Prototype e-Report PAUD 1.0 untuk Menyusun Laporan Perkembangan Anak Usia Dini

Authors

  • Prima Suci Rohmadheny Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
  • Intan Puspitasari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Miftahurrahma Rosyda Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Avanti Vera Risti Pramudyani Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1643

Keywords:

prototype, e-Report versi 1.0, laporan perkembangan, anak usia dini.

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi, laporan perkembangan anak disusun dengan menggunakan aplikasi komputer. Namun, kesiapan guru PAUD dalam hal literasi komputer terbatas pada penggunaan Ms. Office (Ms. Word, Ms. Excel, dan Ms. Power Point) secara sederhana. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang prototype laporan perkembangan anak menggunakan Ms.Excel untuk menunjang pekerjaan guru PAUD. Penelitian dilakukan dengan metode R&D modifikasi model Borg & Gall sampai pada tahap validasi ahli & uji coba terbatas terhadap pengguna. Sebanyak 24 guru PAUD Aisyiyah terlibat dalam uji coba terbatas. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner respon pengguna dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah prototype produk e-Report PAUD Aisyiyah Versi 1.0 berbasis Ms. Excel memiliki kelayakan segi materi 0,833-1,000 dan 0,5 – 1,000 dari segi teknologi komputer berdasarkan penilaian validasi ahli, sedangkan hasil ujicoba terbatas menunjukkan bahwa produk ini diterima dengan baik, mudah, pratis, dan efisien. Namun, beberapa perbaikan teknis masih terus dilakukan untuk menyempurnakannya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, M. M. (2014). Implementasi framework interoperabilitas dalam integrasi data rekam medis. Pseudocode, 1(1), 44-50. https://doi.org/10.33369/pseudocode.1.1.44-50

Bagnato, S. J. (2005). The authentic alternative for assessment in early intervention: An emerging evidence-based practice. Journal of Early Intervention, 28(1), 17-22. https://doi.org/10.1177/105381510502800102

Bagnato, S. J. (2007). Authentic assessment for early childhood intervention: Best practices. Guilford Press.

Baidarus, B., Hamami, T., M. Suud, F., & Rahmatullah, A. S. (2020). Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 71. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2101

Du Plessis, A., & Webb, P. (2012). Teachers' Perceptions about their Own and their Schools' Readiness for Computer Implementation: A South African Case Study. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 11(3), 312-325.

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (1996). Educational research: An introduction. Longman Publishing.

Grisham-Brown, J., Hallam, R., & Brookshire, R. (2006). Using authentic assessment to evidence children's progress toward early learning standards. Early Childhood Education Journal, 34(1), 45-51. https://doi.org/10.1007/s10643-006-0106-y

Hammad, R. (2019). Analisis integrasi data pada realisonal basis data dengan menggunakan metode schema matching. Jurnal SAINTEKOM, 9(1), 1. https://doi.org/10.33020/saintekom.v9i1.79

Indonesia, R. (2014a). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Indonesia, R. (2014b). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kumar, N., Rose, R. C., & D'Silva, J. L. (2008). Teachers' readiness to use technology in the classroom: An empirical study. European Journal of Scientific Research, 21(4), 603-616.

Latipaturachmaniah, L., & Rahayu, E. F. (2021). Analisis Kemudahan Penggunaan Aplikasi Line Pada Ponsel Pintar. UG Journal, 15(2).

Macy, M., & Bagnato, S. J. (2013). The authentic alternative for assessment in early childhood intervention. In The Oxford Handbook of Child Psychological Assessment.

Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 41-52. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.4

Nofita, F. D. (2021). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan, Kemudahan Penggunaan Aplikasi, Citra Perusahaan Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Lazada Kota Padang) [PhD Thesis]. STKIP PGRI Sumatera Barat.

