Anxiety, 07(01), 1-3. https://doi.org/10.4172/2167-1044.1000296

Syamsuar, & Reflianto. (2019). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Tamara, R. M. (2016). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Kabupaten Cianjur. Jurnal Pendidikan Geografi, 16(1), 44-55.
https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3467

Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 197. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.880

Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823-831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710

Umami, I. U. F. (2019). Psikologi Remaja (Issue December). Idea Press. https://doi.org/10.5430/mos.v5n4p26

Utomo, C. B., & Budi, T. (2015). Pengguna Gadget Di Sma N 1 Semarang. Journal of Educational Social Studies, 4(1), 1-5. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357

Yuliawan, A. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Latar Belakang Pendidikan Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Profesi (Profesional Islam) : Media Publikasi Penelitian, 14(1), 15. https://doi.org/10.26576/profesi.132


Refbacks

  • There are currently no refbacks.