- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Prototype e-Report PAUD 1.0 untuk Menyusun Laporan Perkembangan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1643Keywords:
prototype, e-Report versi 1.0, laporan perkembangan, anak usia dini.Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi, laporan perkembangan anak disusun dengan menggunakan aplikasi komputer. Namun, kesiapan guru PAUD dalam hal literasi komputer terbatas pada penggunaan Ms. Office (Ms. Word, Ms. Excel, dan Ms. Power Point) secara sederhana. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang prototype laporan perkembangan anak menggunakan Ms.Excel untuk menunjang pekerjaan guru PAUD. Penelitian dilakukan dengan metode R&D modifikasi model Borg & Gall sampai pada tahap validasi ahli & uji coba terbatas terhadap pengguna. Sebanyak 24 guru PAUD Aisyiyah terlibat dalam uji coba terbatas. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner respon pengguna dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah prototype produk e-Report PAUD Aisyiyah Versi 1.0 berbasis Ms. Excel memiliki kelayakan segi materi 0,833-1,000 dan 0,5 – 1,000 dari segi teknologi komputer berdasarkan penilaian validasi ahli, sedangkan hasil ujicoba terbatas menunjukkan bahwa produk ini diterima dengan baik, mudah, pratis, dan efisien. Namun, beberapa perbaikan teknis masih terus dilakukan untuk menyempurnakannyaDownloads
References
Amin, M. M. (2014). Implementasi framework interoperabilitas dalam integrasi data rekam medis. Pseudocode, 1(1), 44-50. https://doi.org/10.33369/pseudocode.1.1.44-50
Bagnato, S. J. (2005). The authentic alternative for assessment in early intervention: An emerging evidence-based practice. Journal of Early Intervention, 28(1), 17-22. https://doi.org/10.1177/105381510502800102
Bagnato, S. J. (2007). Authentic assessment for early childhood intervention: Best practices. Guilford Press.
Baidarus, B., Hamami, T., M. Suud, F., & Rahmatullah, A. S. (2020). Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 71. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2101
Du Plessis, A., & Webb, P. (2012). Teachers' Perceptions about their Own and their Schools' Readiness for Computer Implementation: A South African Case Study. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 11(3), 312-325.
Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (1996). Educational research: An introduction. Longman Publishing.
Grisham-Brown, J., Hallam, R., & Brookshire, R. (2006). Using authentic assessment to evidence children's progress toward early learning standards. Early Childhood Education Journal, 34(1), 45-51. https://doi.org/10.1007/s10643-006-0106-y
Hammad, R. (2019). Analisis integrasi data pada realisonal basis data dengan menggunakan metode schema matching. Jurnal SAINTEKOM, 9(1), 1. https://doi.org/10.33020/saintekom.v9i1.79
Indonesia, R. (2014a). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Indonesia, R. (2014b). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kumar, N., Rose, R. C., & D'Silva, J. L. (2008). Teachers' readiness to use technology in the classroom: An empirical study. European Journal of Scientific Research, 21(4), 603-616.
Latipaturachmaniah, L., & Rahayu, E. F. (2021). Analisis Kemudahan Penggunaan Aplikasi Line Pada Ponsel Pintar. UG Journal, 15(2).
Macy, M., & Bagnato, S. J. (2013). The authentic alternative for assessment in early childhood intervention. In The Oxford Handbook of Child Psychological Assessment.
Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 41-52. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.4
Nofita, F. D. (2021). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan, Kemudahan Penggunaan Aplikasi, Citra Perusahaan Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Lazada Kota Padang) [PhD Thesis]. STKIP PGRI Sumatera Barat.
