Internalisasi Nilai-Nilai Religius Serial Film Nusa dan Rara dalam Pembentukan Karakter pada Anak Usia Dini

Author


Mohammad Rindu Fajar Islamy(1Mail),
Departemen Pendidikan Umum, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 285KB]

Published : 2022-02-28

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 413 times PDF Downloaded: 254 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi dinamika internalisasi nilai-nilai religious yang terkandung dalam serial kartun Nusa dan Rara dalam pembentukan karakter anak usia dini. Menanggapi komentar adanya unsur penanaman nilai radikal, studi ini berupaya meluruskan pandangan keliru tersebut melalui opini masyarakat pada tataran realitas. Pendidikan anak merupakan waktu tepat untuk membangun karakter mereka sedini mungkin, sehingga diharapkan dimasa yang akan datang, ia dapat menjadi seorang siswa berkarakter. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif, data penelitian diambil dari para sepuluh informan orang tua melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan secara semi terstruktur untuk menjawab tiga belas instrument. Data kemudian dianalisis menggunakan Teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas informan sepakat, serial ini baik untuk dikonsumsi oleh anak. Karakter yang dibangun dari serial ini diantaranya berbakti kepada orang tua, taat beribadah, gemar menolong orang lain, belajar giat, dan yang lainnya. Riset ini menolak tuduhan film ini mengandung unsur radikal

Keywords


pendidikan karakter; islam, anak; nusa dan rara; radikal

References


Afrilia, F. R. (2020). Analisis Nilai Karakter Dalam Film Nussa dan Rara Karya Aditya Triantoro. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 130. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v3i2.3065

Ali, Sa'id Ismail. (2000). Al-Qur'an Al-Karim Ru'yatu Tarbawiyyah.pdf.

Ali, Said Ismail. (2002). Ushul Al-Fiqh At-Tarbawi Al-Islami: As-Sunnah Al-Nabawiyyah Ru'yah Tarbawiyyah. Kairo: Dar Al-Fikr Al-Arabi.

Al-Mālikī, M. bin A. (1993). Mafāhīm Yajib An Tushahhah. Kairo: Dār Jawāmi' Al-Kalim.

Al-Mālikī, M. bin A. (2003). Al-Ghuluwwu wa Atsaruhu fī Al-Irhāb wa Ifsād Al-Mujtama'. Makkah: Al-Hiwār Al-Wathanī.

Al-Mālikī, M. bin A. (2004). At-Tahdzīr min Al-Mujāzafati bi At-Takfīr. Kairo: Dār Jawāmi' Al-Kalim.

Al-Misri, R. (2010). Masyru' Al-Ibn Al-Bathal. Kairo: Dar Al-Fadhilah.

Al-Qardhawi, Y. (1990). Dzāhiratu Al-Guluwwu Fī At-Takfīr. Cairo: Maktabah Wahbah.

Al-Qardhawi, Y. (1993). Syarī'atu Al-Islāmiyyah Shālihatun Lil Tathbīq Fī Kulli Zamān Wa Makān. Cairo: Dar As-Shahwah Lil Nasyr Wa Tauji'.

Al-Qardhawi, Y. (2008). Kalimat fi Al-Wasatiyyah Al-Islamiyyah Wa Ma'alimuha. Cairo: Dar As-Syuruq.

al-Suri, Yusuf Khotir Hasan, Y. (1991). Asalib al-Rasul fi al-Dakwah wa al-Tarbiyah (p. 85).

An-Naysābūrī, A. B. M. bin I. bin M. (2002). Kitāb Tafsīr Al-Qurān. Madinah: Dar Al-Ma'atsir.

As-Sa'dī, A. bin N. bin A. (2000). Taysīr Al-Karīm Ar-Rahmān fī Tafsīr Kalām Al-Mannān. Beirut: Muassah Ar-Risalah.

Bakkar, A. K. (2011a). Al-Tawasul Al-Usra: Kaifa Nuhmiya Usrana min At-Tafakkuk. Riyadh: Maktabah Al-Malik Fahd Al-Wathaniyyah.

Bakkar, A. K. (2011b). Haula At-Tarbiyyah wa At-Ta'lim. Beirut: Dar Al-Kalam.

