Persepsi Guru RA Ali Mahfudz tentang Kebijakan Sertifikasi Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan

Author


Candra Wijaya(1), Toni Nasution(2Mail), Muamar Al Qadri(3), Ahmad Fuadi(4), Khairul Anwar(5),
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
(4) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura, Indonesia
(5) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 383KB]  Language: id
Available online: 2021-06-28  |  Published : 2021-06-28
Copyright (c) 2021 Candra Wijaya, Toni Nasution, Muamar Al Qadri, Ahmad Fuadi
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 130 times PDF Downloaded: 28 times

Abstract


Kebijakan sertifikasi merupakan “angin segar” bagi kesejahteraan para guru, baik pegawai negeri sipil (PNS) maupun tenaga honorer mulai jenjang RA/TK hingga SLTA sederajat. Begitupun, penetapan kebijakan ini tidak serta-merta menjamin dan mengubah secara signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Tulisan ini menganalisa persepsi guru tentang kebijakan sertifikasi guru dalam peningkatan mutu pendidikan. Fokus pembahasan penelitian ini yaitu bagaimana persepsi guru RA Ali Mahfudz tentang kebijakan sertifikasi guru dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus (case study), adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara terstruktur, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kebijakan sertifikasi guru memiliki peran penting dalam peningkatan mutu pendidikan, hal ini didasarkan pada tujuan utama kebijakan ini sebagai upaya (a) men-sejahterakan guru, (b) melatih keterampilan guru, (c) meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru. Begitupun, (2) terdapat beberapa permasalahan di lapangan, yaitu (a) orientasi guru terhadap kesejahteraan hidup semata; dan (b) mengajar sebatas kewajiban.

Keywords


Kebijakan Pendidikan; Mutu Pendidikan; Persepsi Guru RA; Sertifikasi Guru.

References


Abubakar, Asnandar. (2015). “Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Kualitas Pendidikan pada Madrasah Aliyah di Kota Kendari” Al-Qalam: Jurnal Penelitian Agama dan Sosial Budaya, 21(1). http://www.jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam/article/view/204.

Aisyah, Asti & Rohmatun Chisol. (2018). “Rasa Syukur Kaitannya dengan Kesejahteraan Psikologis pada Guru Honorer Sekolah Dasar” Proyeksi: Jurnal Psikologi, 13(2). http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/article/view/3953.

Alawiyah, Faridah. (2013). “Peran Guru dalam Kurikulum 2013” Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 4(1). http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/480.

Alfiansyah, M., et.al. (2020). “Kebijakan Internal Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta” MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 11(1): 52-67. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/MAGISTRA/article/view/3460.

Alwi, Muhamad. (2019). “Perubahan Minset Mengajar dalam Persaingan Pendidikan di Era MEA” Alim: Journal of Islamic Education, 1(2). https://doi.org/10.51275/alim.v1i2.147.

Anggranei, Fitria Nur. (2020). “Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi” Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4). http://www.ojspustek.org/index.php/SJR/article/view/229.

Apriliani, Rosi & Susi Susilawati. (2018). “Kajian Sertifikasi Guru dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru dan Kualitas Pendidikan” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Kewarganegaraan IV, Ponorogo, 9 Mei 2018. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SEMNASPPKN/article/view/165.

Arifin, Rifqi Khairul. (2019). “Implementasi Kebijakan Program Sertifikasi Guru” Politicon, 1(2). https://dx.doi.org/10.15575/politicon.v1i2.6284.

Asiatina, I Putu. (2011). “Determinasi Kompetensi, Motivasi Berprestasi, dan Kesejahteraan Guru Terhadap Kinerja Guru pada SMP Negeri di Kecamatan Busungbiu” Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Ganesha, 7(2). https://www.neliti.com/publications/96875/determinasi-kompetensi-motivasi-berprestasi-dan-kesejahteraan-guru-terhadap-kine#cite.

Aslan. (2017). “Pumping Teacher dalam Tantangan Pendidikan Abad 21” 2(2). https://www.neliti.com/publications/222462/pumping-teacher-dalam-tantangan-pendidikan-abad-21#cite.

Assingkily, Muhammad Shaleh. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Basri, Junaidin. (2018). “Mutu dan Kesejahteraan Guru di Indonesia” Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(1). https://journal.unsika.ac.id/index.php/rabbani/article/view/1746.

Brotosedjati, Soebagyo. (2012). “Kinerja Guru yang Telah Lulus Sertifikasi Guru dalam Jabatan” Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2). http://103.98.176.9/index.php/jmp/article/view/297.

Cahyana, Ade. (2010). “Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dalam Menghadapi Sertifikasi” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(1). https://pdfs.semanticscholar.org/29e5/a9801955e30f1d13d09d72e914078cc3462e.pdf.

