Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun

Author


Nurdin Nurdin(1), Jahada Jahada(2Mail), Laode Anhusadar(3),
(1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Indonesia
(2) Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreas, Universitas Haluoleo, Indonesia
(3) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 219KB]  Language: id
Available online: 2021-07-28  |  Published : 2021-07-28
Copyright (c) 2021 Nurdin Nurdin, Jahada Jahada, Laode Anhusadar
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 157 times PDF Downloaded: 53 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan mulai bulan April-September 2019 dengan informan guru dan peserta didik. Lokasi penelitian ini adalah SDN 1 Talaga dan SDN 2 Talaga. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter peserta didik memuat pengetahuan dan keterampilan kepramukaan dengan perencanaan jangka panjang dan jangka pendek. Kemudian pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter peserta didik terbagi atas pengetahuan dan ketereampilan atau tehnik kepramukaan. Selanjutnya evaluasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter peserta didik terbagi atas evaluasi bagi peserta didik dan evaluasi bagi pembinanya dalam hal ini guru-guru

Keywords


karakter; ekstrakurikuler pramuka; anak usia 6-8 tahun

References


Agus Widodo, H. S. (2003). Ramuan Lengkap Bagi Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pembina Pramuka. In Yogyakarta: Kwartir Daerah XII DIY.

Aulina, C. N. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45

Dozan, W., & Fitriani, L. (2020). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Nilai-Nilai Islam Dalam Tradisi Perang Timbung. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-15. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.2

Gartina, N., Garis, R., & Refian Sunarti, N. (2019). Pelaksanaan Strategi Pemberdayaan Perempuan Oleh Pemerintah Desa Dalam Upaya Meningkatkan Kegiatan Usaha Kecil Menengah (Studi Di Kabupaten Pangandaran). Jurnal MODERAT, 5(3), 294-304. https://doi.org/10.25147/moderat.v5i3.2712

Hero, H. (2020). Implementasi Kegiatan Pramuka dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V SD Inpres Boru Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 295-307. https://doi.org/10.5281/zenodo.3737983

Hidayat, H., Yarshal, D., & Suratno, S. (2019). Pendampingan Pendidikan Karakter Melalui Gugusdepan. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 390-395. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i2.295

Ikawati Rahayuningtyas, D., & Mustadi, A. (2013). Analisis Muatan Nilai Karakter Pada Buku Ajar Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Karakter, 261-274. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21848

Marzuki, & Hapsari, L. (2015). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan Di Man 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(2), 142-156. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8619

Muhammad. (2015). Pembentukan Karakter Anak Sd/Mi Melalui Pendidikan Pramuka. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 10-17.

Nasbi, I. (2017). Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 318-330. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274

Rambe, A. A. (2016). Pendekatan Sistem Dalam Perencanaan Dan Manajemen Pendidikan. Ta'dib, 14(2). https://doi.org/10.31958/jt.v14i2.208

Santoso, S., & Hikmah, A. N. (2015). Upaya pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Sdit Salsabila 2 Klaseman Sinduharjo Ngaglik Sleman. Al-Bidayah, 7(1), 0085-0034. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v7i1.155

Shaleh, M., & Anhusadar, L. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2158-2167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1139

Surono, K. A. (2018). Penanaman Karakter Dan Rasa Nasionalisme Pada Kegiatan Ektrakurikuler Pramuka Di Smp N 4 Singorojo Kabupaten Kendal. Indonesian Journal of Conservation, 6(1). https://doi.org/10.15294/ijc.v6i1.12527

Usman, J. (2016). Urgensi Manajemen Pembiayaan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 219. https://doi.org/10.19105/tadris.v11i2.1170

Wahyuni, R., & Erdiyanti. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting Menggunakan Tepung Singkong. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 28-40. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.5

Wiyani, N. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Teras.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.