Pengembangan Video Pembelajaran Berbagai Bentuk Geometri untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas

Author


Yanuarsi Yanuarsi(1Mail), Farida Mayar(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 393KB]  Language: id
Published : 2022-03-11
Copyright (c) 2022 Yanuarsi Yanuarsi, Farida Mayar

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 453 times PDF Downloaded: 204 times

Abstract


Pembelajaran yang ideal yaitu pembelajaran yang mengembangkan pola pikir kreatif anak. Namun kenyataannya, proses pembelajaran untuk mengembangkan kreativitas belum terlaksana kreatif. Hal tersebut mengakibatkan anak ragu dan sering meniru dalam menciptakan karyanya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Pengembangan Video Pembelajaran Kreativitas Berbagai Bentuk Geometri Anak yang Valid, Prakis dan Efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan analysis, desain, development, implementation dan evaluation (ADDIE). Hasil uji yang dilakukan ialah uji validitas, praktikalitas dan efektivitas terhadap Video Pembelajaran Kreativitas Berbagai Bentuk Geometri Anak. Hasil uji validitas Video Pembelajaran Kreativitas Berbagai Bentuk Geometri Anak pada kategori sangat valid dengan hasil rata-rata skor  sebesar 0,81. Hasil uji praktikalitas melalui angket respon Guru untuk Video Pembelajaran Kreativitas Berbagai Bentuk Geometri Anak pada kategori sangat praktis dengan hasil rata-rata skor  sebesar 88%. Selanjutnya hasil uji efektifitas pada Media Kartu Geometri pada kategori sangat efektif dengan hasil rata-rata skor  sebesar 87%.


Keywords


video pembelajaran; berbagai bentuk geometri; kreativitas; anak usia dini

References


Adinda, W. N., Wahyuni, S. and S, K. M. (2020) 'Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini di Annur I Sleman Yogyakarta', Jurnal Raudah, 8(1), pp. 92-104.

Ananda, R. and Fadhilaturrahmi, F. (2018) 'Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB', Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), pp. 20-26. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.3

Anggia, A. R. and Nopriansyah, U. (2018) 'Mengembangkan Kreativitas Anak melalui Permainan Warna dengan Media Benang pada Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Perwanida I Bandar Lampung', Jurnal Al-Athfaal, 1(2), pp. 1-20. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i2.3789

Apriyansyah, C. (2018) 'Peningkatan Kecerdasan Naturalis melalui Penggunaan Media Realia', Jurnal audi, 3(1), pp. 13-69. https://doi.org/10.33061/ad.v3i1.2069

Ariyanti, T. (2016) 'Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance of Childhood Education for Child Development', Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Aulina, C. N. (2018) 'Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini', Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1

Branch, R. M. (2009) Instructional Design: The ADDIE Approach. USE: Department of Educational Psychology and Instructional Technology University Of Georgia.
https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Haibah, Q. and Kristanto, M. (2017) 'Pengaruh Bermain Play Dough terhadap Kreativitas Membentuk Geometri Anak pada Kelompok B di RA As-Syuhada Pedurungan Semarang Tahun Ajaran 2016/2017', PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), pp. 35-45. https://doi.org/10.26877/paudia.v6i1.1864

Hardianti, S. Y., Sugito, S. and Misgiya, M. (2019) 'Analisis Kreativitas Gambar Anak dalam Mewarnai Bergradasi dengan Menggunakan Oil Patel di Sanggar Lukis Qalam Jihad Pematangsiantar', Gorga Jurnal Seni Rupa, 8(2), pp. 337-343. https://doi.org/10.24114/gr.v8i2.15086

Haryono, M. and Harlina, Y. (2020) 'Meningkatkan Kreativitas Menggambar Menggunakan Media Finger Painting Pada Anak Kelompok B PAUD Gentaralia Desa Jambat Akar Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma', Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), pp. 21-30. https://doi.org/10.51276/edu.v1i3.55

Hasanah, L. and Agung, S. (2020) 'Kemampuan Pengenalan Geometri Melalui Kegiatan Bermain Balok Anak Usia 5-6 Tahun', Jurnal Paud Agapedia, 2(2), pp. 115-124. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i2.24538

Hrp, T. A. N., Mesiono, M. and Lubis, Z. (2018) 'Pengaruh Kegiatan Bermain Konstruktif terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Kelompok B di RA Sabila Amanda', Raudhah, 6(1), pp. 1-26.

