Guru Profesional: Mengintegrasikan Informations And Communication Technologies (ICT) dalam Pembelajaran PAUD

Author


Misyana Misyana(1Mail), Mohamad Syarif Sumantri(2), Nurbiana Dhieni(3), Karnadi Karnadi(4),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Dasar, Universitas negeri Jakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text  

Published : 2021-07-24

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 912 times PDF Downloaded: 525 times

Abstract


Bukan hanya karena masa pandemi pembelajaran berbasis ICT (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dipergunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, tetapi sebuah keniscayaan yang harus dilakukan pada masa pembelajaran abad 21. Tujuan penelitian yaitu untuk mendapatkan informasi bagaimana guru profesional dalam proses pembelajaran dapat mengintegrasikan ICT pada komponen langkah-langkah pembelajaran dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi untuk diobservasi. Wawancara dilakukan pada 10 guru yang sudah tersertifikasi PAUD, menunjukkan bahwa guru profesional mengintegrasikan ICT dalam komponen RPP yang terdapat pada rumusan tujuan pembelajaran, penggunaan media pembelajaran atau sumber belajar.  Walaupun tidak semua guru yang sudah tersertifikasi dapat melakukan kegiatan mengintegrasikan ICT tersebut dalam rencana pelaksanaan pembelajaran dikarenakan faktor usia yang mereka sebutkan gaptek (gagap teknologi).


Keywords


guru profesional; ict; paud

References


Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414-421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). "Kebun Buah" Learning Media for Early Childhood Counting Ability Despa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128

Blackwell, C. K., Lauricella, A. R., & Wartella, E. (2014). Factors influencing digital technology use in early childhood education. Computers and Education, 77, 82-90. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.04.013

Guerra, P., & Figueroa, I. (2018). Action-research and early childhood teachers in Chile: analysis of a teacher professional development experience. Early Years, 38(4), 396-410. https://doi.org/10.1080/09575146.2017.1288088

Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527

Kartimi, K., Mulyani, A., & Riyanto, O. R. (2019). Pemerdayaan Guru dalam Impelentasi Pembelajaran Abad 21. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 160-170. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v1i2.5815

Kim, S., Raza, M., & Seidman, E. (2019). Improving 21st-century teaching skills: The key to effective 21st-century learners. Research in Comparative and International Education, 14(1), 99-117. https://doi.org/10.1177/1745499919829214

Lee, K. W., & James, C. C. (2018). Exploring a Transformative Teacher Professional Development Model to Engender Technology Integration in the 21st Century ESL Language Classrooms. International Journal of Computer-Assisted Language Learning and Teaching, 8(4), 13-31. https://doi.org/10.4018/IJCALLT.2018100102

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014, 13.

Miles, M., & Huberman, M. (2005). No Qualitative Data Analysis. UI Press.

Presiden Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Satriana, M., Buhari, M. R., Makmun, M., Maghfirah, F., Haryani, W., Wahyuningsih, T., Wardana, H., Sagita, A. D. N., Oktamarina, L., & Bakar, A. A. (2021). Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Online: Fenomena Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 362-373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1353

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.79

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model dan Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 1(1), 52. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.48

Susanto, A. (2017). Pemanfaatan ICT (Informations and Communication Technologies) dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 230-241. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v4i2.820

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206

Utami, P. T., & Hasanah, N. (2020). Good Teacher, Qualified Teacher, and Professional Teacher: Facing the 21st Century Global Changes. Ahmad Dahlan Journal of English Studies, 7(1), 55. https://doi.org/10.26555/adjes.v7i1.14531

Wagner, C. J. (2021). Online Teacher Inquiry as a Professional Learning Model for Multilingual Early Childhood Educators. Early Childhood Education Journal, 49(2), 185-196. https://doi.org/10.1007/s10643-020-01060-6

Yanti Amanda, Y. (2019). Kemampuan Guru Dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran PPKN Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sukoharjo. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.