Creswell, John W. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc.

Dacholfany, M. Ihsan. (2015). “Reformasi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Era Globalisasi” Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, 20(1). https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/akademika/article/view/441.

Damrus. (2017). “Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Se Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat Studi Kasus untuk Guru yang Sudah Menerima Tunjangan Sertifikasi” Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 1(2). https://doi.org/10.35308/jbkan.v1i2.898.

Darmadi, Hamid. (2015). “Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional” Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2). https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/113.

Dolong, Jufri. (2016). “Teknik Analisis dalam Komponen Pembelajaran” Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2). http://103.55.216.56/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/3484.

Eros, Endy. (2014). “Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Jawa Tengah” Jurnal Administrasi Publik dan Birokrasi, 1(1). https://www.neliti.com/publications/72280/pengaruh-motivasi-dan-kedisiplinan-kerja-guru-terhadap-kinerja-guru-di-smp-neger#cite.

Fakhrunnisak & Hazhira Qudsyi. (2015). “Perbedaan Subjective Well-Being antara Guru Bersertifikasi dan Non Sertifikasi” Jurnal RAP: Riset Aktual Psikologi, 6(2). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/view/6616.

Fuad, Nurhattati. (2017). “Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Peningkatan Kinerja Guru PAI di SMP dan MTs” Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jmp/article/view/4213.

Gazali, Marlina. (2013). “Guru Sebagai Garda Terdepan Membangun Bangsa” Shautut Tarbiyah IAIN Kendari, 19(1). https://ejournal.iainkendari.ac.id/shautut-tarbiyah/article/view/50/0.

Hafni, Nur. (2010). “Implementasi Program Sertifikasi Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Studi Kasus di Kabupaten Aceh Utara Provinsi NAD” Tesis. Yogyakarta: Program Magister Administrasi Negara, Universitas Gadjah Mada. http://etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/45644.

Hamid, Abdul. (2017). “Guru Profesional” Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2). http://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/26.

Hapsari, Farasandya Amalia. (2019). “Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Sekolah Menengah Pertama” Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 10(1). http://riset.unisma.ac.id/index.php/MILD/article/view/2067.

Hendri, Edi. (2010). “Guru Berkualitas: Professional dan Cerdas Emosi” Jurnal Saung Guru, 1(2). http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/SAUNG_GURU/VOL._1_NO._2/Edi__Hendri-GURU_BERKUALITAS_PROFESIONAL_DAN_CERDAS_EMOSI.pdf.

Indah, Yuni. (2016). “Mekanisme Sertifikasi Guru dalam Jabatan dan Kinerja (Studi Kasus pada SD No 17 Arga Makmur)” Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 3(1). https://jurnal.unived.ac.id/index.php/prof/article/view/291.

Indaryati, Wiwik. (2018). “Makna Profesionalisme Kependidikan Bagi Guru (Studi Fenomenologi Dampak Sertifikasi Guru di Kabupaten Malang)” Disertasi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/45153/.

Indriyani, Azizah, et.al. (2020). “Pengaruh Diklat Kependidikan dan Kesejahteraan Guru Terhadap Kualitas Guru di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon” Syntax Idea, 2(7). https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/441.

Istiarini, Risma & Sukanti. (2012). “Pengaruh Sertifikasi Guru dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun 2012” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/924.

Kartowagiran, Badrun. (2011). “Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi)” Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/4208.

Khodijah, Nyayu. (2013). “Kinerja Guru Madrasah dan Guru Pendidikan Agama Islam Pasca Sertifikasi di Sumatera Selatan” Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1263.

Lailatussaadah. (2015). “Upaya Peningkatan Kinerja Guru” Jurnal Intelektualita, 3(1). https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/196.

Latiana, Lita. (2019). “Peran Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik” Edukasi, 13(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/view/951.

Leonard. (2016). “Kompetensi Tenaga Pendidik di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/643.

Ma’arif, Ahmad Choirul. (2019). “Fungsi Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru” Skripsi. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45658.

Mansir, Firman. (2020). “Kesejahteraan dan Kualitas Guru Sebagai Ujung Tombak Pendidikan Nasional Era Digital” Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) Unars, 8(2). https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.829.

Masruroh, Fita. (2010). “Dampak Sertifikasi Sebagai Program Peningkatan Profesionalisme Guru Terhadap Kesejahteraan dan Kinerja Guru” Progresiva, 4(1). https://www.neliti.com/publications/162397/dampak-sertifikasi-sebagai-program-peningkatan-profesionalisme-guru-terhadap-kes#cite.

Meirawati, Heny Dwi. (2017). “Studi tentang Program Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru (Studi Kasus di SMPN 1 dan SMPN 7 Banjar)” Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 5(1). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/adpen/article/view/141.