Islamiah, F., Fridani, L. and Supena, A. (2019) 'Konsep Pendidikan Hafidz Qur'an pada Anak Usia Dini', Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), p. 30. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.132

Jelatu, S., Lim, M. and Ngoe, M. Y. (2019) 'Pengenalan Bentuk Geometri bagi Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar Kelas Rendah Melalui Origami', Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), pp. 195-202. https://doi.org/10.30653/002.201942.134

Khairi, H. (2018) 'Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun', Jurnal Warna, 2(2), pp. 15-28. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87

Koesmadi, D. P. (2018) 'Pengaruh Constructive Play Terhadap Kemampuan Pengenalan Geometri dan Klasifikasi Pada Anak', Jurnal Pelita PAUD, 2(2), pp. 1-16.
https://doi.org/10.37471/jpm.v3i3.33

Kolta, E. N., Sholeh, A. and Wijayanti, R. (2019) 'Pengembangan Media Shapes untuk Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok B', Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), pp. 60-65. https://doi.org/10.21067/jip.v9i1.3047

Kurniawati, T., Setyosari, P. and Kuswandi, D. (2019) 'Strategi Pembelajaran Nilai Karakter Mandiri Berbantuan Video Animasi untuk PAUD', Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran:Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2). https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p030

Kusuma, T. C. and Rahman, Y. (2019) 'Peningkatan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Menggambar dengan Bentuk Geometri di TKIT Adzkia V Kota Padang', Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 6(1). https://doi.org/10.36706/jtk.v6i1.8354

Laila, R. A. and Nurhayati, N. (2019) 'Meningkatkan Kreativitas Seni Melalui Permainan Bak Pasir untuk Anak Kelompok A di RA Al-Ishlah Kalopar Malang', Juraliansi: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 1(1), pp. 28-38. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i1.350

Madyawati, L. (2017) Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Kencana:Jakarta.

Marlina, L. (2020) 'Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Kertas Krep', Jurnal Amal Pendidikan, 1(1), pp. 16-30. https://doi.org/10.36709/japend.v1i1.11432

Marliza, R. and Eliza, D. (2019) 'Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Kegiatan Belajar Tanaman Di Taman Kanak-Kanak Aba Air Bangis', JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(1), pp. 59-63. https://doi.org/10.29210/3003279000

Marwiyati, S. and Istiningsih, I. (2021) 'Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak', Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), p. 135. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508

Musdalifah, M., Anas, M. and Sadaruddin, S. (2020) 'Peningkatan Kreativitas Anak melalui Metode Discovery pada Pembelajaran Sains di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Mario', Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), pp. 42-52.
https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14438

NO.20, 2003 UU RI (2003) 'Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional', Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, p. 6.

Nurhafizah, N. (2017) 'Strategi Pengembangan Kemampuan Sains Anak Taman Kanak-Kanak Di Koto Tangah Padang', PEDAGOGI Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3).

Prehatiningsih, A., Palupi, W. and Syamsuddin, M. M. (2018) 'Pengaruh Permainan Musikal terhadap Kreativitas Musik Anak Usia 5-6 Tahun', Kumara Cendekia, 6(4), pp. 1-8. doi: 10.20961/kc.v6i4.35359.

Putri, T. U., Israwati and Hijriati (2019) 'Perkembangan Kecerdasan Interpersonal Anak melalui Metode Main Peran di PAUD Nurul Iman Banda Aceh', Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 4(4), pp. 11-15.

