Author
Upik Elok Endang Rasmani(1), Anayanti Rahmawati(2), Warananingtyas Palupi(3), Jumiatmoko Jumiatmoko(4), Nurul Shofiatin Zuhro(5), Anjar Fitrianingtyas(6),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(5)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(6) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 264KB]
Published : 2021-07-22
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 890 times PDF Downloaded: 608 timesAbstract
Keywords
References
Agustina, P., & Mukarromah, T. T. (2021). Efektivitas Teknik Modifikasi Perilaku Token. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(3), 235-241.
Alwi, B. M., Ramadani, S., Suhanir, S., Safira, Z., & Herma, T. (2018). Manajemen Peserta Didik Pada Taman Pendidikan Anak Usia Dini Do'a Ibu. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 53. https://doi.org/10.24252/nananeke.v1i1.6906
Astriani, M. M., & Alfahnum, M. A. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 366. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i4.8151
Elliott, A. (2006). Early Childhood Education: Pathways to Quality and Equity for All Children. In Australian Council for Education Research.
Febrialismanto. (2017). Kompentensi Profesional, Guru Pg Paud Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 121-136.
https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17700
Hassan, A., Maharoff, M., Zainal Abiddin, N., SUPER, To, S., Progress, A. R., … Yadav, A. (2013). Soft Skills Competency Tool for Secondary Teachers in Strengthening Effective. University of Portland, USA, 2(March), 146-155.
https://doi.org/10.11114/jets.v2i3.455
Huberman, A., & Miles, M. (2012). Understanding and Validity in Qualitative Research. In The Qualitative Researcher's Companion. https://doi.org/10.4135/9781412986274.n2
Kemendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler. Jakarta.
Khoeroni, F., & Tengah, J. (2018). Problematika Soft Skills.
Laureta, B., Zealand, N., & College, T. (2019). Encouraging the development of soft skills through play. He Kupu, 6(2), 26-29. Retrieved from https://www.hekupu.ac.nz/article/encouraging-development-soft-skills-through-play
Lisnawati, I. (2018). The Professionalism of Indonesian Teachers in The Future. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning). https://doi.org/10.26737/jetl.v1i1.458
Luo, W., Berson, I. R., Berson, M. J., & Li, H. (2021). Are early childhood teachers ready for digital transformation of instruction in Mainland China? A systematic literature review. Children and Youth Services Review, 120(June 2020), 105718. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105718
Muhmin, A. H. (2018). Pentingnya Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Forum Ilmiah.
Putri, N. W. S., Suryati, N. K., Kartini, K. S., & ... (2020). Peningkatan Softskill Ict Guru Melalui Pelatihan Penggunaan Microsoft Office Dan Sosial Media. JMM (Jurnal …, 4(4), 6-9. https://doi.org/doi.org/10.31764/jmm.v4i4.2081
Robbie, I., & Marsudi, M. (2021). Penerapan Manajemen Kinerja Berbasis 3C (Communication, Collaboration and Creativity) Dalam Membentuk Karakter Pada Guru Paud dan TK di Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Wisata Batu. Jurnal Pengabdi, 4(1), 13. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v4i1.42317
Sofia, A., & Yulista, A. (2020). Pengaruh Kompetensi Kepribadian terhadap Motivasi Kerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 12-18. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i02.3445
Sukamto, Y., & Pardjono, P. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru, Komitmen Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smp Andalan Di Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 165. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12917
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Sumiyati. (2020). Pelatihan soft skill untuk meningkatkan kualitas dan mutu layanan PAUD di Desa Ngagel,. As-Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 31-42.
https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i1.2425
Sutarmanto. (2019). Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendiidkan, 16-31.
Thuneberg, H. M., Salmi, H. S., & Bogner, F. X. (2018). How creativity, autonomy and visual reasoning contribute to cognitive learning in a STEAM hands-on inquiry-based math module. Thinking Skills and Creativity. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.07.003
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).
Yuniendel, R. K. (2018). Kontribusi Soft Skill dan Hard Skill dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 48-59. https://doi.org/10.15548/mrb.v1i1.286
Yusutria. (2017). Profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Jurnal Curricula, 2(1), 40. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v2i1.2026
Yusutria. (2018). Analisis Mutu Lembaga Pendidikan Berdasarkan Fungsi Manajemen Di Pondok Pesantren Thawalib Padang Sumatera Barat. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, vii(2), 84-95. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i2.3833
Refbacks
- There are currently no refbacks.