Meiza, Chairani. (2017). “Perbedaan Kebahagiaan pada Guru Berstatus PNS dan Honorer” Jurnal Psikologi, 9(2). https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/1551.

Muhson, Ali. (2004). “Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan” Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 1(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/665.

Munadi, Sudji, et.al. (2011). “Pengembangan Model Penyiapan dan Penjaminan Mutu Guru Pasca Sertifikasi” Unpublished. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132302946/penelitian/Pengembangan+Model+Penyiapan+dan+Penjaminan+Mutu_0.pdf.

Murdadi, Imanuel Sri & Entri Sulistari. (2015). “Dampak Sertifikasi Guru dalam Peningkatan Kompetensi Profesional di Kalangan Guru SMK Pelita Salatiga” Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015. https://core.ac.uk/download/pdf/33518885.pdf.

Murwati, Hesti. (2012). “Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru di SMK Negeri se-Surakarta” Skripsi. Surakarta: Jurusan Pendidikan Ekonomi, FKIP, UNS. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/30578/Pengaruh-sertifikasi-profesi-guru-terhadap-motivasi-kerja-dan-kinerja-guru-di-smk-negeri-se-Surakarta.

Muspiroh, Novianti. (2015). “Peran Kompetensi Sosial Guru dalam Menciptakan Efektivitas Pembelajaran” Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, 4(2). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/655.

Nasution, Wisnu Buyung. (2010). “Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kompetensi Mengajar Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik” Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/issue/view/198.

Nurhadi, Ali. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan, Jawa Barat: Goresan Pena. http://repository.iainmadura.ac.id/280/.

Nurochim & Siti Ngaisah. (2020). “Pendampingan dalam Memahami Indeks Kebahagiaan Guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Tangerang Selatan” Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Agama, 12(1). https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.213.

Nurtanto, M. (2016). “Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Menyiapkan Pembelajaran yang Bermutu” Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8975/6535.

Oktaviani, Tuti & Agung Yulianto. (2015). “Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan, Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru Akuntansi dan Kesejahteraan Guru Terhadap Minat pada Profesi Guru Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)” Economic Education Analysis Journal, 4(3). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/8522.

Oviyanti, Fitri. (2013). “Tantangan Pengembangan Pendidikan Keguruan di Era Global” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2). https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/562.

Pane, Aprida & Muhammad Darwis Dasopang. (2017). “Belajar dan Pembelajaran” Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2). http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/f/article/view/945.

Permana, Nana Surya. (2017). “Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dengan Kompetensi dan Sertifikasi Guru” Studia Didaktika, 11(1). http://103.20.188.221/index.php/studiadidaktika/article/view/513.

Pitasari, Kirana. (2009). “Studi Komparasi antara Guru yang Belum Sertifikasi dengan Guru Sudah Sertifikasi Terhadap Profesionalisme Guru di UPTSP (Unit Pelaksana Teknis Satuan Pendidikan) SMP Negeri I Jetis Mojokerto” Skripsi. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/32594/.

Putra, Renzo Nofrihadi. (2017). “Implementasi Kebijakan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2011 tentang Sertifikasi Guru dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Simeulue Timur Kabupaten Simeuleu” Skripsi. Medan: FISIP UMSU. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4443.

Qomaria, et.al. (2018). “Studi Analisis Latar Belakang Pendidikan, Sertifikasi Guru dan Usia Guru PAUD di Kota Bandar Lampung Berdasarkan Hasil Nilai Uji Kompetensi Guru (UKG)” Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/PAUD/article/view/180.

Qona’ah, Widi Mulatsih. (2020). “Analisis Kebahagiaan Guru di SD Muhammadiyah Kota Yogyakarta (Tinjauan dari Aspek Dukungan Sosial dan Spiritualitas)” G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2). https://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/view/805.

Rahadhika, Rizky. (2014). “Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kesejahteraan dan Kinerja Guru di Kabupaten Sumedang” Tesis. Bogor: Institut Pertanian Bogor. http://repository.sb.ipb.ac.id/2500/.

Rahman, Abdul. (2018). “Urgensi Pedagogik dalam Pembelajaran dan Implikasinya dalam Pendidikan” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). http://repository.iaincurup.ac.id/50/.

Rahmayanti, Elmi. (2015). “Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2012” Jom FISIP, 2(1). https://media.neliti.com/media/publications/32174-ID-implementasia-kebijakan-sertifikasi-guru-sekolah-dasar-di-kecamatan-keritang-kabu.pdf.

Ramdhani, Maretha Riana, et.al. (2018). “Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Perilaku Sosial dan Ekonomi Guru di Kabupaten Ngawi” Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 2(1). https://ejournal.stiesia.ac.id/ekuitas/article/view/3914.