Nuryana, Z. (2019). Revitalisasi Pendidikan Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Pada Perguruan Muhammadiyah [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/yk3qv

Perwira, R., & Santosa, B. (2017). Implementasi Web Service pada Integrasi Data Akademik dengan Replika Pangkalan Data Dikti. Telematika, 14(01). https://doi.org/10.31315/telematika.v14i01.1962

Pillai, S. K., Iksan, N., Abd Arif, H., Panessai, I. Y., Abdulbaqie, A. S., & Yani, A. (2021). Kemudahan Penggunaan Augmented Reality sebagai Alat Bantu Pembelajaran Online bagi Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Siswa Dalam Seni Ukiran Kayu. Journal of Engineering, Technology, and Applied Science, 3(2), 48-57.
https://doi.org/10.36079/lamintang.jetas-0302.256

Pramudyani, A. V. R., Indratno, T. K., & Rohmadheny, P. S. (2019a). Early Childhood Education Teacher's Readiness of Computer Literacy for Facing The 4.0 Industrial Revolution. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(2), 55-63.
https://doi.org/10.26555/jecce.v2i2.1150

Pramudyani, A. V. R., Indratno, T. K., & Rohmadheny, P. S. (2019b). Early Childhood Education Teacher's Readiness of Computer Literacy for Facing The 4.0 Industrial Revolution. JECCE (Journal of Early Childhood Care and Education), 2(2), 55-63. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i2.1150

Puckett, M. B., & Black, J. K. (2000). Authentic assessment of the young child: Celebrating development and learning. ERIC.

R, R., Tamin, R., & Sarjan, M. (2019). Sistem Integrasi Data Musrenbang Desa Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 5(1), 7-12. https://doi.org/10.35329/jiik.v5i1.25

Ratnawati, R., & Riasti, B. K. (2012). Pembangunan Sistem Informasi Buku Induk Siswa Pada Sekolah Menengah Kejuruan Wikarya Karanganyar. Speed - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.3112/speed.v6i3.1290

Revita, D., & Hartati, S. (2020). Pelaksanaan pembelajaran ibadah wudhu di taman kanak-kanak islam terpadu dar el-iman 2 kota padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 26. https://doi.org/10.24036/108650

Reynolds, B. (2020). Assessment and documentation for children's learning and development. In A. Kilderry & B. Raban (Eds.), Strong Foundations: Evidence informing practice in early childhood education. ACER Press. https://doi.org/10.37517/978-1-74286-555-3_17

Robaniyah, L., & Kurnianingsih, H. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi OVO. IMAGE: Jurnal Riset Manajemen, 10(1), 53-62.

Rohmadheny, P. S., & Pramudyani, A. V. R. (2019). E-LEv: Solution for Early Childhood Education Teachers in Industrial Revolution Era 4.0. 3rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2019). https://doi.org/10.2991/icei-19.2019.52

Salsabila, H. Z., Susanto, S., & Hutami, L. T. H. (2021). Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 87-96.
https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i1.442

Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900-912. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

Saripudin, S., & Faihaputri, N. (2021). Pengaruh kepercayaan, keamanan, dan kemudahan penggunaan aplikasi terhadap minat beli ulang (studi kasus di e-commerce jd. id). Jurnal Ilmiah Edunomika, 5(02).

Sibuea, S. J., Oktavianthy, D., & Rangkuti, A. E. (2021). Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat terhadap minat penggunaan aplikasi ovo. Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP) 2021, 2(1), 635-645.

Sugiarti, Y. (2013). Pendayagunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Teknodik, 45-58.https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.7

Suminah, E., Siantayani, Y., Paramitha, D., Ritayanti, U., & Nugraha, A. (2015). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.

Wijayanti, R. (2018). PKM PALAPA (Pembuatan Aplikasi Laporan Perkembangan Anak) Kelompok A Pada TK An Shal Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. JAST : Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi, 2(2), 74. https://doi.org/10.33366/jast.v2i2.1096

Winarno, N. P. S., & Cahyanto, T. A. (2021). Penggunaan Karakter Kontrol ASCII Untuk Integrasi Data Pada Hasil Enkripsi Algoritma Caesar Cipher. INFORMAL: Informatics Journal, 6(3), 197. https://doi.org/10.19184/isj.v6i3.21091

Yus, A. (2015). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Kencana.

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92-111.

Downloads

Published

26-01-2022

How to Cite

Rohmadheny, P. S., Puspitasari, I., Rosyda, M., & Pramudyani, A. V. R. (2022). Prototype e-Report PAUD 1.0 untuk Menyusun Laporan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2596–2609. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1643

Issue

Section

Articles