Abstract


Anak usia dini berada dalam fase bermain, bergerak secara aktif. Munculnya penggunaan teknologi membuat anak cenderung banyak menggunakan media tersebut dan membuat anak kurang bergerak. Oleh karenanya dibutuhkan model pengasuhan di era digital yang berbasis practical life agar aktivitas anak dapat seimbang. Tujuan penelitian ini untuk menemukan model pengasuhan berbasis practical life sebagai upaya preventif menghindari pengaruh negatif penggunaan teknologi. Model dikembangkan berdasarkan teori Montessori yang dipadukan dengan Research and Development model Dick and Carey. Desain pembelajaran disusun untuk anak usia 3-4 tahun yang diasuh di rumah (homeschooling tunggal). Penelitian ini berlangsung selama satu tahun dengan teknik pengumpulan data; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif sederhana dengan mengikuti langkah model Dick and Carey; mengidentifikasi pembelajaran, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menampilkan langkah model pengasuhan dimulai dari need assessment, demonstrasi, latihan independen, relasi konteks lain, dan evaluasi sebagai langkah preventif dalam menanggulangi pengaruh negatif penggunaan teknologi.

Keywords


model pengasuhan; anak usia 3-4 tahun; practical life; aspek perkembangan anak; homeschooling