Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan memaparkan bagaimana strategi komunikasi antara dosen dengan mahasiswa dalam mengatasi hambatan mengikuti perkuliahan online. Peneliti menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini melibatkan satu orang dosen pengampu dan mahasiswanya yang berjumlah 30 anak dari UIN Syarif Kasim Riau, Jurusan PIAUD, mata kuliah Asesmen Pembelajaran RA. Hasil dari penelitian menunjukkan selama proses pembelajaran online, mahasiswa mendapat kesulitan untuk mengerti dari materi yang dijelaskan oleh dosen, dan komunikasi yang baik menjadi kunci utamanya, dosen dan mahasiwa yang mempunyai jalinan komunikasi yang baik yaitu dengan menggunakan strategi kolaborasi antara dosen dan mahasiswa sehingga akan menghasilkan proses penyampaian pengetahuan secara online menjadi maksimal. Dalam hal ini didukung dengan dosen yang secara optimal menciptakan proses pembelajaran yang aktif, inovatif dan variatif, serta dosen memposisikan diri sebagai motivator dan inisiator agar mahasiswa semakin semangat dalam mengikuti pembelajaran online
Keywords
strategi komunikasi; pembelajaran; daring.