Kegiatan Montase dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini

Author


Azlin Atika Putri(1Mail),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lancang Kuning, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 321KB]  Language: id
Available online: 2021-07-31  |  Published : 2021-07-31
Copyright (c) 2021 Azlin Atika Putri
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 105 times PDF Downloaded: 23 times

Abstract


Studi pendahuluan terhadap subjek penelitian, bahwa sebagian besar anak belum memiliki kemampuan visual spasial yang baik, yang ditunjukkan dari kesulitan-kesulitan anak dalam hal visual spasial pada saat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial anak melalui kegiatan montase. Metodologi penelitian yang dilakukan adalah Action research dengan model Kemmis dan Mc Taggart, melalui dua siklus yang terdiri dari delapan pertemuan pada siklus I dan enam kali pertemuan pada siklus II yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK FKIP UNRI Kota Pekanbaru provinsi Riau. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan visual spasial anak melalui kegiatan montase. Rata-rata skor kecerdasan visual spasial pra siklus sebesar 30,06, kemudian mengalami peningkatan menjadi 38,46 pada akhir siklus I dan mengalami peningkatan kembali menjadi 47,53 pada akhir siklus II.


Keywords


montase; kecerdasan visual; kecerdasan spasial; kecerdasan visual spasial; anak usia dini

References


Abubakar, S. R., & Asni, A. (2019). Kegiatan Membuat Kolase Dengan Pasir Berwarna Dalam Meningkatkan Kemampuan Visual Spasial Anak. Jurnal Smart PAUD, 2(1), 76-82.
https://doi.org/10.36709/jspaud.v2i1.5925

Al Fuad, Z., Helminsyah, H., & Subhananto, A. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Montase Kreatif Dengan Teknik Lihat, Gunting, Tempel, Dan Ceritakan (LGTC) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Visipena, 8(2), 280-294. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i2.412

Armstrong, T. (2009). Multiple Intelligence in the Classroom 3rd Edition. ASCD Member Book.

Astuti, D. (2019). Peningkatan kecerdasan visual spasial anak melalui kegiatan kolase dari kepingan kulit telur kelompok a di RA Manda Wonosari Ngaliyan tahun 2018/2019. UIN Walisongo.

Chairilsyah, D. (2020). Improving the Visual Spatial Intelligence Puzzle Children Through Play in Group B3 Tk Trustees in State 1 Bangko District Rokan Hilir Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Melalui Bermain Puzzle Pada Kelompok B3. Jurnal Online Mahasiswa, 05(01), 1-8.

Desmareza, R. (2012). Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Montase di RA Darul 'Ulum PGAI Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2).

Dewi, H. S. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Melalui Kegiatan Di Laboratorium Visual Spasial Pada Kelompok A Di Raudhatul Athfal Ulul Albab Mangli Jember Tahun 2020. Institut Agama Islam Negeri Jember.

Faizah, S. (2019). Penerapan Teknik Montase Terhadap Perkembangan Daya Pikir Anak pada Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Aisyiyah Al Tanbih Getas Pejaten Jati Kudus. IAIN KUDUS.

Farisha, I. (2019). Upaya meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan montase di kelompok A TKA As-Sunnah SKP. PAUD 0005. universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

Fauziddin, M. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 42-51.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.154

Hajar Pamadhi, E. S. S. (2008). Seni Keterampilan Anak. Universitas Terbuka.

Hansen, T. B., & Stepputat, F. (2001). Introduction: States of imagination. Duke University Press. https://doi.org/10.1215/9780822381273-001

Huberman, A. M., & Miles, J. S. M. B. (2019). Qualitative data analysis: A methods sourcebook.

Hyangsook, L. (2013). The Brain and Learning: Examining the Connection among Brain Activity, Intelligence, and Learning Outcomes in Visual Instruction [Kent State University]. https://eric.ed.gov/?id=ED568406

Karolina, L. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar Di Tk Sepakat Kecamatan Talo. Iain Bengkulu.

Laliberte, M. (2020). Collage, Montage, Assemblage: History and Contemporary Techniques by Norman Laliberté, Alex Mogelon. Leonardo, 8(1), 84.
https://doi.org/10.2307/1573212

McErlean, K. (2018). Interactive narratives and transmedia storytelling: Creating immersive stories across new media platforms. Routledge.
https://doi.org/10.4324/9781315637570

Miswanto, M. (2014). Pengaruh Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Kreativitas Siswa (p. 165). http://repo.iain-tulungagung.ac.id/245/

Muharrar, S., & Verayanti, S. (2013). Kreasi Kolase, montase, mozaik sederhana. Jakarta: Erlangga.

Muri'ah, D. R. H. S., & Wardan, K. (2020). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Literasi Nusantara.

Mutiah, E., & Srikandi, S. (2021). Konsep Pengembangan Kreativitas AUD. Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(1), 1-15.

Naibaho, S., Indarto, W., & Hukmi, H. (2017). Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tunas Melati Kandis, Kabupaten Siak. Riau University.

Nurharini, A., & Yuyarti, Y. (2020). Pengembangan Karya Kolase, Montase dan Mozaik Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran SBDP bagi Guru SD. JURNAL PANJAR: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 2(1), 1-7.

Rachmi, T., & Herdana, M. (2018). Optimalisasi Kreativitas Anak Melalui Aktivitas Montase pada Usia Taman Kanak-Kanak. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(3), 161-168.

Restian, A. (2020). Pendidikan Seni Rupa Estetik Sekolah Dasar (Vol. 1). UMMPress.

Rosidah, L. (2014). Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Permainan Maze. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 281-290.

Sonawat, R., & Gogri, P. (2008). Multiple Intelligences for Pre-school Children. Multi-Tech Publishing Co.

Suharni, S., Wahyuni, S., & Astri, Y. (2021). Improving Environmental Care Attitudes of Early Childhood By Utilizing Recycled Materials. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2017-2024. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.783

Sujana, M. P. U., Syukri, A., & Musa, M. (2019). Melalui Kegiatan Mencoret, Merobek dan Menempel (3M) Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Autis Di Taman Kanak-Kanak Buah Hati Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Taznidaturrohmah, Y. E., Pramono, P., & Suryadi, S. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan montase pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Dinoyo 01 Mojokerto. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 20-26.
https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.29805

Yulianto, D., & Awalia, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Kelompok B RA Al-Hidayah Nanggungan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(2), 118-123.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.