Rifa’i, Muhammad & Muhammad Shaleh Assingkily. (2021). “Lisik: Lima Pilar Kebijakan Internal Kepala RA Al Hijrah Badrul Ulum dalam Menciptakan Iklim Belajar Kondusif” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1098.

Rismawan, Edi. (2015). “Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru” Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/5925.

Rosyad, Ali Miftakhu. (2019). “The Urgency of Learning Innovation on Islamic Religious Study” Al-Afkar: Journal of Islamic Studies, 2(1). https://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/41.

Sari, Zulva Awalia. (2012). “Evaluasi Program Sertifikasi Guru di Madrasah Aliyah Negeri Sukoharjo” Skripsi. Semarang: Jurusan Ilmu Administrasi, FISIP UNS. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/26473/Evaluasi-Program-Sertifikasi-Guru-Di-Madrasah-Aliyah-Negeri-Sukoharjo.

Sastrawan, K.B. (2018). “Interpretasi Kontradiktif antara Kompetensi dan Kompetisi dalam Konteks Sertifikasi Guru” Maha Widya Bhuwana. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/bhuwana/article/viewFile/72/65.

Sifa, Alex Nanang Agus. (2020). “Hak dan Kewajiban Guru dan Siswa dalam QS. Luqman Ayat 13-19” Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Agama, 12(1). https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/328.

Slameto. (2014). “Permasalahan-permasalahan Terkait dengan Profesi Guru SD” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(3). https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/87.

Sunhaji. (2014). “Kualitas Sumber Daya Manusia (Kualifikasi, Kompetensi dan Sertifikasi Guru)” Jurnal Kependidikan, 2(1). http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/546.

Supandi, Agus, et.al. (2020). “Analisis Kompetensi Guru: Pembelajaran Revolusi Industri 4.0” Prosiding SAMASTA, 1(1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/6692.

Suraji, Imam. (2012). “Urgensi Kompetensi Guru” Forum Tarbiyah, 10(2). http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/forumtarbiyah/article/view/382.

Suryadi. (2016). “Kesejahteraan Guru dalam Peningkatan Kompetensi Guru” Al-Ashr: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 1(1). http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/802.

Syafaruddin, et.al. (2020). "Kompetensi Guru dalam Perspektif Islam" Jurnal Al-Fatih, 3(2): 240-252. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/93.

Syaifullah. (2018). “Analisis Pengembangan Profesional Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMAN 2 Wera Kabupaten Bima” EduSociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 1(2). http://stkipbima.ac.id/jurnal/index.php/ES/article/view/19.

Wahyudin, Dadang. (2020). “Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Guru dan Beban Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru” An-Nidhom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2). http://dx.doi.org/10.32678/annidhom.v5i2.4376.

Wardana, Dendik Surya. (2013). “Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Guru yang Sudah Disertifikasi” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1). http://202.52.52.22/index.php/jipt/article/view/1361.

Widoyoko, S. Eko Putro. (2008). “Peranan Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan” Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Sertifikasi Guru, 05 Juli 2008. Universitas Muhammadiyah Purworejo. http://ns.umpwr.ac.id/download/publikasi-ilmiah/Peranan%20Sertifikasi%20Guru%20dalam%20Meningkatkan%20Mutu%20Pendidikan.pdf.

Wirda. (2021). “Urgensi Pelatihan KTI untuk Meningkatkan Kompetensi Widyaiswara dalam Penulisan Karya Ilmiah” Jurnal Manajemen dan Sains, 6(1). http://jmas.unbari.ac.id/index.php/jmas/article/view/227.

Yin, Robert K. (2009). Case Study Research: Design and Methods. California: SAGE Inc.

Yunalis, Yuyun & Maman Herman. (2018). “Implementasi Kebijakan Program Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Kompetensi Guru” Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(1). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/1826.

Zubaidah, Siti. (2016). “Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran” Seminar Nasional Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang – Kalimantan Barat, 10 Desember 2016. https://www.researchgate.net/profile/Siti-Zubaidah-7/publication/318013627_KETERAMPILAN_ABAD_KE-21_KETERAMPILAN_YANG_DIAJARKAN_MELALUI_PEMBELAJARAN/links/5954c8450f7e9b2da1b3a42b/KETERAMPILAN-ABAD-KE-21-KETERAMPILAN-YANG-DIAJARKAN-MELALUI-PEMBELAJARAN.pdf.

Zulhimma. (2015). “Urgensi Micro Teaching dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Calon Guru” Darul ‘Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 3(2). http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/357/.

Zulkifli, Mohammad, et.al. (2014). “Motivasi Kerja, Sertifikasi, Kesejahteraan dan Kinerja Guru” Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(2). http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/view/379.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.