Nuryana, Z. (2019). Revitalisasi Pendidikan Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Pada Perguruan Muhammadiyah [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/yk3qv
Perwira, R., & Santosa, B. (2017). Implementasi Web Service pada Integrasi Data Akademik dengan Replika Pangkalan Data Dikti. Telematika, 14(01). https://doi.org/10.31315/telematika.v14i01.1962
Pillai, S. K., Iksan, N., Abd Arif, H., Panessai, I. Y., Abdulbaqie, A. S., & Yani, A. (2021). Kemudahan Penggunaan Augmented Reality sebagai Alat Bantu Pembelajaran Online bagi Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Siswa Dalam Seni Ukiran Kayu. Journal of Engineering, Technology, and Applied Science, 3(2), 48-57.
https://doi.org/10.36079/lamintang.jetas-0302.256
Pramudyani, A. V. R., Indratno, T. K., & Rohmadheny, P. S. (2019a). Early Childhood Education Teacher's Readiness of Computer Literacy for Facing The 4.0 Industrial Revolution. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(2), 55-63.
https://doi.org/10.26555/jecce.v2i2.1150
Pramudyani, A. V. R., Indratno, T. K., & Rohmadheny, P. S. (2019b). Early Childhood Education Teacher's Readiness of Computer Literacy for Facing The 4.0 Industrial Revolution. JECCE (Journal of Early Childhood Care and Education), 2(2), 55-63. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i2.1150
Puckett, M. B., & Black, J. K. (2000). Authentic assessment of the young child: Celebrating development and learning. ERIC.
R, R., Tamin, R., & Sarjan, M. (2019). Sistem Integrasi Data Musrenbang Desa Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 5(1), 7-12. https://doi.org/10.35329/jiik.v5i1.25
Ratnawati, R., & Riasti, B. K. (2012). Pembangunan Sistem Informasi Buku Induk Siswa Pada Sekolah Menengah Kejuruan Wikarya Karanganyar. Speed - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.3112/speed.v6i3.1290
Revita, D., & Hartati, S. (2020). Pelaksanaan pembelajaran ibadah wudhu di taman kanak-kanak islam terpadu dar el-iman 2 kota padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 26. https://doi.org/10.24036/108650
Reynolds, B. (2020). Assessment and documentation for children's learning and development. In A. Kilderry & B. Raban (Eds.), Strong Foundations: Evidence informing practice in early childhood education. ACER Press. https://doi.org/10.37517/978-1-74286-555-3_17
Robaniyah, L., & Kurnianingsih, H. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi OVO. IMAGE: Jurnal Riset Manajemen, 10(1), 53-62.
Rohmadheny, P. S., & Pramudyani, A. V. R. (2019). E-LEv: Solution for Early Childhood Education Teachers in Industrial Revolution Era 4.0. 3rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2019). https://doi.org/10.2991/icei-19.2019.52
Salsabila, H. Z., Susanto, S., & Hutami, L. T. H. (2021). Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 87-96.
https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i1.442
Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900-912. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478
Saripudin, S., & Faihaputri, N. (2021). Pengaruh kepercayaan, keamanan, dan kemudahan penggunaan aplikasi terhadap minat beli ulang (studi kasus di e-commerce jd. id). Jurnal Ilmiah Edunomika, 5(02).
Sibuea, S. J., Oktavianthy, D., & Rangkuti, A. E. (2021). Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat terhadap minat penggunaan aplikasi ovo. Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP) 2021, 2(1), 635-645.
Sugiarti, Y. (2013). Pendayagunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Teknodik, 45-58.https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.7
Suminah, E., Siantayani, Y., Paramitha, D., Ritayanti, U., & Nugraha, A. (2015). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.
Wijayanti, R. (2018). PKM PALAPA (Pembuatan Aplikasi Laporan Perkembangan Anak) Kelompok A Pada TK An Shal Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. JAST : Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi, 2(2), 74. https://doi.org/10.33366/jast.v2i2.1096
Winarno, N. P. S., & Cahyanto, T. A. (2021). Penggunaan Karakter Kontrol ASCII Untuk Integrasi Data Pada Hasil Enkripsi Algoritma Caesar Cipher. INFORMAL: Informatics Journal, 6(3), 197. https://doi.org/10.19184/isj.v6i3.21091
Yus, A. (2015). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Kencana.
Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92-111.