Penanaman Karakter Anak Usia Dini melalui Lagu Anak-anak Daerah Lampung

Author


Dharlinda Suri(1Mail),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP PGRI Bandar Lampung, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 307KB]  Language: id
Available online: 2021-08-01  |  Published : 2021-08-01
Copyright (c) 2021 Dharlinda Suri
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 125 times PDF Downloaded: 36 times

Abstract


Saat ini sangat sedikit  sekali anak-anak yang bisa menyanyikan lagu-lagu anak daerah Lampung.Anak-anak cenderung menyanyikan lagu-lagu yang sedang populer salah satunya lagu soundtrex film. Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karkater pada anak usia dini melalui lagu anak-anak daerah lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun Teknik analisis data dalam penelitian yaitu dengan menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian serta pembahasan dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai Pendidikan karakter pada lagu anak-anak daerah lampung yang berjudul cinta Tuhan segenap ciptaannya, Kutak mainan, sanak santun, dan sanak teghtib, seperti:  religius, disiplin, mandiri, tanggungjawab, sopan santun, hormat, jujur, dan bijaksana. Melalui lagu-lagu anak daerah anak mampu mengenal, mengetahui, dan mempunyai rasa cinta daerah serta tanah air

Keywords


pendidikan karakter; budaya local; pendidikan anak usia dini

References


Alfianti, N. (2021). Analisis Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Sentra (Beyond Center and Circle Time). JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(2), 339-360. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i2.121

Anwar, R. N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Islam Moderat Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme. Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education, 4(2), 155-163. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v4i2.3883

Ardiansyah, W., & Amalia, D. R. (2017). Pembangunan Aplikasi Media Pembelajaran Lagu Daerah Berbasis Teknologi Multimedia. Jurnal ICT : Information Communication & Technology, 16(2), 48-52. https://doi.org/10.36054/jict-ikmi.v16i2.22

Ardipal, A. (2021). Pemanfaatan Lagu Anak-Anak Sebagai Media Pengembangan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Paud Cahaya Hati Kabupaten Solok Selatan. Imaji, 18(2), 30037. https://doi.org/10.21831/imaji.v18i2.30037

Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). "Kebun Buah" Learning Media for Early Childhood Counting Ability Despa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-9.

Basma, A. M. F., & Melga, B. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Mengenai Edukasi Pendidikan Karakter Melalui Lagu Anak Indonesia di Kota Bandung. E-Proceeding

Hasanah, U. (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 35-53. https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3990

Indriana, U. A., Ismiyanti, Y., & Afandi, M. (2019). Analisis Nilai Karakter Ppk Pada Lagu Anak-Anak Dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 4 Kewajiban Dan Hak Serta Penerapannya Di Sdn Genuksari 02. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula, 2, 418-486.

Kusumawati, H. (2015). Pendidikan Karakter Melalui Lagu Anak-Anak. Imaji, 11(2), 283. https://doi.org/10.21831/imaji.v11i2.3839

Laali, S. A. (2018). Pembentukan Karakter Anak Melalui Lagu Kokonua. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 1(2), 1-12. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v1i2.250

Mahmudi, M., Listyarini, I., & Untari, M. F. A. (2020). Analisis Nilai Karakter dalam Lagu Anak Karya A.T. Mahmud. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(2). https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i2.589

Miles, M., & Huberman, M. (2005). No Qualitative Data Analysis (Terjemah). UI Press.

Muliati, B., & Sari, R. (2018). Menanamkan Karakter Bangsa Melalui Lagu-Lagu Patriotik Bagi Peserta Didik Tingkat Pendidikan Dasar. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 6(1), 1-11.

Mustopo, M. H. (1989). Manusia dan Budaya (Kumpulan essay Ilmu Budaya Dasar). Usaha Nasional.

Prahesti, S. I., Taulany, H., & Dewi, N. K. (2019). Gerak dan Lagu Neurokinestetik (GELATIK) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.289

Purnomo, A., Hartono, R., Hartatik, H., Riasti, B. K., & Hidayah, I. N. (2016). Pengembangan Aplikasi Info Lagu Nusantara Berbasis Android Untuk Melestarikan Warisan Budaya Indonesia. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 527. https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.764

Purwanto, S. (2019). Penanaman Nilai Karakter pada Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Berbasis Musik dan Lagu Model. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4663

Putra, M. E. H., & Noordiana. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Lagu "Si Semut" Karya Pambuko di SMPN 2 Mojo Kabupaten Kediri. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 6(11), 951-952.

Rantina, M., Hasmalena, H., & Yosef, Y. (2019). Pengembangan Lagu Berbasis Aplikasi Musescore dalam Pengembangan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.351

Restian, A., & Mukhlishina, I. (2017). Analisis Kesalahan Konsep Lagu Anak-Anak Pada Pendidikan Karakter Buku Guru Kelas 1-6 Di Sd. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Kebudayaan (SENASGABUD), 1(71), 19-26. http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASGABUD/article/view/1696/1911

Rosmiati, A. (2014). Teknik Stimulasi dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Lirik Lagu Dolanan. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 15(1), 71-82. https://doi.org/10.24821/resital.v15i1.801

Rukiyati Sugiyo, & L. Andriani Purwastuti. (2017). Local Wisdom-Based Character Education Model in Elementary School in Bantul Yogyakarta Indonesia. Sino-US English Teaching, 14(5), 130-142. https://doi.org/10.17265/1539-8072/2017.05.003

Seriadi, S. L. N. (2019). Pembentukan Karakter Unggul Dan Nasionalis Pada Anak Usia Dini Melalui Sekar Rare. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 31-38. https://doi.org/10.25078/pw.v3i1.709

Sholeh, T. A. (2018). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Lagu Islami Bella Tamara 1. Seminar Nasional Dan Call for Paper "Membangun Sinergitas Keluarga Dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas, 1, 193-196.

Tarmizi, M. (2017). Evaluasi Efektivitas Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Lagu Anak-Anak Evaluasi Afektivitas Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Lagu Anak-Anak Di Mis Al-Hidayah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(10).

Widjanarko, P. (2019). Penanaman Karakter Melalui Lagu-Lagu Nasional Di Paud Pelita Harapan Bangsa Kota Tegal. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 95-101. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4873

Wijiasih, F. E., Fajriyah, K., & Sukamto. (2020). Penanaman Nilai Karakter Melalui Lagu Dolanan Anak dalam Pembelajaran Daring di SD Negeri 01 Mejagong. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 1(1), 59-66.

Zulaikhah, S. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Smpn 3 Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 83-93. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3558


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.