Bakkar, A. K. (2011c). Musykilat Al-Athfal: Tasykhish wa 'Ilaj Li Ahammi Asyri Musykilat Yu'ani Minha Al-Athfal. Riyadh: Maktabah Al-Malik Fahd Al-Wathaniyyah.

Bakkar, A. K. (2011d). Thiflun Yaqra: Afkar Amaliyyah Li Tasyji' Al-Athfal Ala Al-Qiraah. Riyadh: Maktabah Al-Malik Fahd Al-Wathaniyyah.

Fihris, F. (2018). Model Pendidikan Karakter melalui Homestay di SDIT Cahaya Bangsa Semarang. Edukasia Islamika, 3(2), 131. https://doi.org/10.28918/jei.v3i2.1684

Imron, A. (2016). Pendidikan kepribadian anak menurut Abdullah Nashih Ulwan. Edukasia Islamika, 1(1), 89-118.

Kurzman, C. (2019). The Missing Martyrs: Why Are There So Few Muslim Terrorists? New York: Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/oso/9780190907976.001.0001

Malawi, I. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(01), 1-12. https://doi.org/10.25273/pe.v3i01.55

Mansor, R., Malim, T., Nichiappan, S., & Malim, T. (2019). The Implementation of Role of Kuttab Al-Fatih ( KAF ) Philosophy in Islamic Character Education. Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 235-250. https://doi.org/10.21580/nw.2019.13.2.5184

Mukani, M., & Sumarsono, T. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Berbasis Adiwiyata pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN Tambakberas Jombang. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 181. https://doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.181-200

Nuha, S. U., Ismaya, E. A., & Fardani, M. A. (2021). Nilai Peduli Sosial pada Film Animasi Nussa dan Rara. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 17-23.

Rawwas, M. (1988). Dirasah Tahliliyyah Li Syahshiyati Ar-Rasul Muhammad (pp. 1-303). Dar An-Nafais.

Sajadi, D. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 16-34. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.510

Saunders, C. (2012). Reformism and radicalism in the Climate Camp in Britain: Benign coexistence, tensions and prospects for bridging. Environmental Politics, 21(5), 829-846. https://doi.org/10.1080/09644016.2012.692937

Schofield, P. (2004). Jeremy Bentham, the French Revolution and political radicalism. History of European Ideas, 30(4 SPEC.ISS.), 381-401. https://doi.org/10.1016/j.histeuroideas.2003.11.019

Soliman, A., Bellaj, T., & Khelifa, M. (2016). An integrative psychological model for radicalism: Evidence from structural equation modeling. Personality and Individual Differences, 95, 127-133. https://doi.org/10.1016/j.paid.2016.02.039

Suyanto, B., Sirry, M., & Sugihartati, R. (2019). Pseudo-Radicalism and the De-Radicalization of Educated Youth in Indonesia. Studies in Conflict and Terrorism, 0(0), 1-20. https://doi.org/10.1080/1057610X.2019.1654726

Turner, J. (2020). Manufacturing the Jihad in Europe: The Islamic State's Strategy. International Spectator, 55(1), 112-125. https://doi.org/10.1080/03932729.2020.1712136

Ulwan, A. N. (1983). Tarbiyyah Al-Aulad Fil Islam (p. Jilid 1).

Varouxakis, G. (2004). French radicalism through the eyes of John Stuart Mill. History of European Ideas, 30(4 SPEC.ISS.), 433-461. https://doi.org/10.1016/j.histeuroideas.2003.11.018

Yang, D. L., Xu, H., & Tao, R. (2014). A Tragedy of the Nomenklatura? Career incentives, political loyalty and political radicalism during China's Great Leap Forward. Journal of Contemporary China, 23(89), 864-883. https://doi.org/10.1080/13603116.2014.882560

Yusof, K., Herman, I., & Nasir, B. M. (2010). Islamic radicalism in Malaysia: Gender perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 5, 2119-2125. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.424

Yusoff, K. (2010). Islamic radicalism in Malaysia: An overview. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 5, 2326-2331. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.458

Zamboni, G., Gozzi, M., Krueger, F., Duhamel, J. R., Sirigu, A., & Grafman, J. (2009). Individualism, conservatism, and radicalism as criteria for processing political beliefs: a parametric fMRI study. Social Neuroscience, 4(5), 367-383. https://doi.org/10.1080/17470910902860308


Refbacks

  • There are currently no refbacks.