Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo

Author


Cintya Nurika Irma(1Mail), Khairun Nisa(2), Siti Khusniyati Sururiyah(3),
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Peradaban, Brebes, jawa Tengah, Indonesia(1)
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Asahan, Kisaran, Sumatera Utara, Indonesia(2)
Program Studi Pendidikan Agama Islam STAINU Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 421KB]  Language: id
Published : 2019-03-30
Copyright (c) 2019 Cintya Nurika Irma

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 13766 times PDF Full Text Downloaded: 11792 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya yang dilakukan dalam memfasilitasi keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Metode pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan analisis data deskriptif. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor yang mempengaruhi keterlibatan orang tua TK Masyithoh 1 Purworejo dalam mendidik anak meliputi faktor status sosial, faktor bentuk keluarga, faktor tahap perkembangan keluarga, dan faktor model perandan (2) upaya yang telah dilakukan dalam memfasilitasi keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di TK Masyithoh 1 Purworejo, yaitu:parenting education,informasi tentang pendidikan, perkembangan, dan kesehatan anak, pembelajaran di rumah, pertunjukan penampilan anak,rekreasi,bekerjasamadengan komunitas masyarakat (puncak tema), kunjungan ke rumah oleh guru, dan partisipasi pada kegiatan sekolah

Keywords


keterlibatan orang tua; taman kanak-kanak; pendidikan anak usia dini

References


Abadi, N. Y. W. P., & Suparno. (2019). Perspective on Children ’ s Dental Health. Jurnal Obsesi, 3(1), 140–147.

Amini, M. (2015). Profil Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia TK. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 10(1), 9–20.

Ayuningtyas, F., Hartati, S., & Sumadi, T. (2019). The Impact of Academic Press and Student Teacher Relationship on Children’s Emotional Adjustment. Jurnal Obsesi, 3(1), 78–87.

Dariyo, A. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Hayati, N. (2011). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: UNY.

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Planting of Character Education in BCCT Learning Models. Jurnal Obsesi, 3(1), 96–101.

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Siregar, N. S. S. (2013). Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Bagi Anak. Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik, 1(1), 11–27.

Slameto. (2003). Peranan Ayah Dalam Pendidikan Anak. Salatiga: Satya Wiydya.

Sutisna, N. (2007). Anak Berbakat. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.