Rahmi, P. et al. (2020) 'Penerapan Alat Permainan Edukatif Tangram untuk meningkatkan Kreativitas Anak dalam Mengenal Bentuk Geometri di TKN Pembina Lawe Alas', Jurnal Raudhah, 8(1), pp. 81-91.

Roostin, E. (2020) 'Upaya Meningkatkan Motorik Halus dan Kreativitas Anak melalui Teknik Membatik Sederhana', Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), pp. 66-79. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i2.3481

Roza, D., Nurhafizah, N. and Yaswinda, Y. (2019) 'Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak', Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), p. 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325

Sapriani, R. (2019) 'Profesionalisme Guru PAUD Melati Terpadu dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0', Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitad PGRI Palembang, pp. 741-754.

Sari, H. M. and Nofriyanti, Y. (2019) 'Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kegiatan Menganyam dengan Origami', Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), p. 146. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.247

Sari, M. and Agustin, M. Della (2018) 'Upaya Meningkatkan Kreativitas Menggambar melalui Media Gambar pada Anak Kelompok B PAUD Ikhsanul Kamil', Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 3(2), pp. 677-683.

Soraya, A. and Kurnia, R. (2020) 'the Influence of the Game Creative Well To the Ability To Know Geometry Forms in Children Aged 5-6 Years in the TK Aisyah of Rambah Sub-District Rokan Hulu District', Jurnal JOM FKIP, 7(1), pp. 1-13.

Suhartini, Y., & Laela, A. (2018). Meningkatkan Kecerdasan Natural Anak Usia Dini melalui Pengenalan Hewan di TK Pelita Kota Bandung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 45-53. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.6

Sujati (2020) 'Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 3-4 Tahun melalui Media Poping (Pohon Pisang) di PPT Madani Klampis Ngasem Surabaya', MOTORIC:(Media of Teaching Oriented and Children), 4(1), pp. 139-146. https://doi.org/10.31090/m.v4i1.1023

Sujiono, Y. N. (2011) 'Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini', Jakarta: PT Indeks Macanan Jaya Cemerlang.

Sumartini, S. (2018) 'Penerapan Permainan Pindah Kamar dalam Menumbuhkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini 5-6 Tahun di Pos PAUD Dahlia 04 Cibeber Kota Cimahi', Jurnal Comm-Edu, 1(20), pp. 88-93. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i2.640

Sunggu, R. J. O. (2018) 'Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri melalui Bermain Kartu Domino Geomteri pada Anak Usia Dini kelompok B di TK Negeri Pembina I Palembang', Jurnal Tumbuh Kembang, 5(2), pp. 1-17. https://doi.org/10.31000/ceria.v5i2.546

Suryana, D. (2013) 'Pendidikan Anak Usia Dini. Padang', UNP Press:Padang.

Susiana, S. (2019) 'Pengaruh Kegiatan Bermain Drama terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di TK Mutiara Kenjeran Surabaya', Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), pp. 109-116. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.3616

Trianto (2011) 'Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini', Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Tursina, A. (2018) 'Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Eksplorasi', Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), pp. 1-10. doi: https://doi.org/10.32505/atfaluna.v1i1.767

Waspodo, M. (2012) 'Pengembangan Profesional Berkelanjutan bagi Guru PAUD', Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 7(1), pp. 77-81. https://doi.org/10.21009/JIV.0701.7

Watini, S. (2019) 'Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini', Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), p. 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Wulandari, A., Bahrun, B. and Rosmiati, R. (2020) 'Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Finger Painting di KB Al Jannati Gampong Jawa Kota Banda Aceh.', Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1)., 5(1), pp. 80-89.

Yulida, Y. and Veryawan, V. (2018) 'Upaya Meningkatkan Kreativitas Seni Anak Melalui Kegiatan Teknik Kolase', Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), pp. 19-23.
https://doi.org/10.32505/atfaluna.v1i1.770


Refbacks

  • There are currently no refbacks.